Tanggal:12 May 2024

5 Cara Mengoperasikan Microsoft Word

Aplikasi ms word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata terpopuler saat ini. Selain itu word juga bisa digunakan dalam menulis angka, membuat laporan dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara mengoperasikan word, merasa beruntunglah karena kamu sudah berhasil menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberitahumu bagaimana cara mengoperasikan word dengan mudah.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

1. Membuka ms word

Pertama, kamu harus tahu cara membuka ms word, terdapat beberapa cara untuk bisa membuka aplikasi ini. Tenang saja karena artikel ini akan menjelaskan beberapa opsi cara yang bisa kamu gunakan untuk membuka aplikasi ms word.

Cara pertama, klik logo windows yang biasa terletak di pojok bawah. Kemudian klik all program, setelah itu akan muncul beberapa aplikasi yang sudah terinstall pada PC kamu. Geser sedikit ke arah bawah dan kamu akan melihat aplikasi word pada urutan bawah. Klik logo word dan aplikasi ms word akan terbuka.

Cara Kedua. Klik logo windows, kemudian kamu ketik word pada kolom pencarian. Hasil pencarian akan menampilkan aplikasi word. Tinggal klik saja maka aplikasi ms word akan terbuka

Cara Ketiga, tak jarang aplikasi ini diletakkan pada dekstop. Nah jika dekstop kamu terdapat aplikasi tersebut. Kamu cukup mengklik logo aplikasi tersebut 2x dengan cepat.

2. Membuat dokumen baru

Dokumen baru

Dokumen baru

Untuk membuat dokumen baru, pertama kamu harus sudah membuka aplikasi word. Kemudian flik file yang terletak di atas sebelah kiri. Klik new lalu klik blank document. Dokumen kosong sudah tersedia untuk kamu isi.

3. Menyimpan dokumen

Setiap kamu berhasil menyelesaikan dokumenmu, kamu harus menyimpan data tersebut terlebih dahulu. Gunanya untuk menyimpan file agar file kamu tidak hilang ketika di lain waktu kamu ingin mengeditnya kembali. Terdapat 2 cara untuk menyimpan dokumen, di antaranya adalah :

Cara pertama, pastikan terlebih dahulu dokumenmu sudah selesai lalu masuk ke menu file. Klik save dan kamu akan melihat tampilan folder yang ada pc kamu. Pilih salah satu folder yang kamu inginkan untuk menyimpad data dokumen tersebut. Tulis file name yang kamu inginkan pada kolom di atas jenis tipe file, contoh nama filenya seperti ini “Surat Sakit”. Setelah menetapkan nama yang dikehendaki, tentukan jenis file yang akan kamu inginkan. Terdapat beberapa jenis file seperti .DOCX, .PDF dan masih banyak lain. Terakhir klik sace untuk memastikan file tersimpan.

Cara kedua, Klik control dan s secara berbarengan. Setelah itu akan muncul tampilan pilihan folder. Kemudian kamu tinggal mengulangi tahap pada cara pertama di atas.

4. Membuka file

Cara membuka dokumen atau file yang ingin kamu buka adalah dengan mencari folder tempat kamu menyimpan file tersebut. Kemudian kamu hanya perlu mengkilik file tersebut 2x dengan cepat maka file akan terbuka dengan aplikasi word.

5. Menutup dokumen

Menutup Ms Word

Menutup Ms Word

Setelah kamu menyelesaikan dokumen dan memastikan file dokumen tersebut sudah tersimpan di laptop kamu, kamu perlu menutup dokumen tersebut agar aplikasi tidak lagi beroperasi. Caranya dengan mengklik tanda silang merah yang terletak pada ujung kanan atas aplikasi. Maka aplikasi akan tertutup.

Demikian adalah cara mengoperasikan microsoft word. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *