Tanggal:04 May 2024

Bingung? Ini 10 Cara Mengusir Lalat dengan Mudah!

Lalat sering muncul di dalam ruangan saat musim hujan tiba. Suhu udara yang lembab menyebabkan lalat muncul saat musim hujan. Cara mengusir lalat sebenarnya tidak sulit. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah saja.

Kehadiran serangga terbang ini sangat mengganggu kenyamanan pemilik rumah. Meski tidak menggigit, suara lalat bisa terdengar di telinga mereka dan tubuh mereka yang kotor bisa menjadi sumber penyakit. Lalat terbang dan ingin menetap dari satu tempat ke tempat lain, membawa kotoran dan bakteri.

Lalat dapat mengandung bakteri atau virus penyebab penyakit seperti disentri, kolera, diare, infeksi mata dan tifus. Namun, jangan khawatir, 10 cara mengusir lalat berikut ini akan membantu kamu mengusir lalat dengan mudah. Yuk, lihat artikel selengkapnya!

Cara Mengusir Lalat Paling Efektif dan Mudah

Lalat (Sumber: Canva.com)

1. Menggunakan Plastik Berisi Air

Cara yang pertama ini termasuk yang paling mudah, karena kamu hanya perlu menyiapkan plastik dan air. Kemudian, isi plastik dengan air dan gantung di tempat yang biasanya banyak lalat.

Cara ini bisa menipu mata lalat. Seperti yang diberitakan beberapa media, lalat memiliki 3.000 hingga 6.000 mata di setiap bulatan matanya. Nah, plastik berisi air bisa mengaburkan penglihatannya dan membuatnya menjadi kabur. Kamu bisa mempraktikkannya di siang hari karena cara ini membutuhkan cahaya yang terang.

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Dan Cara Memakainya

2. Minyak Aromaterapi

Minyak Aromaterapi (Sumber: Canva.com)

Lalat juga tidak menyukai bau aroma wangi. Untuk lebih praktis, kamu bisa menggunakan minyak aromatik untuk mengusir lalat. Bau aroma yang tidak disukai lalat termasuk lavender, kastor, peppermint, serai, dan basil.

Caranya adalah dengan mengisi botol semprot dengan air dan menambahkan minyak aromatik secukupnya. Semprotkan pada area yang dihinggapi sesering mungkin untuk mengusir lalat dan rumah kamu juga bisa terbebas dari bau tidak sedap.

3. Gunakan Irisan Timun

Mentimun juga cukup efektif untuk mengusir lalat. Caranya sangat sederhana, yaitu kamu cukup memotong mentimun menjadi potongan-potongan kecil. Kemudian tempatkan di sekitar tempat yang sering diterbangi oleh lalat. Cara ini bisa kamu praktekkan untuk mengusir lalat di toko atau di dapur karena lalat tidak menyukai mentimun.

4. Dengan Bawang Putih

Ada beberapa cara untuk membasmi lalat menggunakan herbal. Salah satunya menggunakan bawang putih. Tetapi, kamu harus mencampur bawang putih dengan kayu manis, cabai, dan air. Campurkan ketiga bahan tersebut dan campurkan dengan air. Namun, sebelum kamu memasukkannya ke dalam botol semprot, pastikan kamu menyaringnya terlebih dahulu. Setelah selesai, kamu bisa menggunakan campuran ini sebagai semprotan pengusir lalat.

5. Menggunakan Cahaya Lilin

Tahukah kamu bahwa lalat juga tidak menyukai ruangan yang banyak asapnya? Itu sebabnya kamu bisa menyalakan lilin untuk mengusirnya. Tak heran jika cara ini sering digunakan untuk membasmi lalat di rumah makan dan restoran. Nah, kamu juga bisa mempraktekkannya di rumah.

6. Menabur Garam di Titik Kehadiran Lalat

Taburan Garam (Sumber: Canva.com)

Garam tidak hanya dapat meningkatkan makanan kamu terasa lebih sedap, ternyata juga dapat mengusir lalat, loh. Caranya juga sederhana, yaitu kamu hanya perlu menaburkan garam di area yang dipenuhi atau sering dihinggapi oleh lalat. Misalnya di sekitar wadah makanan, tong sampah dan sudut-sudut rumah lainnya. Dijamin, cara ini akan efektif dan sangat ampuh!

Baca Juga: 15 Cara Mengusir Nyamuk Di Rumahmu, Dijamin Ampuh!

7. Menaburkan Irisan Daun Pandan

Selain sebagai tambahan untuk masakan, irisan daun pandan juga bisa dijadikan sebagai cara mengusir lalat yang efektif. Sebagai salah satu bahan alami, daun pandan berwarna hijau dan memiliki bentuk yang memanjang.

Keampuhan daun pandan adalah aroma yang tidak disukai lalat. Sehingga keberadaannya mengusir lalat dari rumah. Untuk hasil terbaik, sebaiknya siapkan beberapa helai daun pandan, cincang halus, masukkan ke dalam wadah seperti mangkok atau piring, lalu taruh di tempat yang banyak dihinggapi oleh lalat.

8. Menjebak Lalat dengan Cuka Apel

Selain digunakan sebagai suplemen vitamin untuk meningkatkan kesehatan tubuh, cuka sari apel juga digunakan sebagai umpan lalat. Membasmi lalat dengan cuka sari apel itu mudah, cukup siapkan sebotol air mineral bekas, potong bagian tengahnya dan tuangkan cuka sari apel ke dalam setengah botol. 

Kemudian tutupi botol dengan kertas berlubang agar lalat bisa masuk. Pastikan pengemasan dilakukan dengan benar sehingga dapat mengundang lalat ke dalam botol dan merendam lalat di dalam cuka sari apel.

9. Menaruh Air Beraroma Cengkeh

Cengkeh (Sumber: Canva.com)

Cara mengusir lalat selanjutnya adalah dengan menebarkan bau wewangian cengkeh di beberapa tempat yang sering dihinggapi lalat. Aroma cengkeh memiliki bau khas yang sangat tajam. Itu sebabnya lalat juga tidak menyukai aroma cengkeh. Caranya ckup mudah, kamu bisa menggunakan biji cengkeh untuk membasmi lalat dengan merendam beberapa bijinya dalam air dan menyimpan hasil rendaman tersebut di tempat yang banyak lalatnya.

10. Memanfaatkan Kapur Barus

Bau yang menyengat juga ampuh melawan lalat yang mengganggu. Kamper atau kapur barus juga dianggap efektif untuk mengusir kecoa dan tikus. Membasmi dan mengusir lalat dengan kapur barus sangatlah mudah, cukup dengan menempatkan kapur barus di tempat-tempat yang sering didatangi lalat.

Untuk lebih fektif, kamu bisa meletakkan kapur barus di tempat yang bisa dimasuki lalat, misalnya di pintu atau jendela. Seolah-olah kamu menyangkal keberadaan lalat di dalam rumah dan lalat pun akan langsung pergi.

Baca Juga: 10+ Cara Membasmi Rayap, Ampuh Hingga Punah!

Itu dia beberapa cara mengusir lalat dengan mudah, cepat, dan praktis. Dari kesepuluh cara tersebut, kira-kira cara mana yang akan Sobat Vocasia praktikkan? Semoga cara-cara yang dijelaskan di atas tersebut dapat membantumu mengusir lalat, ya!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *