Tanggal:30 April 2024

9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut dan Cara Memakainya

Sudah tahukah kamu bahwa minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk rambut? Tidak hanya digunakan sebagai pengganti minyak goreng, minyak zaitun pun dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut, lho. Kandungan vitamin dan mineral pada minyak zaitun membuatnya cukup populer sebagai perawatan rambut.

Dilansir dari International Olive Council, minyak zaitun memiliki vitamin A, D, K, dan E untuk melindungi dari radikal bebas. Meskipun penelitian mengenai hal ini masih sangat terbatas, tetapi pada ulasan studi tahun 2015 dari International Journal of Trichology mengenai kosmetik rambut, menyebutkan bahwa minyak punya kemungkinan berperan penting dalam melindungi rambut dari kerusakan.

Baca Juga : Cara Mewarnai Rambut di Rumah

Di samping itu, ada beberapa jenis minyak zaitun yang dapat digunakan untuk rambut di antaranya yaitu:

  1. Extra virgin olive oil, merupakan jenis minyak zaitun yang paling sehat. Berasal dari ekstraksi menggunakan metode alami yang menjaga kemurnian serta mengandung 0,8% keasaman.
  2. Virgin olive oil, jenis ini kualitasnya sedikit lebih rendah dari extra virgin, mengandung sekitar 1,5% keasaman.
  3. Olive oil, jenis ini sudah diolah dan dicampur dengan bahan lain sehingga tidak murni dan kekurangan antioksidan.

Nah, mau tahu apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut dan bagaimana cara pemakaiannya? Berikut di bawah ini kami telah rangkumkan sembilan manfaat minyak zaitun untuk perawatan rambut beserta cara memakainya. Yuk, simak!

Baca juga: 11 Cara Merawat Rambut agar Tetap Sehat!

9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut. Sumber: unsplash.com

1. Memelihara dan Melembapkan Rambut

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah sebagai pelembap dan mencegah kekeringan pada rambut. Terutama ketika rambut terpapar sinar matahari, kandungan pada minyak zaitun mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk rambut.

2. Menambah Kilau Rambut

Selain menjaga kelembapan, bahan alami ini juga berguna untuk menambah kilau alami rambut. Pasalnya, kandungan vitamin A dan antioksidan pada minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya.

Alhasil, minyak zaitun dapat mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih berkilau karena pertumbuhan rambut baru. Tidak hanya itu, kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen pada minyak zaitun juga berguna untuk membuat rambut lebih sehat dan lembut.

3. Menenangkan Kulit Kepala

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menenangkan kulit kepala karena mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Kandungan tersebut membantu mengurangi rasa gatal, mengatasi kekeringan, melawan ketombe dan melancarkan folikel rambut yang tersumbat.

4. Membantu Mengurangi Ketombe

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bahan alami satu ini berfungsi melembapkan kulit kepala. Nah, sifatnya yang melembapkan ini ternyata bermanfaat bagi pemilik rambut kering dan kulit kepala yang mudah mengelupas.

Tingkat kelembapan yang seimbang pada kulit kepala mengurangi jumlah kulit yang terkelupas yang menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Meski bukan obat ketombe, minyak zaitun setidaknya membantu mengurangi jumlah serpihan-serpihan putih ini.

Bahan ini memang menawarkan manfaat yang banyak bagi kesehatan rambut. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk melihat tingkat efektivitas dari bahan alami ini sebagai perawatan rambut,terutama untuk menumbuhkan rambut.

Baca juga: 11 Solusi Untuk Rambut Rontokmu

5. Mengatasi Rambut Kusut

Kaya nutrisi dan vitamin, minyak zaitun memiliki manfaat untuk mengatasi rambut kusut karena teksturnya yang licin. Selain itu, kandungan asam lemak omega 6 dapat menjadi pelumas yang ideal untuk rambut.

Tak hanya mampu mengatasi kekusutan, minyak zaitun dapat menutrisi rambut secara mendalam sehingga rambut menjadi lembut dan berkilau. Untuk mengatasi rambut kusut, kamu dapat menghangatkan semangkuk kecil minyak dalam microwave atau di atas kompor selama beberapa detik, lalu oleskan pada rambut kusut.

Baca Juga : Rekomendasi Catokan

6. Mengatasi Rambut Bercabang

Minyak zaitun dapat membantu menghaluskan ujung rambut yang bercabang, rusak, atau terbakar. Kandungan vitamin dan asam lemak omega 6 dalam minyak zaitun bermanfaat memperbaiki ujung rambut. Caranya, oleskan sedikit minyak zaitun pada ukuran 5 cm terakhir dari ujung rambut.

7. Mengatasi Rambut Rontok

Biasanya penyebab utama rambut rontok adalah hormon dihidrotestosteron yang menyerang folikel rambut dan melemahkan rambut. Nah, minyak zaitun memiliki manfaat untuk menghambat produksi hormon tersebut, sehingga membantu mengurangi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

8. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Minyak zaitun mengandung protein, antioksidan, dan antimikroba yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Pemakaian minyak zaitun secara rutin dapat memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan, sehingga rambut menjadi kuat dan sehat.

9. Menebalkan Rambut

Manfaat lain dari minyak zaitun adalah membuat rambut menjadi tebal, karena minyak zaitun memiliki asam lemak omega 6 yang berfungsi menebalkan helai rambut. Tak hanya itu, asam lemak omega 6 juga dapat memperbaiki tekstur rambut, sehingga lebih mudah diatur dan tidak kasar.

Baca juga: 5 Cara Membuat Minyak Kemiri Mudah Dan Murah, Bisa Dilakukan di Rumah Loh!

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Rambut

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Rambut. Sumber: pexels.com

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut, mulai dari masker untuk rambut hingga pengganti kondisioner rambut. Umumnya, minyak zaitun juga bisa menjadi minyak pengencer saat mengolah minyak esensial sebagai perawatan rambut.

Baca Juga : Perawatan Wajah di Rumah

Mengutip dari HelloSehat, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti saat hendak menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan rambut.

  • Tuangkan kondisioner secukupnya ke telapak tangan.
  • Campurkan kondisioner dengan 1 – 2 sendok makan minyak zaitun ke mangkuk.
  • Aduk hingga rata.
  • Oleskan campuran tersebut ke bagian bawah rambut dengan berfokus pada ujungnya.
  • Kumpulkan rambut hingga berada di bagian atas kepala.
  • Tutupi rambut dengan handuk lembap yang hangat.
  • Biarkan selama 20 menit.
  • Bilas rambut hingga bersih.

Baca juga: 9 Cara Memulai Bisnis Salon Kecantikan bagi Pemula

Nah, itulah sembilan manfaat minyak zaitun untuk rambut beserta cara menggunakannya. Bila kamu memiliki rambut berminyak, sebaiknya bilas rambut dengan produk sampo berbahan lembut. Jika kamu mempunyai pertanyaan lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk mendapatkan solusi yang lebih tepat bagi rambutmu, ya! Selamat mencoba!

Baca Juga : Manfaat Collagen Untuk Kesehatan dan Kecantikan

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *