Tanggal:26 April 2024

Sudah Tahu Manfaat Pupuk Urea? Berikut Penjelasannya!

Siapa di sini yang suka berkebun? Tentunya memakai pupuk yang berkualitas sangat penting bagi tanaman bukan? Karena, pupuk merupakan suatu bahan yang diberikan untuk memperbaiki kesuburan tanah dan mengganti unsur-unsur hara yang hilang dari dalam tanah.

Pupuk adalah bahan utama yang ditanamkan dengan tujuan untuk memperbaiki sifat-sifat fisika, kimia, dan biologi tanah. Dalam proses penanaman tumbuhan, pupuk merupakan kunci dari kesuburan tanah karena berisikan banyak unsur yang akan diserap oleh tanaman. 

Setiap jenis pupuk memiliki kandungan unsur hara, kelarutan, dan kecepatan kerja yang berbeda sehingga dosis dan jenis pupuk yang diberikan berbeda untuk tiap jenis tanaman dan jenis tanah yang digunakan. Salah satu jenis pupuk yang cukup banyak digunakan masyarakat adalah pupuk urea. Apakah kamu memakai pupuk urea pada tanaman? Atau kamu masih belum memahami apa itu pupuk urea? Simak penjelasan berikut ini, ya.

Apa Itu Pupuk Urea? 

Pupuk Urea Untuk Tanaman (Pexels)

Pupuk urea adalah pupuk yang mengandung nitrogen (N) berkadar tinggi sebesar 45% – 56%. Unsur nitrogen merupakan zat hara yang sangat diperlukan tanaman. Unsur nitrogen di dalam pupuk urea sangat bermanfaat bagi tanaman untuk proses pertumbuhan dan perkembangan. 

Manfaat lainnya antara lain pupuk urea membuat daun tanaman lebih hijau, rimbun, dan segar. Pupuk urea memiliki rumus NH2CONH2 merupakan pupuk yang mudah larut dalam air dan memiliki sifat mudah menghisap air (higroskopis), karena itu sebaiknya disimpan ditempat yang kering dan tertutup rapat. 

Komposisi kandungan pupuk urea mengandung unsur hara N sebesar 46% dengan pengertian setiap 100 kg mengandung 46 kg Nitrogen, Moisture 0,5%, Kadar Biuret 1%, ukuran 1-3,35 mm 90% min serta berbentuk prill. Secara umum, pupuk berfungsi sebagai sumber zat hara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman dan memperbaiki struktur tanah.

Baca JugaLangkah mudah membuat pupuk kompos dirumah!

Pemberian pupuk pada media tanam dapat meningkatkan kadar hara dan kesuburan. Urea termasuk pupuk yang higroskopis atau mudah menarik uap air. Pada kelembaban 73%, pupuk ini sudah mampu menarik uap air dari udara. Oleh karena itu, urea mudah larut dalam air dan mudah diserap oleh tanaman. Lalu ciri-ciri dari pupuk urea itu seperti apa ya? Simak berikut ini.

Ciri – Ciri Dari Pupuk Urea

  • Pupuk urea mengandung nitrogen (N) yang berkadar tinggi, dan sanga cocok untuk semua jenis tanaman. 
  • Berbentuk seperti butir-butir kristal berwarna putih
  • Memiliki rumus kimia NH2 CONH2
  • Pupuk urea bersifat mudah larut dalam air dan sifatnya sangat mudah menghisap air (higroskopis)
  • Mengandung unsur hara N dengan sebesar 46%
  • Memiliki standar SNI 2801:2010

Manfaat Dari Pupuk Urea

1. Membuat Daun Tanaman Lebih Hijau dan Segar

Ilustrasi Tanaman Yang Tumbuh Hijau Dan Segar Dengan Pupuk Urea (Pexels)

Manfaat pertama dari pupuk urea adalah daun tanaman akan lebih hijau dan segar, hal ini bisa terjadi karena pupuk urea mengandung klorofil. Klorofil akan berperan penting dalam proses fotosintesis. Kamu pernah melihat tanaman dengan warna sedikit pucat dan kering bukan? maka tanaman tersebut tidak sehat. 

2. Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

Pertumbuhan Tanaman Yang Sangat Cepat Dengan Pupuk Urea (Pexels)

Dalam proses penanaman tentu membutuhkan waktu berbeda-beda dari proses menanam benih hingga tumbuh subur. Setiap tanaman memiliki risiko yang sama, salah satu yang sering terjadi mengalami pertumbuhan tanaman yang lambat. 

Banyak faktor yang dapat menyebabkan sehingga terjadi hal tersebut, seperti penggunaan pupuk urea yang tidak sesuai dan masih banyak lagi. Perlu kamu ketahui, dengan menggunakan pupuk ini dapat mempercepat proses pertumbuhan, lho. 

3. Meningkatkan Jumlah Kandungan Protein dalam Tanaman

Pupuk urea memiliki kandungan unsur yang baik, yaitu unsur senyawa organik yang mampu beradaptasi dengan cepat dengan berbagai kondisi tanah. Selain itu, bisa menambah protein pada tanaman, pupuk ini biasa sering digunakan untuk tanaman sayuran dan buah-buahan sesuai kebutuhan. 

4. Dapat Digunakan Semua Jenis Tanaman

 Pupuk urea dapat beradaptasi mudah dengan berbagai jenis kondisi tanah, dengan begitu pupuk urea dapat digunakan untuk semua jenis tanaman dan kondisi tanah. Mulai dari tanaman pangan, perkebunan, hingga hortikultura. 

Baca JugaCara menanam buah kiwi untuk pemula!

5. Meningkatkan Produksi dan Kualitas Tanaman Lebih Cepat dan Tepat

Berdasarkan kandungan unsur senyawa di dalam pupuk urea, jenis bahan tanaman ini menjadi salah satu pilihan utama para petani. Hal ini dikarenakan pupuk urea dapat meningkatkan produksi dan kualitas panen yang lebih cepat. 

Dalam industri pertanian, kualitas adalah hal yang paling penting, tetapi hal tersebut juga harus diimbangi dengan kuantitasnya. Namun, perlu digaris bawahi pula bahwa kualitas hasil panen yang baik tidak hanya dari pengaplikasian pupuk, melainkan dari cara perawatannya.

Penggunaan pupuk dalam memperbaiki kondisi tanah, meningkatkan kesuburan tanah, hingga menjadi vitamin tambahan adalah salah satu cara yang harus dipertimbangkan. Kondisi ini harus disesuaikan dengan pemilihan jenis pupuk yang sangat beragam.

6. Penggunaan Pupuk Sesuai Kebutuhan 

Manfaat yang sekaligus bisa menjadi kelebihan dari jenis pupuk urea, yakni dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan mengikuti kondisi lahannya. Contohnya, pada tanaman irigasi, pemberian pupuk pada lahan ini caranya cukup dengan mencampurkan tanah kering dan dialirkan dengan larutan pupuk melalui saluran irigasi. Pada tanaman tertentu, pupuk ini diberikan pada langkah  terakhir.

Baca JugaTips berkebun di rooftop rumah!

Manfaat khusus dari pupuk urea pada tanaman berdaun hijau ialah dapat meningkatkan produksi klorofil lebih cepat. Kamu ingin mencoba memulai pemakaian pupuk urea pada tanaman kamu tapi bingung kira-kira kisaran harga dari pupuk urea berapa, ya?

Berdasarkan catatan SPI hingga pekan pertama Januari 2022, harga pupuk urea sudah mencapai Rp560 ribu per sak. Saat situasi normal harga pupuk itu berada di posisi Rp265 ribu hingga Rp285 ribu per sak. Hanya saja sejak Oktober hingga November 2021, harga pupuk itu mengalami kenaikan menjadi Rp380 ribu.

Nah, itulah informasi tentang pengertian, ciri-ciri, manfaat, dan harga dari pupuk urea. Untuk kamu yang suka berkebun, tetap jaga kesehatan tanaman kamu dengan menggunakan pupuk organik, salah satunya pupuk urea, ya. Semoga bermanfaat.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *