Tanggal:29 April 2024

10 Cara Memiliki Kulit Sehat Alami

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh manusia yang terdiri dari beberapa lapisan. Setiap lapisan memiliki manfaat atau kegunaan masing-masing. Epidermis sebagai lapisan terluar pada kulit bermanfaat sebagai pelindung kulit dari berbagai hal yang bisa menyebabkan kerusakan , seperti debu, kuman, dan paparan sinar matahari.

Di bawah lapisan epidermis terdapat lapisan dermis yang tersusun dari pembuluh darah, folikel rambut, dan kelenjar minyak. Setelah lapisan dermis, terdapat lapisan terakhir yang terdiri dari jaringan subkutan dan berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada dalam tubuh serta menjaga suhu tubuh agar tetap dalam kondisi normal.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia manusia, kondisi kulit juga dapat mengalami kerusakan atau penuaan bahkan tidak menutup kemungkinan fungsinya ikut terganggu. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Menjaga kesehatan kulit memang harus disadari sedini mungkin karena kulit sehat tidak akan datang dengan sendirinya. Agar kita memiliki kulit yang sehat maka kita harus menjaga dan memperhatikan pola hidup kita. Misalnya, dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari atau kebiasaan kita dalam membersihkan kulit hingga produk-produk yang sering kita gunakan untuk perawatan kulit.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit di antaranya adalah penuaan, paparan sinar ultraviolet, merokok, kurang mengonsumsi sayur dan buah, konsumsi gula berlebihan, kurang menjaga kebersihan kulit, dan lain sebagainya. Kerusakan yang ditimbulkan juga bermacam-macam, misalnya, iritasi, kerutan, noda hitam, bahkan sampai kanker kulit. Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: 5 Manfaat Tea Tree Oil Untuk Wajah

10 Cara agar Memiliki Kulit Sahat Alami

Kulit sehat. Sumber: freepik.com

1. Rutin mencuci muka

Salah satu cara agar kulit tetap sehat adalah dengan rutin mencucui muka. Selain untuk membersihkan make-up, mencucui muka juga dapat membersihkan muka dari minyak dan kotoran lain yang menempel. Idealnya, mencuci muka dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Cara mencuci muka yang dianjurkan adalah dengan membasuh muka dengan air, lalu tuangkan sabun pembersih dengan kandungan ringan secukupnya saja. Setelah itu usapkan pada muka dan basuh sambal dipijat dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah dengan tujuan agar kotoran dapat terangkat sempurna. Tahap terakhir adalah bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Baca Juga : 9 Facial Wash yang Cocok untuk Remaja

2. Makan makanan sehat

Tentunya makanan yang kita konsumsi juga akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita. Makan makanan bergizi dan seimbang saja ternyata tidak cukup, kulit juga membutuhkan antioksidan serta vitamin. Makanan yang baik untuk kulit, di antaranya adalah buah dan sayuran berwarna kuning atau jingga, seperti wortel dan tomat, sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli, susu rendah lemak, kacang-kacangan, serta ikan berlemak, seperti salmon dan ikan kembung.

Baca Juga : 6 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

3. Tidur cukup

Ternyata, jam tidur juga turut berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Kualitas serta jam tidur yang cukup dapat memberikan waktu untuk kulit beristirahat dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Rata-rata orang yang memiliki jam tidur cukup, mereka juga akan mimiliki kulit yang lebih sehat dan lembab. Selain itu, jam tidur yang cukup juga dapat mencegah munculnya kantung mata serta kulit terlihat lelah dan kusam.

4. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Memang sinar matahari pagi baik untuk kulit, tetapi sinar matahari yang berada pada intensitas tinggi, yaitu pukul 10 pagi hingga 4 sore sebaiknya dihindari. Apabila terpaksa harus beraktivitas pada jam tersebut maka dianjurkan untuk menggunakan pakaian pelindung, berlindung di tempat teduh, dan sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Tabir surya digunakan 20 menit sebelum beraktivitas.

Baca Juga : Yuk Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

5. Hindari produk yang dapat menghidrasi kulit

Tidak semua produk yang diklaim dapat menjaga kesehatan kulit justru dapat merusak kondisi kulit itu sendiri. Misalnya, kandungan alcohol pada beberapa jenis toner juga dapat mengiritasi kulit sensitif. Maka dari itu, gunakan produk perawatan kulit yang mengandung sedikit bahan tambahan.

6. Menjaga kelembapan kulit

Rutin menggunakan pelembap dapat membantu menjaga kulit agar tidak kering dan tetap lembap. Selain itu, pelembap juga dapat melindungi kulit dari cuaca atau faktor dari luar yang dapat merusak kondisi kulit.

Baca juga7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Super Ampuh!

7. Minum air yang cukup

Apabila tubuh kurang cairan maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan berakibat pada kulit kering, kasar, bahkan bersisik saat digaruk. Selain itu, kurang minum air juga dapat menyebabkan kulit rentan terkena jerawat dan mengalami penuaan dini. Maka dari itu, konsumsi air putih juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Secara Alami di Rumah

8. Eksfoliasi kulit secara rutin

Eksfoliasi adalah salah satu cara tepat untuk menjaga kesehatan kulit. Eksfoliasi merupakan proses membersihkan kulit dengan tujuan agar sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit dapat terangkat dengan bersih dan kulit akan terlihat lebih sehat serta bercahaya. Apabila melakukan eksfoliasi kulit secara rutin maka kulit akan tampak lebih halus serta penggunaan produk perawatan kulit juga dapat maksimal.

Baca Juga : Apa itu Eksfoliasi Wajah dan Bagaimana Cara Melakukannya?

9. Mandi

Mandi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan kulit. Mandi bertujuan untuk membersihkan kulit dari kotoran, minyak, serta keringat yang menempel setelah beraktivitas. Akan tetapi jangan mandi menggunakan air terlalu panas atau dengan durasi terlalu lama karena dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit sehingga kulit menjadi kering.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Body Scrub untuk Memutihkan Kulit

10. Jangan merokok dan minum-minuman beralkohol

Kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena masalah kulit. Asap tembakau bisa menyebabkan stres oksidatif sehingga tidak ada cukup oksigen untuk disuplai ke kulit. Akibatnya, jaringan kulit mengalami iskemia dan dapat menggerus kolagen. Selain menghindari kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol juga harus dihindari agar kulit tetap sehat.

Baca juga: Urutan Basic Skincare Untuk Remaja, Wajib Diikuti!

Demikian penjelesan tentang 10 Cara Memiliki Kulit Sehat Alami. Bagi kamu yang ingin tampil bersih dan glowing bisa ikuti cara yang telah disampaikan dan pastinya sesuai dengan kemampuanmu. Selamat mencoba.

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *