Tanggal:03 May 2024
Dampak Perkembangan TIK

Apa Saja Dampak Perkembangan TIK?

Dampak perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang melaju sangat cepat, seperti mengubah pola hidup dan beradaptasi dengan pola hidup tersebut. Berawal dari masyarakat konvensional, kini berubah menjadi masyarakat digital. Seluruh aspek kehidupan tanpa sadar mulai mengalami dinamika, baik dalam hal positif maupun negatif.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Secara umum, TIK dapat diartikan sebagai segala kegiatan yang mengacu pada pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian informasi antar sarana atau media yang dioperasikan dalam bentuk digital. Atas dasar penyampaian informasi yang melalui digital, maka diperlukan perangkat teknologi yang kompatibel. 

Untuk mengetahui dampak lain akibat perkembangan TIK bagi kehidupan manusia, simak uraian berikut.

Baca juga | Beberapa Dampak Positif Perkembangan IPTEK

Dampak Perkembangan TIK dalam Hal Positif

Dampak positif perkembangan TIK selain membuat aktivitas menjadi lebih mudah dan efisien. Apakah hanya itu saja dampak positif perkembangan TIK? Simak paparan berikut untuk mengetahui jawabannya!

1. Bidang Pendidikan 

Pendidikan

Ilustrasi Pendidikan (pexels.com/artem beliaikin)

Adanya perkembangan yang signifikan dalam bidang teknologi dan informasi mengubah pendidikan yang dahulu dilakukan secara konvensional menjadi pendidikan yang lebih komprehensif dan terarah. Perkembangan ini juga menjadi sebuah pembaharuan yang mengarahkan kompetensi siswa untuk menguasai bidang digital sehingga mampu bersaing secara global.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan pembelajaran antara siswa dan guru maupun dosen dan mahasiswa dilakukan secara efisien dan efektif. Pengembangan e-learning yang mulai diterapkan di lingkungan pendidikan juga menjadi sebuah awalan yang baik untuk menerapkan pendidikan yang terintegrasi digital sehingga dapat mengikuti arus digitalisasi dengan lebih baik. 

2. Bidang Kesehatan 

Dalam bidang kesehatan, penerapan TIK dapat terlihat dalam pengelolaan dan pemerolehan informasi riwayat penyakit dan rekam medis pasien dengan menggunakan smart card. Perkembangan TIK juga turut andil pada peralatan untuk menunjang keperluan medis, seperti CT Scan atau MRI. 

Baca Juga | 9 Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh Agar Selalu Sehat

3. Bidang Transportasi 

Bidang transportasi juga mengalami pengaruh perkembangan TIK. Adanya teknologi pesawat terbang menjadi bukti nyata betapa pesatnya perkembangan teknologi. Keberadaan fitur pilot otomatis yang dikendalikan oleh program komputer menjadi salah satu teknologi canggih sebagai hasil perkembangan TIK. Terakhir, adanya pembaharuan bahan bakar yang digunakan pada mobil listrik menjadi bukti lain adanya campur tangan teknologi dalam bidang transportasi. 

4. Bidang Jasa Pengiriman 

Seiring menjamurnya platform belanja via daring, menyebabkan jasa pengiriman barang mengalami pembaharuan. Adanya fitur pelacakan secara langsung, pendataan otomatis, dan waktu yang relatif singkat untuk pengiriman barang membuktikan adanya andil perkembangan TIK di dalamnya. 

5. Bidang Bisnis 

Saat ini, transaksi jual beli tidak banyak lagi dilakukan di pasar atau tempat jual beli pada umumnya. Keberadaan platform penyedia belanja secara elektronik (e-commerce) yang mengandalkan jaringan internet untuk mengaktifkan beberapa fitur di dalamnya menjadi alternatif bagi para penjual dan pembeli. Transaksi jual beli via elektronik bukan hanya efisien dan cepat, tetapi juga memudahkan dua pihak atau lebih untuk melakukan transaksi tanpa perlu bertatap muka secara langsung. 

6. Bidang Perbankan 

Kemajuan TIK juga dirasakan di bidang perbankan. Adanya fitur internet banking, nasabah tidak perlu datang langsung ke bank untuk melakukan transaksi. Cukup dengan telepon pintar, nasabah sudah dapat melakukan transaksi secara aman dan di mana saja. 

Baca juga | Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Teknologi Komunikasi

Dampak Perkembangan TIK dalam Hal Negatif

Tentu, dalam setiap dinamika perkembangan TIK terdapat pengaruh negatif di dalamnya. Hal tersebut terurai dalam paparan berikut.

1. Perubahan Kualitas dalam Berkomunikasi 

Adanya perkembangan TIK ternyata dapat menurunkan kualitas komunikasi yang dilakukan oleh manusia. Hal tersebut ada karena orang-orang lebih memilih berkomunikasi via daring dibandingkan bertatap muka langsung. Tentu, akan ada ketimpangan arti dan nilai ketika komunikasi dilakukan lewat daring. Belum lagi, munculnya sifat individualis akibat kecenderungan untuk memperbaharui informasi melalui internet semakin menambah buruk kualitas suatu komunikasi. 

Baca Juga | Perkembangan Teknologi Komunikasi Bagi Kalangan Anak Muda, Yuk Simak!

2. Penjajahan Budaya 

Ilustrasi Budaya (pexels.com/min an)

Globalisasi telah banyak merenggut budaya lokal yang seharusnya dilestarikan oleh para pemilik budaya. Perkembangan TIK juga semakin mengancam keberadaan budaya lokal. Keluasan dan terbukanya pengetahuan budaya lain melalui internet sebagai hasil perkembangan TIK, membuat masyarakat lebih memilih budaya lain dibandingkan budaya sendiri. Munculnya sifat gengsi dalam strata masyarakat juga menyebabkan tergerusnya budaya lokal. 

3. Penurunan Moral 

Terbukanya akses di jejaring sosial membuat batasan moral menjadi abu-abu. Hampir semua konten yang tersedia di internet dapat diakses oleh siapapun tanpa memandang umur. Pornografi, kekerasan, gerakan anti sosial, dan berbagai karakter negatif lainnya menghantui para pemakai internet. Lemahnya pengawasan dari orang dewasa dan platform itu sendiri menjadikan internet sebagai musuh utama dalam penurunan moral bangsa, terutama remaja dan anak-anak.

4. Kejahatan Siber (Cyber crime)

Kejahatan tidak hanya terjadi di kehidupan nyata, tetapi terjadi juga di ruang virtual. Sebut saja, pembajakan kartu kredit, penipuan online, investasi tak bertuan, dan sebagainya menjadi bukti adanya kejahatan di tengah pesatnya perkembangan TIK. Bahkan, kejahatan ini tidak hanya berasal dari dalam negeri, melainkan lintas negara dengan kerugian besar dan kesulitan pembuktian di mata hukum. 

5. Penyebaran Malware

Malware sebenarnya masih bagian dari program komputer, namun sifatnya bukan untuk mengoperasikan komputer, melainkan membobol dan merusak sistem operasi. Tak jarang, malware juga merusak software. Malware dapat berupa virus, worm, keylogger, trojan, spyware, dan sebagainya.

Itulah paparan mengenai dampak positif dan negatif dari perkembangan TIK yang melaju sangat cepat. Di antara kemudahan yang ditawarkan perkembangan TIK, menyimpan pengaruh negatif yang dapat merugikan diri sendiri, bahkan banyak pihak. Untuk itu, pengawasan dan kontrol diri diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Baca Juga | Cara Membuat Blogspot Bagi Pemula, Yuk Coba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *