Tanggal:08 September 2024
Apa itu gamification? (rawpixel.com)

Manfaat dan Kelebihan Gamification untuk Perusahaan

Apa itu gamification?

Gamifikasi mengacu pada praktik menambahkan elemen desain game. Tujuannya adalah untuk memotivasi pengguna untuk berpartisipasi secara sukarela dan meningkatkan tingkat loyalitas, keterlibatan, dan motivasi konsumen. Motivasi, dalam dunia bisnis, merupakan pendorong penting penjualan.

Alasan menyebutnya gamification adalah karena itu adalah sesuatu yang awalnya dipahami oleh para desainer game. Secara khusus, mereka tahu bagaimana membuat pemain tetap fokus pada tujuan selama berjam-jam. Video game bertujuan untuk menghibur para pemain dengan tujuan, seperti mencoba mencapai level setinggi mungkin. Elemen desain game ini membuat pemain tetap fokus dan terlibat.

Level dan skor membantu menciptakan jalur pembelajaran dan memberikan rasa kepuasan masing-masing. Tugas tim bagus untuk banyak tim. Beberapa sistem menambahkan lencana untuk pencapaian penting dan juga penghargaan untuk memotivasi orang.

Baca Juga | 5 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

Manfaat gamification

  • Meningkatkan produktivitas Anda

Bukan rahasia lagi bahwa semakin termotivasi kita, semakin produktif kita di tempat kerja. Menggunakan dinamika permainan untuk meningkatkan keterampilan karyawan mengarah pada peningkatan produktivitas, sebagai hasil dari menghasilkan lingkungan yang santai dan kolaboratif.

  • Meningkatkan motivasi

Gamification menggunakan sistem tujuan, pencapaian, dan penghargaan yang mendorong motivasi karyawan dan dengan demikian, meningkatkan produktivitas seluruh organisasi. Dengan menerapkan produk gamified, ada peningkatan kepuasan dan kinerja karyawan.

  • Mendorong kreativitas

Mendorong kreativitas melalui kegiatan yang menyenangkan. Kreativitas dan komitmen meningkat partisipasi pekerja dalam program semacam ini.

Baca Juga | Mengenal Metode SMART dalam Menggapai Target

  • Memperkuat proses komunikasi

Departemen Sumber Daya Manusia, biasanya bertanggung jawab untuk menerapkan teknik gamified untuk pelatihan karyawan, melihat upaya mereka diakui melalui umpan balik yang mereka terima dari karyawan. Komunikasi internal antar departemen ditingkatkan dan lebih lancar.

  • Mendukung keterlibatan karyawan

Teknik permainan mendorong keterlibatan karyawan. Dengan menerapkan teknik gamified untuk pelatihan mereka, pekerja memperoleh komitmen yang lebih besar terhadap organisasi dan rasa memiliki mereka terhadap tim meningkat. Melalui pembelajaran berbasis permainan, lebih mudah untuk menghasilkan identifikasi yang lebih besar dengan tujuan perusahaan.

Baca Juga | Cara Elegan Menghadapi Rekan Kerja yang Meremehkan Kamu!

  • Memperkenalkan dinamika inovatif

Gamification di perusahaan memungkinkan untuk memperkenalkan inovasi dalam organisasi, dan aspek lain yang memimpin proyek menuju kesuksesan. Pembelajaran berbasis permainan untuk pengembangan keterampilan adalah tren yang berkembang untuk potensi pertumbuhan bisnis dan karyawan.

Lingkungan dan rekan kerja yang cerda. Sumber: pexels.com

Kelebihan gamification

  • meningkatkan keterlibatan pengguna

Karena pengguna didorong untuk mengambil tindakan tertentu dengan gamifikasi, seringkali tingkat keterlibatan lebih tinggi dan lebih baik daripada yang dicapai dalam kampanye sebelumnya. Keterlibatan bisa menjadi langkah pertama dari hubungan jangka panjang antara pelanggan dan merek, yang mengarah ke manfaat berikutnya dari kampanye gamified.

Baca Juga | Pendekatan Komunikasi Organisasi, Beserta Penjelasannya

  • Membantu menumbuhkan kesadaran dan loyalitas merek

pelanggan yang mengingat nama merek Anda untuk waktu yang lama setelah mengalami pengalaman yang menyenangkan dengan permainan bermerek adalah aset berharga untuk bisnis Anda. Pertama, karena mereka mungkin terikat secara emosional dengan merek Anda, tetapi juga karena – jika keterikatan itu terjadi – mereka lebih cenderung menjadi pelanggan setia daripada pelanggan yang acuh tak acuh atau secara aktif melepaskan diri.

Baca Juga | Brand Awareness: Pengertian, Manfaat, Strategi, dan contoh

  • Membantu mengumpulkan data pelanggan

Data mungkin merupakan salah satu aset paling berharga untuk bisnis saat ini. Namun, mengumpulkan data itu tidak selalu mudah dan di sinilah gamification berperan. Dengan menawarkan kepada pengguna kemungkinan untuk bersenang-senang, atau bahkan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah atau hadiah, mereka cenderung lebih bersedia memberi Anda data potensial, yang nantinya dapat Anda gunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang audiens target Anda .

  • Meningkatkan tingkat konversi

Saat pemain terlibat dengan elemen gamified yang disediakan oleh brand Anda, mereka cenderung merespons CTA Anda, daripada iklan spanduk tradisional atau metode pemasaran lainnya untuk memenangkan hadiah yang telah Anda lampirkan pada pengalaman interaktif. Ini akan membantu meningkatkan tingkat konversi Anda.

  • Membuat penawaran promosi yang menarik

Pemasaran gamifikasi dapat menjadi cara yang menyenangkan dan mudah untuk menjelaskan apa manfaat utama dari produk atau layanan Anda dan karena itu mendidik pengguna.

Baca Juga | Memahami Perbedaan KOL dengan Influencer

  • Membantu berinteraksi dengan pelanggan lebih sering

Bagi pemasar, tujuan akhir mengiklankan produk atau layanan mereka dengan iklan di situs web dan aplikasi adalah untuk menarik dan menjaring pelanggan baru. Langkah pertama adalah menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan unit iklan. Iklan banner dan pop-up sering ditolak atau diabaikan oleh pengguna yang bosan melihat perjalanan mereka terganggu oleh iklan yang tidak diminta. Jadi, mencoba menyebarkan pesan Anda melalui permainan yang menyenangkan dan mudah dimainkan mungkin merupakan cara yang baik untuk menjangkau pengguna baru dan mudah-mudahan mengubah mereka menjadi pelanggan beberapa langkah kemudian.

Baca Juga | Berikut 4 Tujuan Iklan untuk Sebuah Bisnis yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi dapat disimpulkan, gamification untuk perusahaan adalah strategi yang out of the box dan memiliki keuntungan dalam meningkatkan kinerja dan membuat perusahaan menjadi lebih baik.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *