Tanggal:30 April 2024

Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Selesai Program Magang!

Saat dimana seorang mahasiswa mengakhiri program magangnya, banyak sekali ternyata hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan untuk menyelesaikan semester atau program magang tersebut sebelum melanjutkan ke semester berikutnya. Bisa saja setelah itu langsung skripsi, kembali magang, dan kelas reguler biasa. Apapun itu, mahasiswa harus perhatikan hal-hal berikut. 

Apa aja sih? Dalam program magang, pastinya kamu akan diminta oleh pihak kampus untuk membuat laporan, mulai dari harian, bulanan, hingga laporan akhir. Maka dari itu, kamu harus perhatikan baik-baik dan mendokumentasikan kegiatan kamu selama program magang berlangsung. Selain itu, kamu juga harus menjaga komunikasi dan hubungan dengan pihak perusahaan agar menambah relasi dan lain-lain. Mau tahu sisanya? Mari kita cek di list berikut!

1. Surat Rekomendasi 

Kalau kamu telah mengakhiri program magang kamu yang pertama, biasanya kamu akan melanjutkan program magang yang kedua untuk beberapa peraturan dan program magang di kampus yang ada. Maka dari itu, sangat penting dan wajib untuk kamu meminta surat rekomendasi kepada perusahaan untuk digunakan pada melamar di perusahaan selanjutnya. 

2. Membuat Laporan

Laporan yang diharuskan oleh kampus biasanya terdiri dari tiga jenis. Laporan-laporan ini adalah laporan harian, laporan bulanan, dan juga laporan akhir. Laporan harian sendiri menjelaskan apa yang kamu kerjakan pada hari itu. Sedangkan laporan bulanan mencakupi semua pekerjaan dalam bulan tersebut dan meringkas apa saja yang kamu lakukan seperti project dan sebagainya. Untuk laporan akhir, kamu harus memasukkan semua hal yang telah kamu dapat dan pelajari selama program magang berlangsung. 

3. Meminta Saran & Rekomendasi

Setelah kamu menyelesaikan magang, kamu pastinya ingin mendapatkan feedback dan saran dari atasan atau rekan-rekan kerja kamu. Gunanya untuk apa sih? Pasti untuk diri kamu sendiri. Kamu akan mengetahui kelebihan dan kekurangan kamu dari sudut pandang orang lain, yang dimana di kasus ini adalah atasan kamu. Bisa saja kamu mendapatkan pencerahan yang menguntungkan!

4. Evaluasi Apa Yang Kamu Dapatkan Dari Perusahaan 

Lakukan evaluasi terhadap perusahaan dan apa saja yang telah kamu pelajari dan juga dapatkan selama program magang berlangsung. Apakah kamu merasa senang, sedih, susah, dan sebagainya untuk dijadikan refleksi balik dengan apa yang telah kamu lewati. Bisa saja kamu mendapatkan tawaran untuk lanjut, dan evaluasi ini akan menjadikan patokan jawaban kamu. Apakah harus lanjut atau selesai di tempat tersebut.

5. Menyelesaikan Semua Tugas Kantor & Kampus 

Pastikan seluruh pekerjaan yang kamu dapat di perusahaan diselesaikan dengan benar dan tidak ada yang tertinggal. Tidak hanya itu, tetapi tugas-tugas yang juga diberikan oleh kampus. Karena biasanya itu juga menjadi salah satu persyaratan kamu untuk lulus dari semester yang diharuskan mengikuti program magang ini.

6. Menjaga Relasi Dengan Atasan dan Rekan Kerja 

Kamu harus tetap menjaga komunikasi dengan atasan dan rekan kerja kamu walaupun kamu sudah tidak berada di tempat kerja itu lagi. Siapa tahu, kamu mendapatkan pekerjaan dan relasi baru lagi dari mereka. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang bukan?

7. Evaluasi Diri Untuk Kedepannya 

Setelah tahap-tahap di atas sudah diikuti, saatnya untuk evaluasi diri sendiri dan apa yang harus diambil dan diperbaiki. Pastinya kamu memiliki kesalahan dan kekurangan yang harus ditinggalkan bukan? Hal ini sangat penting dilakukan agar kamu tidak mentok disitu saja dan terus berkembang!

Jangan lupa diikuti semua tahap-tahapnya ya! Goodluck!

Baca juga :

7 Tips Jitu Diterima Magang, Dijamin Berhasil!

Ingin Diterima Magang? Ikuti Tips-Tips Berikut!

Apa Saja Sih Manfaat Magang? Berikut Manfaat-Manfaatnya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *