Tanggal:22 May 2024

Ingin Diterima Magang? Ikuti Tips-Tips Berikut!

Program magang yang diikuti oleh mahasiswa biasanya dilakukan pada semester-semester akhir, antara semester enam atau tujuh. Bahkan, ada juga yang dilakukan pada semester awal dan semester akhir banget dibarengi dengan skripsi. Tujuannya sendiri dari magang itu sangat penting, karena kamu akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang bisa kamu gunakan di dunia kerja nanti. 

Nah, pastinya kamu ingin-kan diterima magang dengan mudah? Banyak sekali cara dan tips yang bisa kamu ikuti. Tetapi sebelum itu, jangan lupa untuk membuat CV atau resume dan membuat serta menggunakan cover letter yang menarik, informatif dan mudah untuk dibaca oleh recruiter. Mau tahu gak nih tips-tipsnya? Yuk kita cek di list berikut! 

1. Konsultasi Dengan Kampus 

Sebelum kamu memulai magang, biasanya pihak kampus memberikan layanan konsultasi dan pemberitahuan informasi terkait program magang dan aturan-aturan yang harus diikuti selama program berlangsung. Mulai dari persyaratan posisi magang, hingga lama durasi magang pasti akan dibahas.

2. Mencari Relasi & Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial 

Connection atau relasi dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Hal itu akan membantu kamu untuk menambah teman, pekerjaan baru, dan masih banyak lagi. Jadi, jangan sampai kamu tidak memiliki relasi ya! Tidak hanya relasi, kamu juga harus menggunakan media sosial untuk pekerjaan. Aplikasi-aplikasi yang disarankan seperti LinkedIn hingga Instagram lho!

3. Mencari Perusahaan Yang Sedang Membuka Lowongan 

Pastinya kamu harus mulai mencari lowongan magang di perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan magang. Agar waktu yang pas bisa dapat kamu manfaatkan dengan baik untuk melamar!

4. Siapkan Berkas-Berkas 

Terakhir, jangan lupa untuk siapkan berkas-berkas seperti cv atau resume, pas foto, hingga sertifikat dan berkas-berkas lainnya yang mungkin perlu diberikan kepada recruiter. Jika sudah, saatnya untuk mencari lowongan magang dan diterima dengan cepat!

Baca juga :

Apa Saja Sih Manfaat Magang? Berikut Manfaat-Manfaatnya!

Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Selesai Program Magang!

Tips Ampuh Lolos Seleksi Magang Kampus Merdeka, Wajib Kamu Coba!

7 Tips Jitu Diterima Magang, Dijamin Berhasil!

Jangan lupa diterapkan dan semoga diterima di tempat magang yang kamu inginkan ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *