Tanggal:22 July 2024

Jadi Kepala Sekolah Bagaimana Rasanya Sih? Berikut Tugas-Tugasnya!

Kalau sebelumnya kita membahas tugas-tugas dari seorang rektor di lembaga kampus, kali ini kita akan membahas pembahasan untuk kamu para siswa-siswi yang masih berada di jenjang sekolah TK hingga SMA nih! Kamu sendiri sekarang sudah kelas berapa? Pastinya sudah tahu ya kalau sekolah itu pasti memiliki seorang kepala sekolah yang memimpin kegiatan persekolahan setiap tahunnya. Tetapi, tugas-tugas lainnya sudah tahu belum ya? Yuk kita cari tahu! 

Kepala Sekolah sendiri adalah seorang pemimpin yang bekerja untuk memimpin lembaga sekolah, bisa dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga sekolah menengah atas. Tidak membedakan antara tingkatan sekolah, kepala sekolah di setiap tingkat sendiri memiliki pekerjaan yang sama kok, hanya saja mereka akan menghadapi siswa-siswi dengan umur yang berbeda saja. Kira-kira, mudahan memimpin taman kanak-kanak atau anak SMA ya bagi seorang kepala sekolah? 

Lalu, tugas-tugasnya ada apa saja sih? Tentunya kepala sekolah memiliki tugas yang lebih banyak dan tanggung jawab yang besar untuk memimpin sebuah sekolah selama tahun ajaran berlangsung. Yang pasti, kepala sekolah akan selalu mementingkan siswa-siswinya dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar setiap harinya. Selain itu ada apalagi sih? Yuk kita cek bareng-bareng di bawah berikut!

Baca Juga | Fungsi Dan Peran Seorang Pemimpin Dalam Sebuah Organisasi, Apa Aja Ya?

1. Pengembangan Program 

Kepala sekolah akan selalu mencoba meningkatkan dan mengembangkan program-program yang ada di sekolah, baik untuk para guru dan juga siswa-siswinya. Selain pelajaran, pastinya kepala sekolah akan mencoba untuk meningkatkan kurikulum yang ada untuk siswa-siswinya. Kurikulum ini sendiri juga tidak diikuti oleh siswa, tetapi juga guru yang akan menerapkannya kepada para murid yang akan diajar.

Baca Juga | Pendekatan Komunikasi Organisasi, Beserta Penjelasannya

2. Pembinaan Pegawai Sekolah 

Selain murid-murid yang harus diawasi dan dibina, para pegawai sekolah termasuk para guru yang mengajar juga akan selalu dibina dan diajar oleh kepala sekolah. Hal ini dapat terjadi dalam sebuah rapat, seminar dan sebagainya. Kepala sekolah harus selalu menjaga kualitas dari guru-guru yang dibawahinya dalam urusan mengajar para murid-muridnya.

3. Mengatur Manajemen Sekolah 

Mengatur manajemen sekolah juga salah satu tugas kepala sekolah lho! Mulai dari mengatur kalender akademik tahunan, acara-acara penting setiap bulannya, anggaran, surat menyurat, memo, dan masih banyak lagi. Kalau kamu ingin menjadi kepala sekolah, siap-siap bakalan banyak berkas dan rapat yang harus diikuti nih, pastinya untuk kepentingan sekolah!

BacaJuga | Google Classroom, Google Scholar Dan 5 E-Learning Untuk Belajar Di Rumah, Yuk Simak!

4. Kegiatan Siswa-Siswi 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kepala sekolah harus mengedepankan kegiatan dan pembinaan para siswa-siswinya selama tahun ajaran berlangsung, hal ini juga termasuk kegiatan-kegiatan yang mungkin akan diadakan untuk para siswa-siswi. Contohnya saja seminar, perlombaan nasional, hingga lomba antar kelas (class meeting). Tetapi, masih banyak sekali kegiatan di luar sana yang harus disiapkan, jadi harus benar-benar bisa buat siswa-siswinya aktif terus ya!

Baca Juga | 5 Cara Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak Mulai Dari Usia Dini

5. Rencana Sekolah

Perencanaan juga harus selalu diperbincangkan dengan manajemen dan pegawai sekolah. Pembahasan perencanaan tersebut termasuk pembangunan sekolah, anggaran, dan masih banyak lagi. Rencana kegiatan juga harus selalu dipersiapkan ya!

6. Pengembangan Siswa & Lain-Lainnya 

Hal yang terpenting dalam menjadi seorang kepala sekolah adalah pembinaan dan pengembangan pada siswa-siswinya. Walaupun kamu tidak harus menjadi guru yang datang ke kelas-kelas untuk mengajar, menjadi kepala sekolah berarti lebih memiliki tanggung jawab yang lebih lagi. Karena sebagai seorang kepala sekolah, kamu bertanggung jawab atas pembinaan perilaku, kedisiplinan, dan kegiatan-kegiatan lainnya untuk para murid kembangkan selama masa sekolah.

Kamu ingin menjadi kepala sekolah? Jangan lupa untuk diingat ya tugas-tugas dari kepala sekolah di atas!

Baca Juga | Gegara Pandemi, Pencarian Edukasi Di Google Meningkat, Wah Kenapa Ya?

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *