Tanggal:25 April 2024

Jenis-Jenis Buah Durian Yang Enak, Dari Mana Aja Ya?

Buah-buahan menjadi salah satu makanan dan produk yang dikonsumsi oleh banyak orang. Kegunaan dari buah-buahan sendiri adalah untuk membantu kesehatan tubuh kita. Tetapi banyak sekali buah-buahan yang kegunaannya itu untuk membantu untuk melancarkan dan menyehatkan badan kamu dari gangguan pencerna. 

Tetapi, kali ini kita akan membahas sebuah buah yang sangat eksotis dan memiliki rasa sangat berbeda dari lainnya. Fakta menarik, buah ini banyak sekali peminatnya, tetapi banyak juga orang tidak menyukai buah ini dari rasa dan baunya yang sangat menyengat. Bahkan, ada beberapa aturan di negara asia bahwa kamu tidak boleh membawa atau memakan buah ini di sembarang tempat. Jika kamu melanggarnya, kamu akan langsung dikenakan denda! Serem banget, tapi memang benar seserius itu lho! 

Durians. Photo: iStock

Jadi, buah apa sih yang akan dibahas kali ini? Buah yang kita akan bahas adalah buah Durian! Durian sendiri berasal dari negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Durian memiliki bentuk yang medium menuju besar dan terdapat kulit yang sangat tajam di setiap sisi luarnya. Warna dari durian sendiri adalah hijau kekuningan, sedangkan isinya berwarna kuning. 

Durian memiliki kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral. Hal tersebut membuat durian menjadi salah satu buah yang dapat dijadikan sebagai buah yang digunakan untuk pengobatan tradisional. Fakta yang lebih serunya, buah ini dapat membantu kamu dalam pengobatan sistem pencernaan, dan juga penyakit jantung.  

Durian Riped and Fresh
Durian Riped and Fresh. Photo: iStock

Lalu, buah durian ini ada jenis dan varian apa aja sih? Ternyata, durian terdapat di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Singapura juga menjual banyak sekali durian di toko-toko dan restoran. Sekarang, kita cek yuk ada jenis durian apa aja!

Durian Tai Babi, Indonesia 

Durian yang satu ini berasal Bangka Belitung dengan harga yang dibanderol sebesar 300 ribuan. Jenis durian ini memang sangat populer di daerah Bangka Belitung, serta menjadi salah satu produsen terbesar yang ada di Indonesia lho! Nama dari jenis durian ini sangat unik, tetapi hanya sebagai julukan saja kok, bukan beneran ampas dari babi. Rasa dari durian ini sendiri sama saja dengan durian pada umumnya, cuman memiliki nama khas yang berbeda saja karena dari Bangka Belitung.

Baca Juga :

Durian D24, Malaysia 

Durian jenis D24 ini adalah salah satu jenis durian yang sangat populer di Malaysia. Hal yang membuat unik dari jenis durian ini adalah rasa yang manis dan pahit. Tetapi tenang saja, rasa pahitnya masih dapat ditutupi dengan rasa yang lezat dari jenis durian ini. Daging dari jenis durian ini juga sangat tebal dan tidak lembek, untuk tekstur juga tidak usah diragukan lagi ya!

Durian Monthong, Thailand 

Fresh Durian (Monthong) from Thailand
Fresh Durian (Monthong) from Thailand. Photo: iStock

Kalau jenis yang satu ini, siapa sih yang tidak tahu? Durian Monthong yang sangat dikenal dikalangan masyarakat Asia Tenggara ini berasal dari negara Thailand. Durian Monthong ini merupakan jenis durian yang sangat populer, hingga kancah internasional. Banyak sekali warga Indonesia yang juga minati durian ini, jadi tidak usah diragukan lagi ya rasa Durian Monthong. Satu kilo dari Durian Monthong berkisar harga 70 hingga 90 ribu rupiah.

Durian Bawor, Indonesia

Durian
Durian. Photo: iStock

Warga Banyumas pasti bangga sekali dengan jenis durian yang satu ini. Durian Bawor yang berasal dari daerah Banyumas, Indonesia juga tidak kalah enaknya dengan jenis-jenis durian lainnya dalam list kali ini. Konon, jenis durian ini adalah ‘Durian Monthong-nya Indonesia’ karena kualitas yang dimiliki Durian Bawor sangat tinggi. Kamu siap untuk mencoba?

Durian Musang King, Malaysia

Kamu sudah pernah mencicipi durian yang termahal di dunia belum? Karena dunia Musang King menjadi durian termahal yang ada di muka bumi ini! Harga Musang King adalah sebesar 2,6 juta/kilogram. Jadi, bisa bayangkan saja kalau di Indonesia, kamu bisa dapat berapa durian tuh! Kamu mau cobain Durian Musang King Malaysia gak nih?

Favorit kalian durian yang mana nih?

Baca Juga :

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *