Tanggal:23 July 2024

Cara Membuat Lampu Tidur dari Stik Es Krim

Kamu pecinta es krim? Jika iya, jangan langsung membuang stiknya setelah selesai memakannya ya! Stik es krim bisa berubah menjadi barang yang bermanfaat hingga bernilai jual tinggi jika kita memanfaatkannya dengan baik loh! Salah satunya dengan cara menyulap limbah tersebut menjadi lampu tidur yang cantik! Selain dapat mengurangi limbah di sekitarmu, kamu juga dapat mendapatkan manfaat hingga keuntungan ekonomis dari kerajinan tersebut loh!

Penasaran bagaimana caranya? Simak cara membuat lampu tidur dari stik es krim beserta penjelasan selengkapnya berikut ini ya!

Kenapa Harus Membuat Lampu Tidur dari Stik Es Krim?

Membuat kerajinan yang bermanfaat merupakan salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu luang. Terlebih lagi jika kerajinan tersebut memiliki nilai jual dan dapat mendatangkan keuntungan bagi dirimu serta lingkungan. Dengan memanfaatkan limbah sebagai kerajinan, kamu dapat mengurangi risiko pencemaran lingkungan sekaligus mengurangi sampah yang ada di sekitarmu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan ekonomis karena menghemat pembelian barang apalagi jika kamu memperjualbelikan hasil kerajinanmu.

Membuat lampu tidur secara mandiri dengan limbah stik es krim dapat membantumu membuat kamar menjadi lebih estetik dengan tetap menghemat dan meminimalkan pengeluaran. Bagi kamu yang sudah memiliki buah hati, mengajak anak membuat kerajinan di rumah juga dapat menjadi salah satu media edukasi untuk melatih kreatifitas mereka.

Baca juga: 9 Kerajinan dari Barang Bekas, Bisa Jadi Peluang Bisnis!

Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Lampu Tidur dari Stik Es Krim

Bahan-Bahan yang Diperlukan (sumber: freepik.com)

Sebelum membuat kerajinan lampu tidur dari stik es krim, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan terlebih dahulu. Bahan-bahan ini cukup penting sehingga kamu perlu memastikan semuanya tersedia. Tidak perlu khawatir, bahan-bahan pembuatan untuk lampu tidur dari stik es krim ini cukup sederhana dan mudah untuk didapatkan. Berikut adalah bahan dan peralatan yang perlu kamu siapkan.

  • Stik es krim. Stik es krim merupakan bahan utama yang nantinya akan disusun menjadi bentuk tertentu untuk menjadi sebuah lampu tidur. Oleh karena itu kamu perlu menyiapkan stik es krim dengan jumlah yang cukup banyak. Jika kamu tidak memiliki limbah stik es krim di rumah, kamu bisa membelinya di toko terdekat dengan harga yang cukup murah.
  • Cutter atau gunting. Selanjutnya adalah cutter atau gunting yang nantinya berguna untuk membantumu memotong beberapa bagian agar lampu tidurmu lebih bagus dan lebih rapih.
  • Lem fox. Selanjutnya adalah lem fox yang nantinya berfungsi sebagai perekat untuk setiap bahan penyusun lampu tidur.
  • Kardus. Kamu juga perlu menyiapkan kardus yang nantinya berfungsi sebagai papan tambahan untuk mempercantik dan mengoptimalkan fungsi lampu tidur. Kardus ini bersifat opsional, kamu bisa menggunakan atau tidak menggunakannya tergantung bentuk rangkaian lampu yang akan kamu buat nantinya.
  • Lampu, kabel, beserta dudukan lampu. Ini bagian paling penting ya guys! Kalau ngga ada bola lampu nanti nggak bisa nyala dong hehehe.

Baca juga: Kerajinan Limbah Tekstil dari Serat Alami!

Cara Membuat Lampu Tidur dari Stik Es Krim

Sebenarnya, terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat lampu tidur dari stik es krim tergantung bentuk dan ukuran yang kamu inginkan. Di sini, kami akan memberikan dua cara membuat lampu tidur dari stik es krim dengan dua bentuk kerajinan yang berbeda sehingga kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginanmu!

1. Lampu Tidur Berbentuk Segi Delapan

  • Susun dan tempelkan stik es krim hingga menjadi persegi dengan menggunakan lem fox seperti pada gambar. Buat dalam jumlah yang banyak. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan tingkat ketinggian lampu yang kamu inginkan. Selanjutnya, ambil kardus lalu potong menjadi kotak seukuran dengan susunan kotak dari stik es krimnya.

Lampu Tidur Segi 8 (sumber: dekorrumah.net)

  • Ambil dudukan lampu dan kamu bisa melakukan tracing ke tengah-tengah potongan kardus untuk kemudian dilubangi agar lebih rapih. Kemudian, tempelkan potongan kardus tersebut ke salah satu rangkaian persegi yang sudah kamu buat.
  • Setelahnya, kamu bisa mulai menyusun serta merekatkan susunan kotak yang terbentuk dari stik es krim tadi secara berselang-seling atau melintang (bangun segi 8) dengan menggunakan lem hingga mencapai ketinggian yang kamu inginkan dan tunggu hingga lem mengering.
  • Setelah itu kamu bisa meletakkan potongan kardus yang sebelumnya telah dilubangi. Ambil dudukan lampu, pasang kabel ke dudukan lampu yang telah disiapkan, tempatkan dibawah (bagian kardus yang sudah dicetak bentuk dudukan lampu) lalu pasang colokan agar bola lampu teraliri oleh arus listrik. Lampu tidur cantik buatanmu siap digunakan!

Baca juga: 9 Ide Bisnis Kerajinan Kain Perca Wajib Kamu Coba!

2. Lampu Tidur Berbentuk Menara

Lampu Tidur Menara (sumber: Blog Nisamllia)

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  • Susun stik es krim berbentuk persegi delapan dengan cara menumpuk ujung-ujungnya serta merekatkan stik-stik tersebut dengan lem. Rangkaian ini nantinya akan menjadi alas lampu (lakukan seperti bentuk susunan pada gambar).
  • Setelah kamu selesai menyusun bagian alas, kamu bisa mulai menyusun kerangka badan dengan cara menggunting ujung stik dan menyusunnya secara memanjang (sekitar 10 cm) dengan merekatkannya satu sama lain menggunakan lem. Susunan ini nantinya akan menjadi penyangga di keempat sisi lampu sehingga kamu perlu membuat 4 sisi seperti itu.
  • Setelah sudah menyusun rangka penopang kamu bisa mulai menyusun stik seperti bentuk tangga dengan memberikan jarak antara stik satu dengan stik yang lain menggunakan penopang-penopang yang sudah dibuat sebelumnya. Susun dengan menggunakan lem hingga keempat sisi rampung dan rangkaian lampu hias dapat berdiri kokoh.
  • Jika kamu sudah membuat rangkaian seperti pada gambar, kamu bisa memastikan terlebih dahulu kerangka lampu hiasmu berdiri kokoh dan tidak terjatuh saat didirikan. Setelah benar-benar memastikan, kamu bisa masukan lampu ke dalam rangkaian stik tersebut. Lampu tidur dari stik es krim pun siap untuk dipasang di dalam kamar tidur atau spot lain yang kamu inginkan!

Itulah dia tips membuat kerajinan dari bahan tidak terpakai seperti stik es krim menjadi sesuatu yang bernilai jual dan bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu pantengin media sosial dan blog Vocasia untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dan up to date ya! Untuk kamu yang ingin mengisi waktu di rumah dengan hal lain, bisa banget nih mengunjungi kursus belajar tips sukses bisnis warung sembako rumahan berikut ini!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *