Tanggal:04 May 2024

Simak Manfaat Collagen untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Manfaat collagen apa saja ya? Collagen saat ini populer sekali di kalangan kaum wanita. Banyak dari mereka yang mengonsumsi collgen karena dapat memberikan perubahan pada tampilan seseorang agar tampak awet muda.

Kamu sudah pernah mengonsumsinya belum? Atau bahkan kamu belum mengetahui apa itu collagen? Collagen adalah suplemen minuman yang berbentuk kapsul ataupun bubuk dengan komposisi dari protein. Tahukah kamu bahwa ternyata collagen memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan.

Jika dikonsumsi secara rutin, kamu akan merasakan manfaat collagen di dalam dirimu. Seperti meningkatkan massa otot, mencegah osteoporosis, mengatasi nyeri sendi, mengurangi kerutan pada kulit, serta membentengi lapisan kulit derma. Nantinya kulitmu akan terlihat sehat bersinar.

Ternyata tak hanya itu saja, lho! Sumber collagen terdiri dari beberapa jenis, yakni collagen alami yang diproduksi sendiri oleh tubuh kita bila rajin mengonsumsi kacang-kacangan maupun sayuran kaya akan Zinc dan vitamin C. Sumber lain berasal dari beberapa suplemen khusus yang kini banyak beredar di masyarakat. Akan tetapi, suplemen hanya dijadikan sebagai pelengkap saja, ya.

Pola hidup sehat pun juga akan berpengaruh untuk kesehatan, baik dari dalam atau luar tubuh. Lantas, selain memiliki peran penting bagi kesehatan dan kecantikan, apa saja sih manfaat collagen secara keseluruhannya? Pastikan kamu membaca artikel Vocasia berikut ini supaya menemukan jawabannya. Yuk, simak sampai akhir!

Baca Juga : 

Manfaat Collagen bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ilustrasi Perawatan Kulit (Pexels)

Ada banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan bila mengonsumsi berbagai sumber collagen, di antaranya seperti:

1. Meredakan sendi yang nyeri

Ilustrasi Persendian Nyeri (Pixebay)

Ketika jumlah collagen dalam tubuh kamu berkurang, pasti ada beberapa faktor, salah satunya bertambahnya usia. Hal itu akan menyebabkan risiko osteoarthritis meningkat. Ada beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian orang yang menambah asupan collagen dapat mengurangi gejala osteoarthritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

Baca Juga :

2. Kulit menjadi kencang dan mencegah penuaan

Tak ada salahnya bila mengaitkan manfaat collagen dengan kesehatan kulit. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa collagen dapat membantu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, dan mengurangi kekeringan serta kerutan kulit. Collagen juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka di tubuh.

Seiring bertambahnya usia, seseorang harus meningkatkan asupan makanan yang mengandung collagen seperti daging, ikan, sayuran hijau, susu, dan telur. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen collagen sesuai anjuran dokter.

Baca Juga :

3. Mengatasi selulit

Selulit terjadi ketika jaringan lemak didorong melalui serat ke lapisan atas kulit. Akibatnya, kulit akan terlihat seperti bergelombang dan memiliki tekstur yang tidak rata. Manfaat lain dari suplemen collagen adalah mengurangi jumlah selulit dari tubuh. Protein ini bekerja dengan cara merangsang perbaikan sel-sel kulit pada jaringan yang rusak dan mempercepat proses regenerasi.

Baca juga: 

4. Mengurangi garis halus

Garis Halus Pada Wajah (Google)

Manfaat collagen untuk kesehatan kulit lainnya adalah mengurangi garis halus terutama pada wajah. Pertambahan usia bukan hanya mengurangi produksi collagen dalam tubuh saja, tetapi juga memicu munculnya garis halus ataupun keriput. Untuk mencegah kondisi seperti ini, kamu dapat mengonsumsi collagen yang sudah terjamin dari dokter kulit.

Baca Juga :

5. Meningkatkan massa otot

Keunggulan collagen selanjutnya adalah cocok untuk pembentukan massa otot. Antara 1 hingga 10 jaringan otot terdiri dari collagen. Sehingga, tubuh memerlukan protein yang diperlukan untuk kekuatan otot agar berfungsi dengan baik. Ada studi menunjukkan bahwa suplemen collagen dapat membantu membangun massa otot pada orang dengan gejala sarcopenia atau dengan hilangnya massa otot terkait usia.

Baca Juga : 6 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

6. Hidrasi kulit meningkat

Ilustrasi Hidrasi Kulit (Pexels)

Collagen juga dapat meningkatkan hidrasi di setiap lapisan kulit. Hal itu akan membuat kulit terasa lebih lembut saat disentuh. Sebuah penelitian telah membuktikan jika protein ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Memang benar bila kulit kering tidak berbahaya di awalnya. Tetapi masalah ini dapat menyebabkan penyakit yang eksim, seperti kulit iritasi, peradangan, kemerahan, gatal, ataupun kulit pecah-pecah. Mengonsumsi banyak air putih dan collagen dapat membantu menjaga kelembapan kulit, lho!

Baca Juga : 

7. Mengatasi bekas jerawat

Jerawat rentan sekali menimbulkan bekas luka yang sulit sembuh. Faktanya, bekas jerawat disebabkan oleh kerusakan collagen pada kulit. Mengonsumsi collagen bermanfaat untuk memperbaiki jaringan dan dapat menyembuhkan bekas jerawat. Nah, hal ini juga dapat kamu lakukan untuk mengatasi luka stretch mark, bahkan bisa dijadikan sebagai langkah awal untuk mencegahnya.

Baca Juga :

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi Jantung (Pixebay)

Mengonsumsi collagen dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Para peneliti banyak membuat teori bahwa mengonsumsi suplemen bisa membantu mengurangi risiko kondisi terkait jantung. Collagen menyediakan struktur ke arteri serta membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Tanpa adanya collagen yang cukup, arteri menjadi sangat lemah. Hal ini dapat menyebabkan aterosklerosis, penyakit yang ditandai oleh penyempitan pembuluh darah. Aterosklerosis berpotensi menyebabkan serangan jantung maupun stroke.

Baca Juga : 11 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik Dan Murah

Itulah, beberapa manfaat collagen yang bisa kamu dapatkan. Selain bagus untuk kesehatan, collagen juga bagus untuk kecantikan. Tubuh glowing pun kamu bisa peroleh dengan mengonsumsi collagen secara rutin.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu, ya. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *