Tanggal:15 May 2024

Kerja didalam Negeri atau diluar Negeri? Ketahui Perbedaannya

Kalian pasti penasaran kan bagaimana sistem kerja di luar negeri seperti apa? Jika di Indonesia mungkin Kalian sudah faham betul bagaimana sistem kerja di Indonesia.

Baik, pada kali ini ulasan dibawah akan membahas mengenai perbedaan antara bekerja didalam negeri dengan bekerja diluar negeri.

3 Hal yang harus di Ketahui

Bekerja di Indonesia dengan bekerja di luar negeri tentu perbedaannya sangat signifikan. Ulasan ini tidak untuk membandingkan mana yang lebih baik tetapi ulasan ini hanya untuk memberikan gambaran dan pengetahuan baru.

Nah, apa aja sih 3 perbedaan yang sangat mencolok?

1. Bos dengan Karyawan

Kalian jika bekerja pernah ngga sih ngerasa segan untuk menjalin komunikasi dengan atasan di kantor? Padahal hal ini sangat penting lho untuk kinerja perusahaan maupun kinerja pada karyawan itu sendiri.

Jarang ada atasan terutama di Indonesia yang menjalin hubungan komunikasi dengan karyawan di kantor layaknya teman.

Berbeda dengan bekerja diluar negeri, justru sikap seperti ini sudah lumrah di perkantoran, Menjalin komunikasi dengan atasan adalah suatu budaya yang perlu ditingkatkan.

Karena bisa membangun kinerja bahkan akan muncul ide-ide kreatif jika atasan dengan karyawan saling terbuka satu sama lain.

2. Job desc

Jika di Indonesia mungkin banyak perusahaan yang menuntut karyawan untuk bisa multitasking dan tidak selalu berfokus pada job desc masing-masing.

Terkadang di Indonesia ada kalanya karyawan harus menyelesaikan tugas orang lain yang bahkan karyawan tersebut bukan dari bidangnya, Budaya ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja individu maupun tim.

Beberapa negara maju cenderung menuntut karyawannya untuk fokus terhadap tugas pribadi terlebih dahulu dan tidak harus multitasking.

Namun pastikan job desk nya sesuai dengan target yang diinginkan perusahaan.

3. Disiplin terhadap waktu

Sikap disiplin di Indonesia masih jauh dari kata cukup, pada umumnya karyawan yang sudah ditetapkan bekerja selama 8 jam seringkali tidak disiplin terhadap waktu.

Bahkan masih pada jam kerja ada saja karyawan yang malah bersantai.

Berbeda dengan di luar negeri pekerja di luar negeri dikekang pada waktu yang disiplin. Jika waktu bekerja semisalnya delapan jam maka pastikan jam kerja sesuai dengan standar tersebut.

Tidak perlu sungkan atau takut tugas datang tiba-tiba, jika sudah cukup delapan jam maka pegawai dipersilahkan meninggalkan kantor.

Hal ini sebagai bentuk bahwa perusahaan juga menghargai waktu yang dimiliki oleh karyawannya.

Baca juga :

4 Cara Kerja Di Luar Negeri

Ingin Bekerja Di Startup? Kenali, 8 Pekerjaan Yang Paling Dicari

Ini Dia 5 Pekerjaan Yang Akan Dibutuhkan Ditahun 2022

Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *