Tanggal:26 July 2024

10+ Teknik dasar sepak bola dan penjelasannya

Siapa yang tidak kenal dengan sepakbola? Salah satu olahraga yang paling terkenal di dunia ini juga kerap diminati banyak orang, bahkan hampir di setiap negara memiliki liga tersendiri. Saat ini, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang membudaya di masyarakat. Hal ini terlihat dari fanatisme pendukung kepada tim yang mereka kagumi dan saat mereka menonton pertandingan tim kesayangan mereka secara langsung.

Maka tak heran jika banyak orang yang belajar tentang bagaimana cara bermain sepak bola yang benar dan apa saja teknik yang harus dikuasai. Jadi, di artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa teknik dasar yang ada pada olahraga sepak bola.

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Futsal Dan Sepak Bola Yang Perlu Kamu Tahu!

Teknik-teknik dasar ini akan membantu mempermudah kamu saat berolahraga sepak bola. Walau terlihat mudah, tapi masih banyak teknik dan skill yang perlu dikuasai dalam permainan ini,. Misalnya, cara menggiring mengoper dan memasukkan bola ke gawang lawan.

Teknik Menendang Bola (Shooting)

Shooting (sumber: Pixabay)

Teknik dasar pertama dalam permainan sepak bola adalah menendang bola, yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Tendangan dibagi menjadi 3, yaitu tendangan menggunakan kaki bagian luar, menggunakan kaki bagian dalam, dan menggunakan punggung kaki. 

Ketiga teknik ini dapat dilakukan dengan cara memfokuskan pandangan pada target, lalu memposisikan badan dan menaruh salah satu kaki di samping bola. Kemudian, ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang sesuai dengan arah yang ditargetkan. Perlu dicatat bahwa teknik ini memerlukan fokus yang tinggi disertai dengan tingkat akurasi yang tepat. 

Teknik Menghentikan Bola

Menghentikan bola (sumber: Unsplash)

Dalam sepakbola tidak hanya diperlukan teknik menendang bola saja, tapi juga diperlukan kemampuan untuk menghentikan bola. Teknik ini merupakan salah satu teknik dalam sepak bola untuk mengecoh lawan dan bisa menggunakan banyak anggota tubuh sesuai dengan arah datangnya bola. 

Misalnya pada bagian kaki, pemain bisa menghentikan bola menggunakan beberapa bagian, yaitu kaki bagian luar, punggung kaki, dan telapak kaki. Lalu menghentikan bola dengan paha, yaitu saat bola yang diterima dari jarak jauh. Sedangkan bagian dada, dilakukan saat arah bola dari. Untuk bagian perut, memang terbilang jarang digunakan karena pemain harus memperhatikan arah datangnya bola.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Itu Sepak Bola Amputasi? Berikut Peraturan Permainannya

Teknik Menangkap Bola (Goalkeeping)

Goalkeeping (sumber: Unsplash)

Teknik ini dilakukan oleh posisi pemain sebagai kiper atau penjaga gawang. Goalkeeping ini cukup penting bagi seorang kiper, karena teknik ini digunakan untuk menghalang bola menggunakan tangan. Selain itu, kiper merupakan benteng pertahanan terakhir dari suatu tim, dalam teknik ini kamu perlu melatih reflek menangkap bola ke kiri dan ke kanan. 

Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Dribbling (sumber: Pixabay)

Dribbling memang terlihat mudah, tapi untuk melatih teknik ini membutuhkan keterampilan penguasaan bola yang seimbang. Teknik ini kerap dilakukan ketika bola digiring mendekat ke arah gawang, dan tidak ada pemain yang akan diberi operan. Dalam sepak bola, dribbling dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Speed Dribbling. Seperti namanya, dalam teknik ini kamu menendang bola kearah depan lalu mengejarnya dengan cepat. Berhubung teknik ini dilakukan dengan cepat, maka pemain juga harus memiliki fokus yang tinggi saat melakukannya. 
  • Closed dribbling. Teknik ini dilakukan ketika posisi bola dan pemain berada cukup dekat. Saat melakukannya, pemain harus bisa mengontrol pergerakan bola karena jarak yang dekat. Tapi biasanya, lawan akan berada disekitar pemain untuk merebut bola. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kestabilan bola dan fokus agar tidak direbut lawan. 

Baca juga: Tugas Dan Fungsi FIFA, Suporter Sepak Bola Wajib Baca

Teknik Merebut Bola (Intercepting)

Intercepting (sumber: Pixabay)

Jika kamu ingin merebut bola dari kaki lawan kamu perlu menggunakan teknik ini. Kamu harus bisa membaca pergerakan lawan atau kamu juga bisa menghentikan laju umpan lawan.

Intercepting berguna untuk mempertahankan diri dari serangan lawan. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu yang kamu rebut adalah bolanya, bukan kakinya. Dalam teknik ini, rentan pemain mendapatkan kartu kuning bahkan merah karena ia salah sasaran. Oleh karena itulah, pemain harus pintar dalam membaca pergerakan lawan dan laju bola. 

Teknik Mengoper Bola (Passing)

Passing (sumber: Unsplash)

Berhubung sepak bola merupakan olahraga yang dilakukan secara tim, maka saat bermain pun kamu harus membagi bola dengan tim agar bisa membobol gawang lawan. Passing merupakan salah satu teknik yang ampuh untuk menembus benteng pertahanan lawan.

Teknik ini terbagi menjadi tiga, yaitu passing pendek, panjang, atau through pass, dan jauh, atau bisa dikenal dengan sebutan umpan lambung. Cara melakukannya yaitu dengan cara memposisikan badan menghadap bola menjaga fokus pada tim yang akan kamu berikan bola. Lalu tarik dan ayunkan kaki untuk menendang menuju pemain tersebut. Kamu harus menyesuaikan tenaga kan kamu agar bola bisa sampai kepada pemain yang dioper sesuai jarak. 

Teknik Menyundul Bola (Heading)

heading (sumber: Unsplash)

Selain menggunakan kaki, dalam sepak bola juga diperbolehkan untuk menggunakan kepala untuk mengoper bola. Ini dilakukan saat kamu tidak bisa menangkap bola menggunakan kaki atau posisi bola yang terlalu tinggi. Heading juga bisa kamu gunakan untuk membobol gawang lawan atau ingin memberikan bola kepada sesama tim

Hal yang perlu diperhatikan dalam teknik ini yaitu perlunya mengatur posisi badan dan timing yang pas untuk lompat dan menangkap bola. Gunakan kepala bagian depan atau dahi untuk menyundul bola agar dapat terarah sesuai target. 

Baca juga: Sudah Tahu Penggunaan VAR Sepakbola?

Teknik Lemparan ke Dalam

Throw in (sumber: Unsplash)

Saat bola berada dalam posisi out atau keluar dari lapangan, maka kamu bisa menggunakan teknik ini. Throw in bisa dilakukan dari sisi kiri atau kanan lapangan. Dalam teknik ini, pemain hanya perlu melemparkan bola menggunakan kedua tangan ke dalam lapangan.

Satu hal yang perlu diperhatikan digu pemain yang melempar bola harus menggunakan teknik yang baik agar lemparan sesuai sasaran. Cara melakukannya yaitu ambil bola dan arahkan kaki menghadap lapangan, lalu melengkungkan punggung dan angkat bola yang diawali di belakang kepala. Setelah itu,naikkan ke atas melewati kepala lalu lepaskan bola ke arah depan sesuai dengan target yang telah dibidik.

Teknik Juggling Bola

Juggling (sumber: Pexels)

Teknik ini berguna agar pemain lebih ahli dan lihai saat mengontrol bola yang ada pada dirinya. Juggling dapat diterapkan saat bola menyentuh ujung kaki, lalu mengangkatnya dengan punggung kaki. Cara melakukannya yaitu memegang bola di depan dada, lalu menjaga lutut agar tidak menekuk. Untuk penguasaannya, kamu perlu berlatih secara rutin.

Teknik Menghalangi Lawan

Tackling (sumber: Pixabay)

Menghalangi lawan dalam sepak bola biasa disebut dengan tackling. Teknik ini mirip sedikit dengan intercepting atau merebut bola. Perbedaannya yaitu saat intercepting, kamu mencuri bola dari lawan untuk atau dioper lawan ke timnya. Sedangkan tackling merupakan teknik untuk menghadang lawan agar tidak memasuki area pertahanan. 

Baca juga: Tips Berolahraga Sepak Bola Ketika Umur Memasuki 40 Tahun

Teknik Mengontrol Bola

Kontrol bola (sumnber: Unsplash)

Dalam sepak bola dibutuhkan kontrol bola yang optimal setiap saat. Jika seorang pemain tidak dapat mengontrol bola dengan baik, maka mereka tidak akan maju untuk level sepak bola yang lebih tinggi. Beberapa gerakan yang termasuk dalam teknik mengontrol bola yaitu mengambil operan, melindungi pemain bertahan, dan menggerakkan bola.

Tidak hanya kaki yang harus diutamakan dalam menjaga fokus, tapi juga bagian tubuh lainnya seperti dada, paha, kepala, atau anggota tubuh lainnya selain tangan. Hal ini dikarenakan banyak hal yang terjadi dalam pertandingan sepakbola, dan juga arah bola yang bisa berasal dari mana saja, 

Teknik Menyapu Bola

Menyapu bola (sumber: Unsplash)

Yang terakhir yaitu gerakan menyapu bola. Gerakan ini merupakan salah satu teknik yang cukup tricky bagi pemain karena resiko yang cukup besar. Tujuan dari teknik ini adalah untuk bertahan dari serangan lawan. Tapi jika pemain tidak hati-hati, maka bisa mencederai lawan dan mendapat kartu peringatan. Cara melakukannya teknik ini yaitu, pemain menyesuaikan kecepatan dengan gerakan lawan, lalu menjatuhkan badan sembari meluruskan satu kaki yang digunakan untuk menahan laju bola.

Berapa kemampuan yang harus dimiliki saat menggunakan teknik ini yaitu meluncur untuk menjatuhkan badan ke lapangan sekaligus mendapatkan bola di waktu bersamaan.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang teknik dasar dalam permainan sepak bola. Tentunya sebelum kamu berkeinginan menjadi atlet sepak bola profesional, kamu perlu menguasai teknik teknik di atas.

Jika kamu ingin mengetahui berbagai informasi lain, entah tentang hobi, olahraga, otomotif, atau kesehatan, kamu bisa mengunjungi blog Vocasia yang akan membantumu menggali informasi dan tips lainnya hanya di sini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *