Tanggal:24 July 2024

Ini 6 Cara Hasilkan Konten Youtube Yang Menarik

Pekerjaan Youtuber saat ini bisa dikatakan sebagai pekerjaan utama jika konten video yang kamu hasilkan menarik perhatian. Kreativitas yang terus dituangkan dan diperbarui dalam ini membuat tantangan tersendiri bagi kamu. Jika kamu salah langkah, konten yang kamu hasilkan tidak akan berarti apa-apa alias sepi pengunjung. Untuk itu, sebelum membuat konten pastikan kamu memikirkan konsepnya secara matang agar selanjutnya bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Konten Youtube yang Menarik

Ingin jadi Youtuber dengan konten yang menarik? Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti 6 cara hasilkan konten Youtube yang menarik.

1. Buat Perencanaan Konten

Buat Rancangan Konten agar Menarik. Sumber: pexels.com

Pada perencanaan konten, buat semaksimal mungkin hal-hal yang perlu kamu perlukan serta tuliskan hal-hal yang membuat orang tertarik dengan konten yang kamu miliki. Perencanaan konten bisa kamu mulai dari menentukan tujuan konten video tersebut. Setiap konten punya tujuan yang berbeda-beda misalnya bertujuan untuk meningkatkan engagement maupun brand awareness yang coba kamu tunjukkan dalam konten video.

Ada banyak ide konten yang bisa kamu buat sesuai dengan tujuan perencanaan konten misalnya konten video berupa tutorial, ulasan produk, kolaborasi dengan content creator lainnya, sharing tips dan trik, social campaign, mini web series, dan sebagainya.

Pada perencanaan produk, kamu juga dapat merencanakan target pasar atau audiens yang ingin kamu tuju berdasarkan konten video yang akan kamu buat. Hal ini akan banyak mempengaruhi kontenmu mendatang. Setelah menentukan target pasar yang ingin kamu tuju, buat skrip video. Skrip video dapat digunakan untuk memperoleh konsep yang lebih matang sehingga kamu tidak salah arah dan bisa segera untuk menentukan tempat syuting dan mulai take video.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Yang Menarik di Sosmed

2. Siapkan Alat Produksi yang Menunjang Kualitas Video

Siapkan Alat Produksi Konten. Sumber: pexels.com

Persiapan alat tempur untuk membuat video juga sangat penting. Ketika kamu ingin membuat konten yang menarik, pastikan alat tersebut dapat menunjang konten-konten berikutnya. Untuk itu, kapasitas atau ruang memori pada seperangkat alat yang kamu gunakan harus mencukupi sesuai kebutuhan.

Alat yang digunakan tidak perlu mewah, yang terpenting bisa digunakan dengan baik. Kamu bisa mulai dari kamera ponsel yang kamu miliki yang terpenting hasil video tersebut layak dinikmati oleh pengikut akunmu. Seiring berjalannya waktu, setelah konten mulai berkembang pastikan kamu berinvestasi alat produksi video yang kualitasnya lebih baik. Investasi tersebut tidak hanya membuat kualitas konten yang semakin membaik, tapi juga membuat kamu lebih bersemangat lagi.

Baca Juga: Software Terbaik Gratis untuk Belajar Desain Grafis

3. Proses Edit Video

Edit Video Konten yang Akan Diunggah. Sumber: pexels.com

Proses editing video adalah langkah yang cukup memakan banyak waktu. Setelah melalui proses perekaman video, ada banyak scene yang tidak semuanya bisa kamu gunakan untuk satu konten video. Oleh sebab itu, dalam proses editing kamu perlu menyiapkan banyak waktu, tenaga, serta tuangkan kreativitasmu di sana.

Pada perekaman video perlu kamu perhatikan tentang visualisasi, audio, maupun teks yang perlu dicantumkan. Ketiga hal tersebut jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan banyak berpengaruh pada proses editing. So, pastikan dalam proses ini kamu teliti dan maksimal dalam pengerjaannya.

Baca Juga: Tutorial Edit Video Menggunakan VSCD Free Video Editor

4. Unggah Video dan Optimasi SEO Video

Unggah video dengan mengoptimasi SEO. Sumber: pexels.com

Jangan terburu-buru dalam mengunggah video, kamu perlu pahami cara mengoptimasi SEO Youtube dengan baik. Optimasi SEO Youtube bisa kamu lakukan dengan memperlajari meta description, judul, thumbnaik, dan tag video.

Kolom deskripsi bisa kamu buat secara padat dan singkat.  Selain itu cantumkan CTA (Call To Action) untuk manarik perhatian dan lebih persuasif terhadap pengikut kamu. Optimasi SEO juga dikenal dengan hasil riset yang telah kamu buat berdasarkan keyword yang banyak digunakan. Untuk itu, gali berbagai informasi penggunaan tools SEO Youtube.

Baca Juga: Tools Penting yang Wajib Kamu Kuasai saat Belajar Adobe Illustrator

5. Promosi

Lakukan Promosi ke Sosial Media Lainnya. Sumber: pexels.com

Jangan menunggu viewers pada konten yang berhasil kamu unggah. Kamu perlu melakukan promosi dan tidak duduk diam menunggu viewers dan subscriber menonton video yang sudah kamu unggah. Bisa jadi konten kamu akan tertinggal dengan konten teratas lainnya.

Promosi ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan berbagai sosial media yang kamu miliki. Selain itu, Youtube juga menyediakan promosi gratis untuk mengiklankan video yang telah kamu unggah. Kamu bisa gali dan pelajari promosi di Youtube secara mendalam lagi, ya!

Baca Juga:

6. Analisis dan Evaluasi Konten

Konten yang menarik perlu analisis dan evaluasi. Sumber: pexels.com

Setelah melakukan serangkaian langkah memperoleh konten Youtube yang menarik, jangan lupa untuk melakukan analisis dan evaluasi konten Youtube. Untuk menganalisis kamu dapat memanfaatkan Youtube Analytics. Proses analisis tersebut nantinya akan menginformasikan konten mana yang paling disukai dan tidak disukai. Hal tersebut bisa menjadi bahan evaluasi yang dapat kamu lakukan agar dapat membuat konten video yang lebih baik dan menarik lagi kedepannya.

Jika keenam cara telah kamu lakukan dengan baik, terus gali segala ide dan konten menarik untuk memikat para viewers dan subscriber. Pastikan semuanya kamu lakukan dengan maksimal, ya! Tips lainnya bisa kamu akses lebih lanjut disini. Kamu juga dapat menemukan berbagai pelatihan online dengan klik tautan berikut.

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *