Tanggal:23 April 2024

15 Museum Terbaik di Jogja untuk Tambah Ilmu dan Foto-Foto!

Siapa yang tidak kenal dengan Yogyakarta? Kota yang terkenal dengan gudegnya ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Aneka macam wisata bisa kamu temui di Jogja, mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi yang menyenangkan.

Jika kamu sedang merencanakan liburan dengan wisata edukasi, Jogja akan jadi pilihan yang tepat. Yogyakarta memang dikenal dengan surganya wisata budaya, kuliner, dan juga belanja. Namun, tahukah kamu? Yogyakarta punya banyak museum dan dapat dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi untuk keluarga.

Museum adalah tempat yang mengumpulkan, merawat, menyajikan serta melestarikan warisan budaya. Didasari untuk tujuan penelitian, pendidikan, dan hiburan. Contoh warisan budaya yang sering kita temui di museum adalah patung, tulang, foto foto, dan masih banyak lainnya. 

Menariknya lagi, para pengunjung tidak akan dikenai biaya tiket alias gratis untuk memasuki belasan museum tersebut. Selain itu, museum di Yogyakarta banyak yang sudah berbenah dan menghadirkan fitur canggih pada bagian koleksi mereka agar lebih menarik perhatian para pengunjung, khususnya siswa sekolah. Berikut daftar museum di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi saat liburan secara gratis, lho!

Rekomendasi Museum di Yogyakarta

1. Museum Sandi

Museum Sandi Yogyakarta (@laurentiuslei)

Dalam perjuangan meraih kemerdekaan, sandi merupakan hal penting agar strategi para pejuang tidak terbaca oleh penjajah. Begitu pentingnya warisan sandi ini membuat Lembaga Sandi Negara bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menginisiasi berdirinya Museum Sandi pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. 

Museum Sandi jadi tempat untuk belajar tentang sejarah ilmu persandian tanpa dipungut biaya. Bangunannya yang terdiri dua lantai ini memiliki tangga yang sangat bagus untuk spot OOTD. Di sini, kamu bisa menemukan aneka koleksi mesin sandi buatan Indonesia dan luar negeri, buku sandi, hingga aneka dokumentasi persandian dalam bentuk gambar dan diorama, serta sepeda kurir pengantar sandi rahasia. Kamu juga bisa mencoba untuk membuat dan memecahkan sandi kreasimu sendiri. Asyik sekali, bukan? Jangan terlewatkan ya.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Di Pontianak Yang Wajib Kamu Kunjungi!

2. Museum Benteng Yogyakarta

Nah, kalau museum yang satu ini lebih sering dikenal sebagai Museum Benteng Vredeburg. Lokasinya tidak jauh dari pusat keramaian Titik Nol Kilometer Jogja. Museum ini dahulu merupakan salah satu benteng pertahanan pasukan penjajah.

Dengan mempertahankan bentuk aslinya, bentuk klasik museum ini berhasil mencuri perhatian siapapun yang lewat. Koleksi di dalamnya juga tidak kalah keren dengan museum yang lain. Setidaknya ada empat diorama yang bisa kamu nikmati di dalam museum ini. Berkunjung ke sini pastinya akan menambah pengetahuan tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

3. Museum Monumen Jogja Kembali

Museum Monumen Yogyakarta Kembali (@laurentiuslei)

Monumen Jogja Kembali merupakan penanda sejarah kembalinya kedaulatan Republik Indonesia pada tahun 1949 ketika Jogja masih menjadi ibukota Indonesia. Monumen berbentuk piramida ini dibangun di atas sumbu imajiner yang menghubungkan Merapi, Tugu, Kraton, Panggung Krapyak dan Parangtritis dalam satu garis lurus.

Di bagian dalam monumen kamu bisa menyaksikan aneka koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi perjuangan rakyat Indonesia khususnya Yogyakarta dalam merebut kembali kemerdekaan. Yang unik, di sini kamu bisa menemukan ruang khusus yang diberi nama ruang hening. Ruangan ini berada di lantai empat yang merupakan lantai teratas dan diperuntukkan khusus untuk merenung dan mendoakan para pahlawan yang gugur.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Di Padang Yang Wajib Kamu Kunjungi!

4. Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta (@jogjaseni)

Yogyakarta sebagai salah satu daerah istimewa di Indonesia memang memiliki ciri khas tersendiri karena memiliki Sultan atau Raja sebagai pemimpin. Kekayaan budaya Kesultanan Yogyakarta ini bisa kamu temui di Museum Keraton Yogyakarta.

Museum Keraton terdiri dari empat bagian, yaitu Museum Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Museum Kristal, Museum Batik dan Museum Pameran Lukisan dan Foto. Semua koleksi yang ada di keempat museum tersebut berkaitan erat dengan perjalanan panjang sejarah Keraton Yogyakarta. Di sini, kamu bisa mempelajari budaya Keraton Yogyakarta yang agung dan penuh filosofi.

5. Museum Sonobudoyo

Museum Sendobudoyo Yogyakarta (@lowrobb)

Berbeda dengan Museum Keraton, Museum Sonobudoyo merupakan museum kebudayaan Jawa yang terlengkap kedua setelah Museum Nasional di Jakarta. Jumlah koleksi di museum ini mencapai 43,600 benda bersejarah dalam budaya Jawa yang bahkan setiap tahunnya selalu bertambah, lho!

Buat kamu yang ingin lebih jauh mengenal budaya Jawa bisa berkunjung ke sini, Museum ini terbilang masuk kategori umum, karena yang disimpan dalam museum ini cukup banyak, dapat dikategorikan sebagai berikut: Teknologi, geologi, seni rupa, biologi, keramologi, etnografi, filologika, arkeologi, numismatika dan historika

Museum Sonobudoyo berada di dua lokasi, yaitu di Jalan Trikora dan Alun-alun Utara Keraton Jogja. Di Museum Sonobudoyo Alun-Alun Utara, pada malam harinya diadakan pertunjukan wayang kulit singkat yang menarik untuk disaksikan. Jangan sampai kelewatan ya!

6. Museum Affandi

Museum Affandi Yogyakarta (@ajiaoj)

Siapa sih yang nggak mengenal sosok maestro seni lukis Indonesia, Affandi? Sesuai namanya museum ini menyimpan koleksi-koleksi lukisan  keren Affandi. Di museum ini ada 4 galeri yang memajang karya lukisan Affandi di sepanjang hidupnya. Nggak cuma mengagumi lukisannya saja, pengunjung juga bisa berfoto di berbagai sudut yang Instagramable.

Deretan lukisan atau patung bisa jadi background foto. Letaknya berada di tepi Sungai Gajah Wong atau Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Yogyakarta. Cukup dengan membayar tiket Rp 20 ribu, kamu juga akan mendapatkan bonus minuman dingin.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Papua, Wajib Dikunjungi!

7. Museum History Of Java

Museum History Of Java Yogyakarta (@djarotherdiman)

Sudah berkunjung ke museum dengan bentuk yang Instagramable bernama Museum History of Java? Banyak sekali pengetahuan sejarah yang belum kita tahu. Tidak hanya itu, museum ini memiliki banyak fasilitas canggih. Mungkin bagi sebagian orang yang belum berkunjung mengira bahwa museum ini sama seperti museum yang lain. Tapi ada sisi unik dari Museum History of Java.

Museum ini dilengkapi dengan Augmented Reality teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata. Teknologi tersebut mampu memproyeksikan benda-benda maya dalam waktu nyata. Bukan hanya itu, museum ini juga terdapat ruang audio visual, area selfie dan masih banyak lagi. Museum ini dibanderol Rp 30 ribu per orangnya.

8. Taman Pintar

Museum Taman Pintar Yogyakarta (@rukun_rkn)

Kalau museum biasanya berisi benda-benda bersejarah dari zaman dahulu kala, namun di Taman Pintar kamu bisa menemukan aneka wahana sains terkini yang keren lho. Beberapa diantaranya bisa kamu jumpai di dalam Gedung Oval Taman Pintar.

Di dalam gedung ini kamu bisa menyaksikan berbagai macam pertunjukan sains yang menarik. Ada terowongan ilusi, generator Van De Graaf yang bisa membuatmu rambutmu berdiri hingga simulasi gempa bumi. Seru sekali, bukan?

9. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta (@museumbatikyogyakartaofficial)

Liburan ke Jogja rasanya belum lengkap tanpa membeli batik. Kalau ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah batik kamu bisa datang ke Museum Batik Yogyakarta. Bukan cuma melihat aneka ragam kain batik, di sini kamu juga bisa mengikuti pelatihan membatik dan membuat pola kreasi batikmu sendiri. Asyik, kan?

10. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta (@teropongjogja)

Museum Ullen Sentalu terletak 25 kilometer dari Kota Jogja atau tepatnya berada kawasan Kaliurang, Kabupaten Sleman. Di museum ini banyak menyimpan koleksi bersejarah dari Kesultanan Mataram dan penerusnya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai beberapa jenis batik yang memiliki arti dan makna di setiap coraknya. Bahkan kamu juga bisa belajar bagaimana sejarah dan cara membatik.

Museum Ullen Sentalu terletak 25 kilometer dari Kota Jogja atau tepatnya berada kawasan Kaliurang, Kabupaten Sleman. Di museum ini banyak menyimpan koleksi bersejarah dari Kesultanan Mataram dan penerusnya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai beberapa jenis batik yang memiliki arti dan makna di setiap coraknya. Bahkan kamu juga bisa belajar bagaimana sejarah dan cara membatik.

11. Museum Tembi

Museum Tembi Yogyakarta (@dhrmsp)

Museum Tembi berada di Jalan Parangtritis kilometer 8,4, Bantul Yogyakarta. Tempat ini dibangun untuk memamerkan budaya Jawa. Museum Tembi juga dikenal orang dengan sebutan Rumah Budaya Tembi. Museum Tembi ini sering dijadikan spot untuk banyak pertunjukan seperti wayang, tari, dan pelatihan pranata adicara. Dalam museumnya banyak koleksi peralatan dapur tradisional, gamelan, tempat tidur, hingga berbagai macam batik. Bangunannya yang etnik ini juga dilengkapi dengan fasilitas penginapan dan kolam renang.

12. Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka Yogyakarta (@bakpiatugujogja)

Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman berada di Jalan Bintaran Wetan Nomor 3, Yogyakarta. Tempat ini dulunya merupakan kediaman resmi Jenderal Sudirman, setelah dilantik menjadi panglima. Banyak barang digelar di ruangan pameran yang semuanya pernah digunakan Jenderal Sudirman. 

Kamu bisa menyusuri setiap ruang rumah yang ada seperti, tempat tidur Jenderal Sudirman, ruang tamunya, ruang tidur putra-putrinya, ruang sertifikat dan banyak lainnya. Karena tempat ini ditujukan untuk mengingat perjuangan Jenderal Sudirman, pengunjung dibebaskan dari tiket masuk. Kamu bisa berfoto di megahnya museum yang instagramable ini.

Ternyata wisata edukasi tidak selalu membosankan ya. Dengan mengunjungi berbagai museum di Jogja yang ada di atas kamu bisa liburan sambil tetap menyerap banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Yuk, liburan ke museum di Jogja!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *