Tanggal:28 April 2024

Sudah Tahu Obat Alami Sakit Tenggorokan? Berikut Penjelasannya!

Saat ini, obat sakit tenggorokan dapat dengan mudah ditemukan di mana saja. Bukan hanya di apotek atau toko obat, kamu juga bisa mendapatkan obat sakit tenggorokan di toko kelontong yang ada di sekitar rumah. Namun, terkadang tidak semua obat aman untuk dikonsumsi khususnya dalam jangka panjang. Oleh karena itu, obat alami tanpa bahan kimia dan pengawet bisa menjadi salah satu solusi andalan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat alami sakit tenggorokan yang bisa kamu coba di rumah.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Penyebab Sakit Tenggorokan (sumber: pexels.com)

Sakit tenggorokan adalah salah satu penyakit yang cukup sering dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa. Penyebab sakit tenggorokan sendiri cukup beragam, mulai dari peradangan pada bagian tenggorokan, adanya infeksi, dan lain sebagainya. Menyebalkannya lagi, gejala sakit tenggorokan yang berupa nyeri dan iritasi pada tenggorokan juga seringkali menyebabkan kita kesulitan menelan dan alhasil menjadi malas makan. Hal ini membuat nutrisi dalam tubuh tidak bisa terpenuhi dengan optimal. Maka dari itu, sakit tenggorokan harus cepat-cepat diobati.

Obat Alami Sakit Tenggorokan

Meski sekarang obat sakit tenggorokan sudah banyak model dan bentuknya, obat alami masih menjadi salah satu solusi terbaik untuk membantu mengatasi penyakit ini. Alasannya karena obat alami lebih minim efek samping dibandingkan obat kimia. Selain itu, obat alami juga tidak hanya berguna dalam mengobati tetapi juga bisa dikonsumsi sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat alami sakit tenggorokan yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Madu

Sejak dahulu, madu memang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Rasanya yang enak dan sifatnya yang mudah dicampur dengan berbagai makanan atau minuman lain membuat madu menjadi obat alternatif yang sering diandalkan untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Sementara untuk penyakit tenggorokan, madu yang dicampur ke dalam teh atau dikonsumsi langsung adalah obat rumahan yang umum untuk mengobati penyakit ini. Sebuah studi yang diprakarsai oleh Terveyslinja menemukan bahwa madu bahkan lebih efektif daripada penekan batuk biasa untuk meredakan batuk di malam hari. Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa madu merupakan bahan penyembuh luka yang efektif, artinya dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

2. Berkumur dengan Air Garam

Selain untuk penyedap rasa masakan, garam ternyata juga bisa digunakan sebagai salah satu obat alami penyakit tenggorokan loh! Hal ini karena berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan melarutkan sekresi. Perawatan ini juga dikenal dapat membunuh bakteri di tenggorokan.

Berkumur dengan Air Garam (sumber: pexels.com)

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan air garam tergolong cukup mudah. Pertama, buat larutan garam dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Selanjutnya, berkumurlah dengan air garam untuk mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Kumur air garam ini sebaiknya dilakukan kira-kira setiap tiga jam sekali untuk mendapatkan hasil pengobatan yang terbaik.

Baca juga: Berikut Ini Cara Menghilangkan Cegukan Terus-Menerus!

3. Meminum Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki efek menenangkan secara alami. Chamomile sendiri sudah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk meredakan sakit tenggorokan. Chamomile sering digunakan sebagai pengobatan karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan astringennya. Beberapa studi peer-review telah berhasil menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan.

Minum teh chamomile juga bisa memberikan manfaat yang sama. Chamomile bahkan dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

4. Menggunakan Peppermint

Peppermint telah banyak dikenal karena kemampuan yang dimilikinya untuk menyegarkan nafas. Semprotan dengan minyak peppermint encer juga telah banyak dipercaya bisa meredakan sakit tenggorokan. Hal ini karena peppermint mengandung mentol yang dapat membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Tidak jarang banyak merek pereda pilek dan hidung tersumbat yang menggunakan mentol untuk meringankan pilek dan lendir di hidung.

Baca juga: 16 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami!

Selain itu, peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus yang dapat mempercepat penyembuhan. Namun, perlu diingat bahwa minyak esensial peppermint tidak boleh digunakan tanpa mencampurnya dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun, minyak almond manis, atau minyak kelapa lunak. Untuk minyak peppermint, lebih baik mencampurkan lima tetes minyak esensial dengan satu ons minyak pembawa pilihan kamu. Jangan pernah mengkonsumsi minyak esensial secara langsung.

5. Menggunakan Bawang Putih

Bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang mampu membantu meringankan infeksi pada tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang optimal sebagai obat tenggorokan alami, disarankan untuk mengonsumsi bawang putih dengan cara mengunyahnya.

Saat dihancurkan, bawang putih melepaskan senyawa allicin, yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan merendamnya selama 15 menit. Jika kamu merasa tidak mampu memakannya dalam keadaan mentah, cobalah bahan lain seperti madu, minyak zaitun, atau kamu bisa membuatnya sebagai jus. Namun, perlu diketahui pula bahwa kandungan allicin pada bawang lebih efektif bila dikunyah mentah.

6. Memakan Sup Hangat

Apakah kamu tahu bahwa makanan enak sekalipun bisa dijadikan sebagai obat? Sup panas dengan kaldu ayam atau sapi bisa dijadikan obat alami radang tenggorokan karena makanan panas ini bisa membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

Sup untuk mengobati sakit tenggorokan tergolong sederhana dan enak mengingat makanan ini mudah ditelan meski tenggorokan sakit. Makan makanan yang mudah dimakan seperti sup dapat membantu kamu mengisi kembali nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dan minum lebih banyak cairan untuk mencegah dehidrasi.

7. Teh Hangat

Meminum Teh Hangat (sumber: pexels.com)

Teh panas juga bisa digunakan sebagai obat alami sakit tenggorokan. Minum segala jenis teh panas, baik herbal maupun non-herbal, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Baca juga: Gaji Cyber Security yang Super Menggiurkan!

Salah satu alasannya adalah teh mengandung antioksidan yang disebut-sebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melawan infeksi. Untuk efek terbaik, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh agar manfaat yang kamu peroleh bisa menjadi lebih optimal.

8. Licorice

Obat sakit tenggorokan alami kali ini juga dikenal dengan istilah akar manis. Licorice mampu mengurangi peradangan dan membantu mengencerkan lendir yang sekaligus memungkinkannya menenangkan saluran pernapasan. Kamu bisa menikmatinya dengan mencampurkan licorice dengan teh panas.

Namun perlu diingat bahwa ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan menggunakan licorice sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi dan menimbulkan efek samping pada calon bayi.

9. Berkumur dengan Air Baking Soda

Meskipun obat kumur air asin lebih umum digunakan, berkumur dengan soda kue atau air asin yang dicampur dengan soda kue juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Berkumur dengan larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur dan jamur. National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan untuk berkumur dan mencampurkan dengan lembut kombinasi 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam. NCI merekomendasikan penggunaan kondisioner setiap tiga jam sesuai kebutuhan

10. Air Perasan Lemon

Air lemon adalah minuman menyegarkan yang juga dapat meredakan sakit tenggorokan saat kamu sedang pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan. Minuman ini juga meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir. Menggabungkan lemon dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam mungkin merupakan pengobatan alami terbaik untuk sakit tenggorokan.

Nah, itulah dia beberapa rekomendasi obat radang tenggorokan alami yang bisa kamu coba untuk membantu meringankan sakit tenggorokan kamu. Semoga cepat sembuh ya!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *