Tanggal:22 July 2024

9 Macam Kecerdasan Manusia, Kamu Yang Mana ?

Kecerdasan merupakan anugerah yang diberikan tuhan kepada manusia. Karena kecerdasan merupakan kemampuan kognitif umum yang dibawa individu sejak lahir. Kecerdasan didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk dapat berpikir, memecahkan masalah, memahami ide-ide yang kompleks, dan melakukan pengamatan yang ada di sekitarnya.

Dengan memiliki kecerdasan, setiap manusia dapat berpikir dan bertidak sesuai dengan kemampuannya. Sehingga kecerdasan ini akan membantu seseorang dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Kebanyakan orang menganggap bahwa kecerdasan hanya bedasarkan kemampuan akademik yang mumpuni. Padahal jika dilihat lebih luas ada banyak berbagai bidang di luar akademis yang membutuhkan kecerdasan maupun keahlian yang berbeda-beda dari setiap individu. 

Mengenali kecerdasan diri sendiri, dapat membuatmu mengetahui potensi yang ada di dalam dirimu. Sehingga kamu tahu apa saja kelebihan dan kemampuanmu, serta bagaimana cara kamu mentreatment dirimu dalam proses pembelajaran. Dan dengan mengetahui kecerdasan dirimu, maka ini juga bisa membantu kamu dalam menemukan passionmu baik dalam bidang pendidikan, maupun dalam pekerjaan. 

Menurut Howard Gardner pencetus teori kecerdasan majemuk atau multiple intelligences , ada sembilan macam kecerdasan pada manusia. Kecerdasan itu sangat mungkin untuk dikuasai apabila diasah dengan baik. Untuk itu langsung saja, ini dia sembilan macam kecerdasan manusia yang perlu kamu ketahui. Simak dibawah ini ya!

9 Macam Kecerdasan Manusia

1. Kecerdasan Verbal Linguistik

Ilustrasi Wanita Bekerja(pexels.com/anthony shkraba)

Kecerdasan verbal linguistik diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki individu dalam berpikir dan menyelesaikan masalah, dengan menggunakan bahasa secara efektif, baik bahasa lisan maupun tertulis. Kecerdasan verbal-linguistik melibatkan kemampuan seseorang dalam berbahasa melalui membaca, menulis, berbicara, memahami urutan dan makna dari kata-kata, serta menggunakan bahasa dengan benar.

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini kuat dalam bidang bahasa, mudah mengingat informasi verbal dan tertulis, suka menulis dan membaca, pintar berkomunikasi dan bisa menjelaskan sesuatu dengan baik. Contoh bidang pekerjaan orang-orang dengan kemampuan ini adalah penulis, jurnalis, dan sastrawan.

2. Kecerdasan Logika Matematika

Ilustrasi Matematika(pexels.com/jeshoot)

Kecerdasan logika matematika berkaitan dengan kemampuan mengolah angka dan kemahiran menggunakan logika. Dan juga kecerdasan ini dapat diartikan sebagai kemampuan mengenal warna dan bentuk secara efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelola angka serta menggunakan logika atau akal sehat.  

Kecerdasan ini dikaitkan dengan perkembangan kemampuan berpikir sistematis, menggunakan angka, melakukan penghitungan, menemukan hubungan sebab akibat, dan membuat klasifikasi. Orang-orang dengan kecerdasan ini adalah orang-orang yang memiliki jalan berpikir secara nalar. Karena mereka selalu mempertanyakan penyebab dan akibat dari segala sesuatu yang ada. Contoh bidang pekerjaan yang memiliki keceerdasan ini adalah ahli matematika, ilmuwan, programmer, dan lainnya.

3. Kecerdasan Spasial

Ilustrasi Lukisan Abstrak(pexels.com/steve jhonson)

Seorang ahli yang bernama David F. Lohman menjelaskan bahwa kemampuan visual spasial adalah kemampuan untuk menghasilkan, memelihara, memanggil kembali, dan mengubah imaji visual yang terstruktur dengan baik di otak kita.

Kecerdasan visual-spasial berkaitan dengan kemampuan menangkap warna, arah, dan ruang secara akurat serta mengubah penangkapannya ke dalam bentuk lain seperti dekorasi, arsitektur, lukisan, dan patung. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemapuan untuk berpikir dalam rupa gambar dan foto, untuk memvisualisasikan pikirannya secara abstrak dan akurat.

Kemampuan spasial-visual ini dimiliki oleh arsitek, pelukis, seniman, dan desainer. Penelitian menunjukkan bahwa, seseorang yang melatih diri untuk mengembangkan spasial-visual memiliki kemampuan mengingat (memori) dan penalaran logika yang baik.

4. Kecerdasan Kinestetik Jasmani

Ilustrasi Berenang(pexels.com/guduru ajay bhargav)

Kecerdasan kinestetik jasmani adalah kemampuan untuk menggabungkan antara fisik dan pikiran, sehingga menghasilkan gerakan yang sempurna. Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan menggunakan gerak seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan, serta keterampilan mempergunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu. Orang dengan kecerdasan gerak-kinestetik mampu mengontrol gerak tubuh untuk mengatasi sebuah objek dengan baik. Sehingga orang-orang dengan kecerdasan ini identik dengan profesi atlet olahragawan.

5. Kecerdasan Musikal

Ilustrasi Seseorang Bermain Gitar(pexels.com/pixabay)

Tidak hanya dapat memainkan alat musik atau mendengarkan lagu. Mereka yang memiliki kecerdasan ini juga mampu memahami dan membuat melodi, irama, nada, vibrasi, suara, dan ketukan menjadi sebuah musik. Orang-orang seperti itulah yang memiliki kecerdasan musikal.

Kecerdasan musikal ini berkaitan dengan kemampuan menangkap bunyi-bunyian, membedakan, menggubah, dan mengekspresikan diri melalui bunyi-bunyi atau suara-suara yang bernada dan berirama. Orang-orang dengan keceerdasan musikal identik dengan profesi sebagai seorang penyanyi, pemusik, musisi, serta komponis, dll.

6. Kecerdasan Intrapersonal

Ilustrasi Wanita Tersenyum(pexels.com/chermiti mohamed)

Salah satu bentuk kecerdasan adalah kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan intrapersonal juga diartikan sebagai kemampuan dalam diri untuk mengenali dan memahami dirinya sendiri. Selain itu kecerdasan ini juga membantu seseorang mengenali diri dan batasan dirinya sehingga dapat mengekspresikan diri dengan baik saat interaksi dalam kehidupan.

Kecerdasan ini terletak pada diri seseorang yang ditandai dengan kemampuan untuk memahami diri sendiri, dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Kemampuan yang dimaksudkan adalah kemampuan untuk mengenali kelebihan pada diri, kekurangannya, keterbatasan diri, kecerdasan terhadap emosi atau suasana hati, keinginan, motivasi, maksud dan tujuan, juga mampu menghargai diri, mengendalikan diri.

Seseorang dengan kecerdasan seperti ini adalah mereka yang dapat berkonsentrasi dengan baik. Contoh dari seseorang yang memiliki kecerdasan ini adalah konselor edukasi, dan pengarah.

7. Kecerdasan Interpersonal

Ilustrasi Seorang Wanita(pexels.com/ike louie natividad)

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk menilai dan memahami kebutuhan orang lain, dan bertindak sesuai cara mereka mengatur interaksi dengan seseorang. Beberapa hal yang termasuk kecerdasan interpersonal, meliputi menjalin hubungan baru dengan orang lain, menjalin kerjasama dengan orang lain, kemampuan untuk menginterpretasikan perasaan orang lain melalui bahasa tubuhnya, kecakapan komunikasi, dan empati.

Seseorang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan yang mononjol dalam bidang membangun relasi, dan komunikasi yang baik dengan berbagai orang. Sehingga orang-orang dengan kecerdasan ini identik dengan seseorang yang berprofesi sebagai komunikator, dan fasilitator.

8. Kecerdasan Naturalis

Ilustrasi Zebra(pexels.com/pixabay)

Kecerdasan naturalis berkaitan dengan kemahiran dalam mengenali dan mengklasifikasikan flora dan fauna, serta hal-hal di alam, serta peka terhadap alam dan lingkungan. Tokoh dunia yang terkenal adalah Charles Darwin, yaitu seorang naturalis.

9. Kecerdasan Eksistensial

Ilustrasi Seorang Pria(pexels.com/stefan stefancik)

Kecerdasan ini menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan-persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia.Contohnya persoalan mengapa ada kita di dunia ini, apa makna hidup ini. Tokoh terkenal di dunia yang memiliki keceerdasan ini seperti Plato, Sokrates, Thomas Aquina.

Nah, itu tadi 9 macam kecerdasan manusia. Kamu bisa mulai mengidentifikasi dirimu termasuk kedalam tipe kecerdasan yang mana. Kemudian mengembangkan potensimu sesuai dengan kecerdasanmu. Semoga artikel ini bermanfaat, simak artikel lainnya juga yaa!

vocasia.id

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *