Tanggal:25 April 2024

7 Rekomendasi Pantai di Garut yang Indah, Wajib dikunjungi!

Bagi masyarakat Jawa Barat, objek wisata pantai tidak hanya berada di kawasan Pangandaran saja. Kabupaten Garut pun terdapat beberapa pantai yang sangat eksotis. Pantai di Garut tidak kalah cantik bila dibandingkan dengan pantai Bali ataupun Lombok.

Orang yang berlibur ke Garut umumnya mengincar wisata alam Garut, seperti daerah pegunungan. Padahal, daftar wisata Garut tidak hanya itu saja. Wisatawan bisa datang ke pantai Garut dan menikmati indahnya pemandangan di sana.

Letak wisata Garut satu ini berada di sebelah selatan pulau Jawa. Berbeda dengan pantai utara (pantura), pasir pantai di Garut biasanya berwarna putih, karena berasal dari batuan gunung meletus yang mengandung kapur. Sedangkan warna pasir di pantura adalah hitam, hal ini disebabkan oleh kandungan tanah aluvial. Selain pasirnya berwarna putih, pantai di Garut juga memiliki deretan tebing tinggi dan curam.

Meski begitu, lanskap dari tebing sangat cantik. Untuk mengetahui lebih jauh terkait wisata Garut, khususnya pantai. Pantai-pantai di Garut konon katanya selain indah, juga memiliki kisah mistis hingga mitos yang hingga saat ini masih dipercaya dan terus berkembang dari mulut ke mulut. Berikut destinasi wisata berupa pantai yang ada di Kabupaten Garut, sebagai bahan referensi wisata untuk liburan kali ini.

Rekomendasi Pantai di Garut 

Tidak afdhal jika kamu sedang berlibur ke Aceh tanpa mengunjungi berbagai wisata lautan yang memukau untuk dipandang oleh mata, berikut rekomendasi pantai yang wajib kamu kunjungi:

1. Pantai Santolo

Pantai Santolo Garut (@andrikilua)

Pantai Santolo merupakan objek wisata alam yang memiliki pemandangan pasir pantai yang berwarna putih bersih. Lokasi pantai ini berada di daerah Santolo, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akses menuju lokasi memang cukup menantang karena rute mendekati wisata pantai cukup sempit terutama untuk kendaraan roda empat.

Biaya tiket masuk menuju kawasan wisata memang terbilang murah meriah yaitu Rp3.000-Rp5.000 saja. Tarif tersebut bisa berubah terutama saat weekend atau hari libur nasional. Daya tarik yang paling dominan dari Pantai Santolo sebagai objek wisata di Garut adalah kondisi pasirnya yang berwarna putih dan lembut.

Daya tarik utama Pantai Santolo yaitu pasir putih dan air lautnya yang biru. Perpaduan dari kedua hal ini, bisa membuat siapa saja betah berlama-lama berada di pantai tersebut. Pantai Santolo sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun pasangan.

Baca Juga: Franchise Baso Aci Juara, Jajanan Tradisional Khas Garut

2. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang Garut (@pantaisayangheulang)

Objek wisata Pantai Sayang Heulang adalah salah satu dari sekian banyak pantai terindah di Kabupaten Garut. Layaknya Pantai Santolo, wisata alam ini juga memberikan panorama pasir pantainya yang berwarna putih. Lokasinya berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tarif masuk menuju area wisata terbilang murah meriah. Pengunjung hanya diwajibkan membayar sebesar Rp5.000. Pantai Sayang Heulang buka setiap hari selama 24 jam nonstop. Aneka biota laut dan terumbu karang terlihat cukup jelas dengan mata telanjang.

Itulah mengapa pantai ini sangat menarik untuk kegiatan snorkeling atau menjelajah alam bawah laut. Hanya saja, terdapat aturan yang menjadi standar baju pantai yang harus dikenakan saat snorkeling. Tujuannya agar tidak merusak atau mengganggu keberadaan biota laut tersebut.

3. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu Garut (@sekitargarut)

Pantai Manalusu merupakan salah satu deretan dari Pantai di Garut yang belum diketahui banyak orang. Pantai terletak di Cigadog, Cikelet, Kabupaten Garut. Objek wisata yang disuguhkan pantai yaitu hamparan pasir yang luas, hiasan terumbu karang, air laut yang jernih dan aktivitas para nelayan.

Keindahan alamnya yang masih alami, menjadikan Pantai Manalusu menjadi tujuan wisata bahari lain ketika berada di Garut Selatan. Di sini kamu dapat bermain pasir, dan juga hunting beberapa foto keren dengan latar lautan biru yang indah. Oh iya, Pantai Manalusu juga memiliki spot untuk memancing.

Baca Juga: Mengenal Budaya Jawa Barat Dimulai Dari Rumah Adat Hingga Keseniannya

4. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya Garut (@piknikyukindonesia)

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu destinasi wisata Garut yang memiliki luas mencapai 10 hektar dengan luas kawasan keseluruhan sebesar 1.524 ha. Pantai terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Objek wisata yang disuguhkan yaitu air yang bersih dan jernih dengan deretan pohon kelapa dan pohon ketapang yang begitu memukau.

Selain itu, pantai dengan pasir berwarna hitam ini juga dapat melakukan hiking, trekking dan sightseeing di area pantai. Salah satu daya tarik dari Pantai Rancabuaya ini adalah adanya air terjun yang airnya langsung mengalir ke laut. Tempat makan dan menginap pun gampang untuk ditemui.

5. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha Garut (@jalanjalandijawa)

Puncak Guha terletak tidak jauh dari Pantai Rancabuaya yang tepatnya berada di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Puncak Guha merupakan destinasi wisata pantai yang memiliki gua kelelawar dimana hingga saat ini masih dihuni para kelelawar menghadap Samudera Hindia. Daya tarik pantai yaitu wisatawan dapat menikmati pemandangan laut lepas dengan jangkauan pandang yang luas.

Ditambah dengan gemuruh ombak silih berganti, pasir hitam yang luas dan ombak yang membentur batuan tebing. Karena kamu akan berada di atas tebing, sedang lautnya ada di bagian bawah. Sungguh pengalaman yang berbeda dalam berwisata bahari. Tidak ada cerita bermain pasir, namun dihiasi dengan cerita menikmati deburan ombak yang menerjang batu karang.

Baca Juga: 7 Pantai Di Jogja Ini Wajib Kamu Kunjungi!

6. Pantai Cidora

Pantai Cidora Garut (@aqwamhm)

Pantai Cidora terletak di Purbayani, Caringin, Garut. Pantai Cidora merupakan Pantai di Garut yang bersih dan sepi. Objek wisata yang disuguhkan yaitu keindahan sunset, area memancing, bermain pasir putih dan berenang di pantai. Ombak di Pantai Cidora cukup kencang bahkan masuk kategori berbahaya. Namun kamu masih dapat melakukan keseruan dengan bersantai sambil bermain pasir dan berburu sunset.

7. Pantai Cipunaga 

Pantai Cipunaga Garut (@kuntaditedi)

Pantai Cipunaga merupakan pantai yang masih asri, bersih dan cocok untuk liburan keluarga. Pantai terletak di Kampung Naringgul, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Garut. Daya tarik dari pantai yaitu hamparan pasir putih yang luas, air laut yang jernih, deretan pohon yang rindang, dan bongkahan batu karang yang besar. Pantai di Garut bisa menjadi pilihan wisata liburan kamu bersama keluarga.

Nah, itulah beberapa rekomendasi keindahan laut tempat wisata di Garut yang bisa dikunjungi wisatawan. Pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah meluangkan waktu dan biaya untuk pergi ke pantai-pantai tersebut. Sebab, semua keindahan pemandangan alam di sana akan membayar hal itu semua.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *