Tanggal:26 July 2024

7 Wisata Pantai di Aceh yang Wajib Kamu Kunjungi!

Siapa disini yang menyukai laut? Apalagi berlibur dengan suasana laut tentu membuat pikiran lebih tenang bukan? Mengisi waktu libur dengan menikmati suasana lautan yang sejuk dan segar, salah satunya Aceh yang  memiliki sejuta pesona lautan yang wajib kamu kunjungi tentunya! 

Indonesia memiliki banyak provinsi dan masing-masing provinsi memiliki daya tariknya sendiri. Salah satunya, Aceh menjadi salah satu destinasi yang juga layak untuk kamu kunjungi, lho! Provinsi ini menyimpan keindahan yang banyak orang belum tahu.

Aceh menjadi salah satu provinsi paling ujung di Indonesia. Tepatnya, Aceh berada di provinsi paling barat dan terletak di Pulau Sumatera. Aceh memang terkenal dengan budayanya, seperti Tari Saman yang sudah mendunia. Namun, Aceh juga ternyata memiliki keindahan alam yang tak kalah cantiknya dengan tempat wisata lain, khususnya ketika itu berbicara tentang pantai.

Pesona serambi mekkah tak hanya dari sisi wisata religi saja, tetapi juga keindahan alamnya. Berada di ujung pulau Sumatera membuat sejumlah destinasi wisata pantai di Aceh menarik untuk dikunjungi Pantai menjadi daya tarik istimewa di Aceh. Dengan letak geografisnya yang berbatasan dengan laut, tidak heran ketika garis pantai di provinsi ini cukup panjang dan ini memunculkan banyak pantai yang indah. Jika kamu senang berlibur, berikut adalah beberapa destinasi wisata pantai yang bisa kamu kunjungi di sekitar Aceh.

Rekomendasi Wisata Pantai di Aceh

1. Pantai Pasir Putih Lhok Me

Pantai Pasir Putih Lhok Me Aceh (@jepretan_bangceh)

Pantai Lhok Mee memiliki pasir putih yang indah dan tampak serasi dengan gradasi biru kehijauan pada lautnya. Lokasinya ada di Desa Lamreh, Masjid Raya, Aceh Besar. Obyek wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer (km) dari Banda Aceh. Pihak pengelola pantai menyediakan berbagai fasilitas dan atraksi untuk pengunjung, termasuk jembatan apung dan net voli.

Tersedia sejumlah warung penjual makanan dan minuman yang bisa dijumpai di tempat ini. Selain keindahan tersebut, warna dari air laut di pantai ini juga sangatlah cantik. Warna birunya terasa sangat jernih. Orang akan sangat senang duduk dan bersantai di tepi pantai ini. Lebih lagi, air juga relatif tenang, sehingga cukup aman bila kamu ingin bermain air bersama anak di sekitar pantai.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Fashion Untuk Liburan Ke Pantai, Check!

2. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam Aceh (@demitra.atashi_lubis)

Wisata pantai di Aceh lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Anoi Itam, salah satu pantai yang ada di Pulau Weh. Dikutip dari situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, pasirnya yang berwarna hitam menjadi keunikan pantai ini karena berbeda dari pantai-pantai lain di sekitarnya.

Adapun Anoi adalah nama sebuah desa di pantai itu dan “Itam” artinya hitam, yang merujuk pada pasir di kawasan tersebut yang berwarna hitam sepenuhnya. Selain pasir hitam eksotisnya, pantai ini juga memiliki area terumbu karang yang sangat cantik. Pantai Ini sangat cocok bagi para pecinta keindahan bawah laut. Selain itu, ada juga bunker peninggalan Jepang yang terletak di bukit yang masih dalam satu area dengan pantai ini.

3. Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk Aceh (@nothhnnn)

Pantai Lampuuk adalah salah satu pantai berpasir putih di Aceh dan di sekelilingnya banyak ditumbuhi berbagai pohon cemara. Air lautnya begitu jernih, sehingga pengunjung bisa melihat secara jelas berbagai jenis karang dan ikan yang berlalu-lalang di sekitarnya.

Pantai ini berjarak 17 kilometer ke arah selatan, di pinggiran Kota Banda Aceh dan dapat ditempuh baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Pantai ini terasa sangat cantik dengan lengkungan garis pantainya. Pantai ini menyuguhkan perpaduan air biru yang jernih dan pasir putih yang lembut. Di sekeliling pantai ini, ada juga area tebing serta pepohonan yang tumbuh secara alami.

Baca Juga: 7 Pantai Di Jogja Ini Wajib Kamu Kunjungi!

4. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga Aceh (@achmadi_anggi)

Pantai Sumur Tiga menjadi pantai lain yang juga berada di Pulau Weh. Pastinya, karena lokasinya berada di pulau tersendiri, pantai ini masih terasa sangat alami dan keindahan alamnya benar-benar masih sangat terjaga. Yang menarik dari pantai ini memang namanya. Sesuai nama pantai ini, orang mengatakan bahwa di pantai ini terdapat tiga sumur dan sumur ini merupakan sumur air tawar.

Ini cukup aneh karena sumur sebenarnya hanya beberapa meter saja dari pantai. Selain keunikan karena adanya tiga sumur air tawar, pantai ini pun terkenal sebagai pantai terpanjang di Pulau Weh. Hamparan pasirnya berwarna putih, bersih dan cukup lembut. Keasriannya masih sangat terjaga. Bahkan air lautnya pun jernih dan bening. Pantai Sumur Tiga ini menjadi destinasi favorit untuk para wisatawan.

5. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah Aceh (@discoversabang)

Satu area pulau ini memang menawarkan paket lengkap keindahan pantai. Pantai Rubiah sendiri menawarkan keindahan laut yang terlihat sangat cantik dan jernih. Lokasinya pun ternyata relatif mudah dijangkau. Namun, yang menjadi sangat istimewa adalah kehidupan bawah lautnya. Ini sebenarnya merupakan taman laut dan biota laut di dalamnya sangatlah cantik dan beragam. Tidak heran orang selalu tertarik diving dan snorkeling di pantai ini.

6. Pulau Keluang

Pulau Keluang Aceh (@enjoy_aceh)

Jika mencari tempat wisata pantai di Aceh, jangan lupa memasukkan pulau ini ke dalam daftar. Pulau Keluang berhadapan langsung dengan Gunung Gurute, Kecamatan Jaya, sekitar 78 km dari Banda Aceh ke Lamno. Untuk mencapainya, pengunjung perlu menyewa kapal nelayan milik warga sekitar. Tak hanya menikmati pemandangan alamnya yang memukau, pengunjung juga bisa bermalam di rumah kayu warga sekitar yang tersedia di sana.

Baca Juga: Pekerjaan Di Daerah Pantai? Berikut Macam-Macamnya! 

7. Pulau Palambak

Pulau Palambak Aceh (@lambakk)

Pulau Palambak sangat cocok jika disebut hidden gem alias keindahan yang tersembunyi. Sebab, lokasinya memang berada di pelosok Aceh Singkil dan agak sulit diakses. Perjalanan menuju Aceh Singkil butuh waktu sekitar sembilan hingga 10 jam dari Bandara Sultan Iskandar Muda.

Itu pun, masih harus dilanjutkan dengan perjalanan menyebrang menggunakan kapal feri. Dikutip dari Aceh Tourism yang dikelola oleh Kemenparekraf, pesona air lautnya yang jernih menjadi daya tarik utama pulau yang berada di perairan kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai yang ada di daerah Aceh. Pantai yang ada di provinsi ini sangatlah cantik dan sebagian besar masih sangat asri. Tidak heran ketika airnya masih sangat jernih. Bahkan, beberapa area memiliki biota laut yang sangat terjaga keindahannya.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *