Tanggal:06 May 2024

7 Tugas-Tugas Seorang Content Writer, Pekerjaan Yang Berat?

Di era yang kita sedang jalani ini, teknologi semakin berkembang dan mempengaruhi semua aspek dalam hidup ini, salah satunya lapangan pekerjaan. Contohnya saja posisi content writer yang akan kita bahas kali ini, kamu sudah tahu belum apa itu seorang content writer? Posisi ini sedang populer sekali di perusahaan-perusahaan besar yang ingin sekali mengembangkan website mereka. 

Hal tersebut terjadi karena di era digital yang sudah sangat maju dan pesat ini membuat jabatan dan posisi content writer sangat banyak dan juga diminati oleh para job seeker. Tentu saja, kelihatannya menjadi content writer itu mudah, tetapi hal tersebut hanyalah mitos. Sebagai seorang content writer, kamu harus tahu apa yang kamu lakukan dan bekerja tepat waktu dan selalu siap. Lalu apa saja sih tugas-tugasnya? Yuk kita simak bareng-bareng!

1. Menulis Konten Yang Relevan 

Seorang content writer pastinya harus bisa menulis. Menulis apa saja sih kira-kira? Bisa sebuah artikel, copywriting, dan sebagainya yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tetapi, kamu harus memperhatikan bahwa tulisan yang kamu akan buat harus relevan dengan platform perusahaan. Jangan sampai apa yang kamu tulis berbeda dengan yang diminta oleh perusahaan ya!

Baca Juga: 6 Cara Membuat Konten Yang Menarik Di Sosmed

2. Analisis Data & Informasi 

Kemampuan analisis kamu juga akan digunakan dalam bekerja sebagai content writer. Setiap harinya saat kamu bekerja, kamu akan melakukan banyak analisis data dan informasi sebelum kamu menulis. Jangan sampai kamu tidak suka melakukan hal-hal ini ya, karena sebagai seorang penulis, kamu harus rajin belajar, membaca, dan mencari tahu informasi-informasi yang dibutuhkan saat nanti kamu menulis.

3. Mencari Kata Kunci 

Sebagai seorang content writer, kamu pasti akan diminta untuk membuat artikel. Dalam pembuatan artikel, kamu juga membutuhkan kata kunci untuk dapat bersaing dengan artikel-artikel lain saat pembaca mencarinya di pencarian google. Kata kunci juga sangat berhubungan erat dengan SEO!

4. Mampu Mengedukasi Pembaca 

Tulisan yang telah kamu buat juga harus dapat mengedukasi para pembaca. Pastikan tulisan-tulisan yang kamu buat itu memiliki banyak informasi yang informatif kepada pembaca dan jangan hanya sebuah tulisan yang kurang atau sulit dimengerti. Sebagai seorang penulis, tanggung jawab kamu untuk menyalurkan informasi yang mudah dimengerti dan informatif.

Baca Juga: Hidup Di Era Global, Ini Dia Karakteristik Masyarakat Informasi

5. Menarik Banyak Viewers 

Jika kamu dapat mengedukasi para pembaca, pastinya viewers dari artikel kamu juga akan datang sendirinya. Maka, pastikan bahwa artikel yang kamu tulis benar-benar sangat informatif dan juga mudah dimengerti seperti yang sudah disebutkan pada tugas sebelumnya. Terutama bagi kamu content writer yang bekerja di divisi marketing, harus bisa menarik banyak viewers di artikel-artikel kamu!

6. Mengetahui Bagaimana Cara-Cara Menulis 

Jangan lupa juga bahwa kamu harus tahu bagaimana menulis, terutama menulis sebuah artikel. Posisi content writer ini tidak hanya membutuhkan seseorang yang rajin, disiplin dan lain-lain, tetapi kamu harus tahu bagaimana dasar cara untuk menulis. Jika kamu tidak memiliki itu, maka sangat sulit untuk bekerja sebagai seorang content writer.

7. Menyelesaikan Tugas Dalam Deadline 

Hal yang terakhir ini juga sangat krusial. Dalam pembuatan artikel saja contohnya, kamu pasti akan diberikan deadline yang sangat cepat dari pemberian waktunya. Jadi, pastikan kamu memiliki time management yang sangat bagus agar pekerjaan kamu tidak terlalaikan oleh kemalasan kamu ya!

Buat kamu yang memiliki pekerjaan sebagai content writer, valid gak nih sama tugas-tugasnya?

Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *