Tanggal:10 May 2024
data analytics

Peluang Kerja Digital Marketing, Ada Apa Aja Ya?

Di era yang kita sedang jalani dan hidupi ini, tentunya teknologi dan inovasi-inovasinya selalu berkembang dengan tempo yang sangat cepat. Contohnya saja pekerjaan-pekerjaan yang terkait dengan digital marketing. Hampir setiap perusahaan pasti ingin mengembangkan di aspek marketing mereka yang akan disalurkan melalui digital media. 

Lalu, peluang kerja di digital marketing itu ada apa aja sih? Jawabannya sendiri, sangat banyak. Pekerjaan-pekerjaan ini juga sudah hampir dicari dan diminati banyak job seeker di luar sana. Kira-kira, sudah kebayang tidak nih ada posisi apa saja? Yuk kita cari tahu dan pelajari bersama di list berikut!

1. Copywriter 

Perbedaan dari copywriter sama content writer itu apa sih? Perbedaanya sendiri berada di tujuan dari tulisan tersebut. Untuk copywriter sendiri, cenderung tulisan-tulisan yang dibuat akan seperti menjual. Contohnya saja menjual dan promosi dari produk pada perusahaan. Kira-kira kamu minat gak nih jadi copywriter?

2. Social Media Specialist 

Posisi yang satu ini juga tidak kalah populernya dengan copywriter. Media sosial sendiri sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari, tidak aneh bahwa banyak sekali perusahaan yang sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan media sosialnya. Maka dari itu, banyak sekali sekarang lowongan untuk posisi ini. Tugasnya sendiri? Tentu saja mengurus media sosial!

3. SEO Specialist 

SEO Specialist? Apa sih yang dimaksud dari posisi ini. Kalau kamu pernah belajar, pasti tahu bahwa posisi ini bertujuan untuk memaksimalkan traffic website perusahaan agar masuk ke dalam mesin pencari seperti google dan sebagainya. 

4. CRM (Customer Relationship Management) 

Kalau posisi yang satu ini pasti jatahnya anak marketing banget nih! Bagaimana tidak, tujuan dari posisi ini dalam bekerja adalah untuk mampu dalam berkomunikasi antara pengguna dan perusahaan. Mereka harus selalu menjaga hubungan lama dan membuat hubungan baru dengan pengguna.

Baca Juga: Pengertian Customer Relationship Management

5. Content Writer

Sebelumnya sudah dijelaskan antara copywriter dan content writer dimana perbedaanya. Content Writer sendiri berbeda dengan copywriter, karena tujuannya adalah untuk menulis konten seperti artikel dan tulisan-tulisan yang informatif pastinya. Yang suka nulis, cocok banget sih posisi ini!

6. Content & Social Media Strategist 

Kalau tadi ada Social Media Specialist, ternyata di dunia digital marketing, juga ada lho yang namanya Social Media Strategist. Apa sih maksudnya? Posisi ini bertujuan untuk mengatur dan membuat rencana konten apa yang akan nantinya dibuat dan diunggah untuk divisi Social Media Specialist kerjakan. Jadi, akan sangat penting untuk divisi merancang konten yang nantinya akan diunggah ya!

7. Graphic Design 

Untuk kamu yang suka design, bisa juga kok bekerja di dunia digital marketing. Hal ini terjadi karena graphic design juga dibutuhkan untuk mendesain hasil-hasil yang telah dikerjakan oleh divisi lainnya. Siap-siap sibuk nih kamu kalau nanti kerjanya dalam posisi ini.

Bagi kamu yang minat di bidang digital marketing, jangan lupa dipelajari dan ingat peluang-peluang kerjanya ya!

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *