Tanggal:01 May 2024

Prezi, Rahasia Presentasi Menarik!

Penyampaian informasi melalui presentasi ternyata tidak hanya ditentukan oleh bagaimana seorang presenter membawakan materi. Tetapi, hal tersebut juga ditentukan oleh tampilan visual yang menarik. Janine Kurnoff dan Lee Lazarus (2021) mengatakan bahwa ide yang disampaikan dalam bentuk visual akan diproses lebih cepat dari pada ide yang disampaikan dalam bentuk tulisan atau lisan. Visual dapat memicu emosi dan perasaan. Dan, dari emosi tersebut dapat memotivasi kita untuk bertindak.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu harus bisa merancang slide presentasi se-menarik mungkin! Salah satu aplikasi yang bisa membantumu merealisasikan hal tersebut ialah Prezi.

Baca Juga | Google Slides: Pengertian, Fitur-Fitur, Kelebihan, Dan Kekurangan

Apa itu Prezi?

Prezi diambil dari kata “presentation“. Prezi pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 oleh Adam Somlai-Fischer, Peter Halacsy dan Peter Arvai. Prezi merupakan tool berbasis web yang dapat dimanfaatkan untuk membuat presentasi.

Software ini secara khusus didesain untuk membuat media presentasi yang menarik. Bahkan, Prezi sendiri memiliki gaya presentasi berbentuk storytelling dengan menggunakan teknologi cloud. Kamu dapat mengunduhnya di Windows, MAC, iPhone, dan iPad.

Kamu dapat menggunakan Prezi desktop secara gratis dengan cara mendaftarkan diri untuk lisensi Prezi mana pun. Apabila kamu mendaftarkan diri untuk lisensi berbayar, kamu akan diwajibkan membayar hanya setelah periode trial telah selesai.

Baca Juga | 10+ Cara Presentasi Yang Baik Dan Benar Untuk Menarik Audience

Fitur-Fitur Prezi

Bagaimana? Sudah semakin tertarik untuk menggunakan Prezi? Agar kamu semakin yakin, berikut beberapa fitur unik yang ternyata penting digunakan saat melakukan presentasi.

1. Remote Presenting

Fitur yang pertama adalah Prezi menyediakan fitur presentasi jarak jauh dengan resolusi HD. Kamu bisa menggunakan fitur ini tanpa harus menggunakan software pihak ketiga.

Baca Juga | 10 Aplikasi Presentasi Selain Power Point

2. Audio Narration

Fitur yang paling menarik ialah terdapat narasi audio yang dapat semakin mempermudah kita dalam memahami materi yang sedang dijelaskan. Banyak perusahaan besar yang memanfaatkan fitur ini untuk pengarahan, pelatihan, dan lain sebagainya.

Baca Juga | 7 Cara Bikin Ppt Menarik

3. Tool Analytics

Meski pun terdengar sepele, fitur tool analytics ini ternyata sangat berguna lho! Dengan fitur ini, kamu dapat mengetahui feedback atau seberapa efektif presentasimu terhadap audiens. Hasil analisis tersebut dapat kamu manfaatkan sebagai bahan acuan di presentasi berikutnya agar lebih baik lagi.

Baca Juga | Belajar Mengenal Pentingnya Feedback Dalam Komunikasi

Kelebihan dan Kekurangan Prezi

Kelebihan

  • Mudah dalam hal pembuatan animasi.
  • Terdapat banyak pilihan tema yang bisa diunduh secara online.
  • Memiliki teknologi ZUI yang membuat mode presentasi semakin menarik.
  • Cocok digunakan semua umur.
  • Link dan gambar dapat di-zoom dan dinavigasi dengan mudah.

Baca Juga | Cara Membuat Presentasi PowerPoint (PPT) Di Canva

Kekurangan

  • Sulit untuk memasukkan simbol matematika.
  • Proses instalasi membutuhkan koneksi internet.

Baca Juga | Cara Mudah Membuat Power Point Yang Menarik Dan Kreatif!

Meski pada mulanya Prezi hanya dapat digunakan untuk membuat presentasi, kini Prezi telah menyediakan berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan mempresentasikan informasi. Mulai dari visualisasi data, desain kolaboratif, resume dan portofolio, kartu elektronik, dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan kamu menyesuaikan dengan kebutuhanmu dan tampilkan presentasi sebaik mungkin, ya!

Baca juga | 10 Aplikasi Presentasi Selain Power Point

autocad
belajar photoshop
Kursus desain website HTML CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *