Tanggal:24 July 2024

Apa Itu Webinar? Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Pengertian Webinar

Webinar adalah seminar yang dilakukan secara online. Seringkali, peserta webinar online tidak berada di tempat yang sama, tetapi terhubung satu sama lain melalui aplikasi dengan bantuan internet.

Selain itu, webinar adalah akronim dari kata web dan seminar. Yaitu workshop melalui website atau aplikasi berbasis internet. Teknologi itu sendiri memungkinkan pembicara atau pembicara untuk berbagi informasi mereka melalui Internet atau media elektronik lainnya.

Sebagai perusahaan, Anda juga perlu mempelajari apa itu webinar. Karena ternyata dengan menggunakan pendekatan ini Anda bisa mendapatkan fitur dan keuntungan tertentu untuk bisnis yang Anda jalankan.

Baca Juga | 5 Cara Membuat Webinar Berbayar Yang Banyak Peminatnya

Manfaat Webinar

1. Manfaat bagi Pemasar

Apabila Anda menggunakan apa itu webinar sebagai seorang pemasar yang ingin menjaring leads atau ingin mempromosikan sebuah produk, maka ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Salah satunya, Anda bisa menyebarkan informasi dengan lebih mudah dan cepat.

Berikut adalah keuntungan menggunakan webinar untuk membagikan informasi:

  • Wadah Mengumpulkan Leads

Sama halnya seperti mengumpulkan anggota yang memiliki satu kesamaan, leads yang akan kamu dapatkan merupakan orang-orang yang tertarik dengan tawaran webinarmu. Para “penonton” ini adalah orang-orang yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai informasi yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, perhatikan pemilihan topik.

Baca Juga | Berikut Cara Mempromosikan Webinar Dengan Target Audiens Yang Besar!

  • Membantu Pengumpulan Feedback

Jika kamu ingin mencari tau hasil dari campaign atau promo yang sudah kamu lakukan, kamu bisa memberikan kuesioner melalui webinar. Selain itu, jika kamu sedang membutuhkan inovasi baru untuk bisnismu, kamu bisa pula menggunakan media ini. Persiapkan pertanyaan-pertanyaan yang relevan hingga bisa memberikanmu jawaban atau solusi yang kamu butuhkan.

  • Media Promosi Produk atau Campaign Terbaru

Kamu juga bisa menggunakan webinar untuk membagikan informasi terkait peluncuran produk atau campaign terbaru yang sedang kamu jalankan. Tapi jangan lupa, tetap utamakan kualitas materi yang akan dibagikan dalam seminar. Pasalnya, seminar yang berkualitas adalah ketika seminar tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Baca Juga | Pengertian, Manfaat, Dan Cara Melakukan Marketing Campaign

  • Menunjukkan Keunggulan Bisnis atau Keahlian Brand

Selain membagikan materi yang bermanfaat, kamu juga bisa sambil membagikan informasi mengenai produk yang kamu tawarkan. Meski kamu menyelipkan iklan di tengah materi, tapi ingat lho ya, berikan materi yang bermanfaat juga.

2. Manfaat bagi Peserta

Anda bisa memanfaatkan webinar untuk menambah berbagai ilmu dari beberapa sumber. Anda bahkan bisa menghadirinya secara online dimana pun Anda inginkan. Pasalnya, webinar merupakan cara tepat untuk menggali beragam informasi yang Anda butuhkan. Dengan banyaknya topik yang disediakan oleh pembuat webinar maka Anda tentu bisa mendapatkan informasi dengan lebih mudah dan jelas.

Berikut adalah contoh keunggulan webinar bagi peserta:

  • Pembelajaran Mudah dan Nyaman

Kamu dapat mengikuti webinar dari mana saja, bahkan kamu dapat mendengarkannya sambil bersantai di rumah atau melakukan kegiatan lain.

  • Pilihan Topik yang Luas

Kelas-kelas yang diadakan secara gratis atau berbayar biasanya memiliki jangkauan topik yang sangat luas. Mulai dari topik yang populer hingga topik yang sangat mengerucut, semuanya dapat ditemukan dari berbagai penyedia kelas webinar.

Baca Juga | Aplikasi WFH Yang Wajib Kamu Miliki, Apa Saja Ya?

  • Informasi Gratis dari Pakarnya

Penyelenggara seringkali mengundang para profesional dan ahli di bidangnya masing-masing sebagai pembicara. Tak seperti pendidikan di sekolah atau kampus, pembicara webinar pada umumnya telah memiliki pengalaman lapangan pada topik tersebut, sehingga informasi yang diberikan sangat relevan dan akurat.

  • Sertifikat Gratis

Ada banyak sekali kelas webinar yang juga menyediakan sertifikat gratis kepada pesertanya. Sertifikat kepesertaan yang diperoleh tentunya dapat menjadi bahan untuk memperkuat resume, terutama bagi para fresh graduate.

Baca Juga | 4 Software Pendukung Webinar Terbaik

Contoh Webinar

Sesuai dengan arti webinar, pasti memerlukan bantuan aplikasi berbasis internet untuk pelaksanaannya. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi webinar online yang kerap temui.

1. ZOOM

Satu tahun terakhir aplikasi ZOOM webinar adalah andalan yang dijadikan sebagai sarana beberapa pihak untuk melaksanakan webinar. Aplikasi buatan China ini menyediakan berbagai fitur gratis hingga berbayar.

2. Google Meet

Google Meet adalah platform yang disediakan Google untuk kebutuhan konferensi video yang bisa diakses oleh seluruh pengguna Google. Melalui aplikasi ini, Anda memungkinkan untuk mengumpulkan 100 orang dalam forum.

Baca Juga | Cara Record Google Meet, Gampang Banget!

3. YouTube

Menggunakan fitur siaran langsung atau premiere, perusahaan bisa menyampaikan materi dan menerima tanggapan  secara real time. Berbeda dengan ZOOM webinar dan google meet yang hanya bisa diakses oleh penerima invitation link, jangkauan audiens bisa lebih luas jika memilih YouTube LIVE.

Baca juga | Apa Itu Telegram? Berikut Kelebihannya

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *