Tanggal:17 May 2024
Pengertian marketing executive (rawpixel.com)

Marketing Executive: Pengertian, Tugas, Jobdesc, Gaji

Apa itu marketing executive?

Seorang eksekutif pemasaran adalah seorang profesional yang merencanakan, mengembangkan, dan mengawasi keseluruhan strategi pemasaran dan kampanye untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan perusahaan. Selain mengimplementasikan kampanye pemasaran dari semua jenis, seorang eksekutif pemasaran melakukan penelitian, menghasilkan materi pemasaran, menemukan cara baru untuk memasarkan produk, dan menganalisis laporan kinerja, di antara tugas-tugas terkait pemasaran lainnya.

Biasanya, para profesional ini bekerja di departemen pemasaran perusahaan dan membantu perusahaan menyelesaikan proyek dan tujuan pemasaran mereka. Sementara sebagian besar eksekutif pemasaran bekerja sebagai karyawan penuh waktu, mereka dapat bekerja sebagai pekerja lepas atau karyawan paruh waktu. Beberapa industri umum yang mempekerjakan eksekutif pemasaran adalah media, keuangan, teknologi, ritel, manufaktur, atau industri lainnya.

Baca Juga | Peluang Kerja Digital Marketing, Ada Apa Aja Ya?

Tugas marketing executive

Mengembangkan strategi pemasaran baru adalah bagian penting dari peran tersebut. Untuk berhasil dalam hal ini, hari Anda akan bervariasi dan mencakup banyak riset dan analisis pasar.

Seorang Eksekutif Pemasaran Anda akan cenderung bekerja untuk Manajer Pemasaran dan mencakup berbagai kegiatan sehari-hari. Seringkali salah satu titik kontak pertama untuk klien, ini adalah pekerjaan sosial yang melibatkan menjalin kontak, bersosialisasi dengan pelanggan, dan berjejaring dengan pebisnis lain.

Baca Juga | Terapkan 6 Cara Ini untuk Membangun Hubungan Kerja yang Baik

Tugas marketing executive:

  • Mengembangkan dan meningkatkan strategi pemasaran yang ada
  • Konsultasikan riset pasar untuk menilai tren saat ini dan kesadaran merek
  • Membantu mengatur dan mengimplementasikan riset pasar untuk menghasilkan informasi pemasaran yang relevan
  • Jaringan dengan pemasok, organisasi mitra, kontraktor besar, dan profesional lainnya.
  • Membantu membuat laporan, brosur perusahaan dan materi pemasaran serta literatur terkait
  • Kembangkan inisiatif pemasaran baru seperti media sosial, acara, atau kolaborasi silang untuk memperkuat keterlibatan dengan audiens target
  • Pantau aplikasi branding perusahaan di seluruh materi pemasaran proyek untuk memberikan citra merek perusahaan yang berkualitas secara konsisten
  • Mengawasi semua aktivitas pemasaran, mengambil metrik, dan menulis laporan kinerja
  • Pantau tren pasar, analisis aktivitas pasar konsumen untuk mengidentifikasi peluang
  • Berhubungan dengan tim internal dan eksternal untuk memastikan bahwa tugas diselesaikan dan program disampaikan tepat waktu

Baca Juga | Apa itu Target Market?

Jobdesc marketing executive

Job description marketing executive (pexels.com)

Job description marketing executive (pexels.com)

Eksekutif pemasaran, juga dikenal sebagai petugas pemasaran atau koordinator pemasaran, terlibat dalam mengembangkan kampanye pemasaran untuk mempromosikan layanan, produk, acara, atau kampanye. Sementara pekerjaan seorang eksekutif pemasaran bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran organisasi dan sektor, perannya secara luas mencakup perencanaan, pengorganisasian acara, sponsorship, periklanan, hubungan masyarakat, dan penelitian. Fokusnya bisa pada penjualan produk, layanan, atau peningkatan kesadaran akan masalah yang memengaruhi publik.

Baca Juga | Ini Lho 10 Pekerjaan yang Akan Muncul di Masa Depan!

Perkiraan gaji marketing executive

Rata-rata gaji marketing executive di Indonesia berada di kisaran antara Rp 5,5 juta hingga Rp 15 juta untuk level senior.

Namun, kisaran gaji marketing executive yang mungkin kamu terima nanti bisa jadi akan berbeda dan dapat meningkat seiring pengalaman dan kualifikasi yang kamu miliki.

Tanggung jawab marketing executive

Eksekutif pemasaran mengawasi banyak aspek kampanye sepanjang masa pakai produk, layanan, atau ide. Karena itu, para eksekutif cenderung memiliki tanggung jawab yang besar sejak awal dan akan diminta untuk mengatur waktu dan tugas mereka sendiri. Tanggung jawab ini dapat mencakup:

Bergantung pada ukuran dan jenis pemberi kerja, seorang eksekutif pemasaran mungkin atau mungkin bukan peran tingkat pemula atau lulusan. Lulusan cenderung bergabung dengan usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai eksekutif. Di organisasi yang lebih besar, eksekutif dapat bekerja sama dengan lebih banyak asisten pemasaran junior dan koordinator pemasaran. Mayoritas skema lulusan khusus pemasaran juga akan mempekerjakan lulusan ke dalam peran eksekutif.

Baca Juga | Simak Apa itu Marketing Beserta Jenis-Jenisnya?

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *