Tanggal:05 May 2024

7 Sertifikasi Penunjang Karier Digital Marketing yang Perlu Dimiliki!

Saat ini bisnis dan ekonomi berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi digital. Banyaknya perusahaan yang sudah menyadari perkembangan bisnis secara optimal bisa dengan melakukan strategi digital marketing. Tidak sedikit perusahaan yang malah salah menerapkan strategi dan gagal dalam berbisnis. 

Untuk menghindari hal tersebut, karyawan perlu dibekali kemampuan yang membuktikan bahwa digital marketing dapat membuat peningkatan pada perusahaan. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki sertifikasi profesional yang digunakan untuk membangun karier karyawan agar ahli dalam bidang tersebut.

Sertifikasi dapat mengukur sejauh mana kemampuan digital skills yang karyawan miliki. Selain itu, sertifikasi juga merupakan cara untuk karyawan mengikuti teknologi digital dan cara marketing yang tepat agar tetap relevan. 

Baca juga: Pengertian dan Tujuan Pelatihan Kerja pada Karyawan

Sertifikasi yang Dibutuhkan oleh Digital Marketing

Sertifikasi Digital Marketing. Sumber: unsplash.com

Digital marketing adalah salah satu bidang yang menawarkan berbagai sertifikasi sebagai akselerasi karier. Dengan memiliki sertifikasi profesional dapat menunjang pekerjaan dan jenjang karier yang cemerlang. 

Jika kamu bekerja dalam bidang digital marketing, sertifikasi profesional ini sangat cocok kamu ikuti untuk memahami penggunaan platform digital yang sesuai dalam memasarkan produk beserta analisisnya.

Beberapa sertifikasi di bawah ini dapat menjadi pertimbangan kamu khususnya yang bekerja di bidang digital marketing.

Baca juga: Prinsip UX Design

1. Google Analytics Individual Qualification

Sertifikasi Google Analytics Individual Qualification dilakukan dengan menguji kemampuanmu dalam memahami Google Analytics secara mendalam. Google Analytics sangat diperlukan dalam menganalisis performa strategi marketing dalam perusahaan.

Hal tersebut membuat kamu cakap dalam membuat strategi yang efektif untuk setiap strategi marketing. Sebelum mengikuti sertifikasi ini, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu materi kursus Google Analytics for Beginners dan Advanced Google Analytics.

Kursus ini hadir secara online dan dapat diakses secara gratis. Google Analytics Individual Qualification membutuhkan durasi ujian selama 90 menit dan harus mencapai skor setidaknya 80% untuk mendapatkan sertifikat.

Baca Juga: Pengertian Google Analytics dan Cara Penggunaannya

2. Google Ads Certification

Google Ads Certification dapat membantu kamu dalam memahami berbagai tools Google yang digunakan untuk suatu campaign. Google Ads Certification berfokus pada topik-topik yang lebih luas mengenai Google Ads.

Sertifikasi ini tidak dipungut biaya sedikit pun alias gratis dan sebaiknya kamu mengikuti kursus pada situs yang sama untuk mempelajari materi terlebih dahulu. Dengan mengikuti sertifikasi ini kamu akan memahami tentang value proposition sebuah iklan digital, cara membangun campaign, hingga mengukur metrik dari iklan yang dijalankan.

Baca juga: Jenis-jenis Iklim di Dunia

3. Google Digital Garage

Sertifikasi ini cukup penting bagi kamu yang benar-benar ingin membangun bisnis online dari nol. Google digital garage membantu kamu dalam memahami kesempatan di dunia online, langkah awal sukses berbisnis online, cara membuat website, SEO, content marketing, mengubah data menjadi insight penting hingga langkah-langkah mengekspansi bisnis ke internasional.

Kursus terdiri atas 26 topik serta terakreditasi oleh Interactive Advertising Bureau Europe and The Open University. Setiap modul bisa diikuti seperti sertifikasi sebelumnya. Namun, dalam sertifikasi ini durasi untuk mengerjakan ujian cukup singkat yaitu harus diselesaikan dalam waktu 40 menit.

4. Facebook Blue Print

Menjadi salah satu media sosial terbesar dengan memiliki banyak pengguna, Facebook menyediakan sertifikasi yang dikenal dengan Facebook Blueprint. Terdapat tiga jenis yang bisa kamu pilih di antaranya Blueprint eLearning, Blueprint Certification, dan Blueprint Live.

Peserta dapat secara bebas memilih tema yang dipelajari, misalnya digital planner, data driven, brand marketer, creative and strategic planner, dan lain-lain. Namun, sebelum memulai pembelajaran peserta harus memilih dua sertifikasi yang ditawarkan yakni Facebook Certified Planning Professional atau Facebook Certified Buying Professional.

Baca juga: Ciri-ciri Negara Agraris

5. Hubspot Academy

HubSpot adalah salah satu platform di internet yang memiliki tools terlengkap dan cocok bagi para digital marketer. HubSpot menyediakan mulai dari kebutuhan marketing, sales hingga services.

HubSpot Academy menawarkan kelas dan kursus digital marketing online secara gratis yang dikemas dengan tampilan sederhana dan praktis. Setiap tahun, HubSpot menyediakan sertifikasi terbaru yang disesuaikan dengan tren digital marketing yang populer khususnya dalam sales dan marketing. 

6. SEMrush Academy

SEMRush Academy menyediakan kemampuan digital marketing dalam berbagai tools marketing, mulai dari SEO, SEM, PPC, content marketing hingga sosial media.

SEMrush Academy terdiri lebih dari 30 kursus gratis dan ujian sertifikasi dalam Bahasa Inggris yang membantu kamu memiliki keterampilan digital marketing terkini sehingga dapat meningkatkan nilai CV dan profil LinkedIn. SEMRush Academy juga menghadiri pembicara yang andal di antaranya Greg Gifford, Neal Schaffer, Bastian Grimm, Ashley Segura, Joel Bondorowsky dan Jose Fachhin.

Sertifikasi penting yang mesti diambil dalam SEMRush Academy adalah competitive research dan keyword research. Dua hal tersebut sejalan dengan kepopuleran SEMRush sebagai tools riset.

7. Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan lembaga nasional di Indonesia yang bertanggung jawab mengeluarkan sertifikasi bagi berbagai profesi. Sertifikasi digital marketing juga turut dihadirkan dan dapat diikuti mulai dari lulusan SMA (atau sederajat) hingga pekerja profesional di bidang digital marketing.

Tercatat pada bulan Mei 2021, sertifikasi ini dikenakan biaya sebesar Rp1,5 juta untuk personal dan dikenakan biaya Rp1 juta jika diikuti secara kolektif tergantung durasi waktu yang kamu ambil dengan catatan harga dan ketentuan sewaktu-waktu bisa berubah. Sertifikasi ini memiliki masa berlaku selama tiga tahun.

Baca juga: Cara Membuat Desain Stempel di Corel

Itu dia penjelasan mengenai sertifikasi yang perlu diambil oleh kamu yang tertarik di bidang digital marketing. Sertifikasi ini bisa kamu pertimbangkan lebih lanjut untuk meningkatkan keahlian khusus dalam bidang digital marketing. Tidak perlu khawatir soal biaya karena beberapa diantara sertifikasi di atas tidak dikenakan biaya sedikit pun. 

Untuk membaca artikel menarik lainnya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki, cukup dengan klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna!

Vocasia adalah platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Selain itu, dengan bergabung bersama Vocasia tentunya kamu akan berkesempatan untuk belajar banyak bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran harga khusus di Vocasia yang terjangkau untuk kamu yang ingin segera mengikuti berbagai kelas online dan mahir dalam berbagai bidang! Segera temukan kursus terbaru yang berkaitan dengan digital marketing yang pastinya cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Perbedaan Parenting ala Barat dan Timur

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *