Tanggal:30 April 2024

7 Prospek Kerja Sosiologi

Buat kamu yang saat ini sudah melewati masa SMA dan ingin melanjutkan ke jenjang kuliah, maka kamu sebaiknya memikirkan dengan seksama jurusan atau program studi apa yang ingin diikuti ketika kuliah. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah selain dari minat bakat kamu yaitu bagaimana peluang karir dari jurusan tersebut.

Jika kamu berminta kuliah di salah satu jurusan kelompok soshum, mungkin jurusan sosiologi bisa menjadi salah satu opsi yang cocok buat kamu.

Jurusan sosiologi ini mempelajari ilmu tentang sosial budaya, politik, ekonomi, lingkungan, pendidikan, pembangunan, sastra hingga organisasi. Maka dari itu orang yang lulus dari jurusan ini cenderung memiliki pemikiran yang luas.

Lebih tepatnya kamu akan banyak mempelajari bagaimana dinamika sosial dari perilaku masyarakat luas dari berbagai fenomena sosial. Dengan luasnya cakupan ilmu yang akan dipelajari, lulusan sosiologi memiliki peluang karir yang cukup merata.

Jika kamu salah satu orang yang tertarik seputar sosiologi atau saat ini sedang berkuliah di jurusan sosiologi, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas apa saja prospek kerja yang dimiliki oleh seorang lulusan program studi sosiologi.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

1. Pekerja sosial

Dengan luasnya wawasan serta cakupan ilmu dari bidang sosiologi maka sudah sewajarnya seorang lulusan sosiologi sering berkecimpung di kegiatan pengabdian masyarakat. Ilmu sosiologi itu sendiri sangatlah penting dalam menangani berbagai permasalahan dan persoalan yang menimbulkan konflik di masyarakat.

Salah satu lembaga yang biasa menerima tenaga kerja lulusan sosiologi untuk menampung pengabdi sosial yaiitu lembaga swadaya masyarakat (LSM)

Profesi dosen

Profesi dosen – @pexels.com

2. Pengajar

Tenaga pengajar salah satu peluang karir dari lulusan sosiologi, apalagi jika kamu memiliki cita-cita menjadi seorang guru atau dosen. Lulusan sosiologi yang ingin menjadi seorang tenaga pengajar sangat disarankan memiliki kemampuan tambahan seperti public speaking dan menulis yang baik.

Kamu bisa menjadi tenaga pengajar di universitas tempat kamu kuliah atau di sekolah tempat kamu menempun SMA atau SMP terdahulu hingga menjadi tenaga pengajar di lembaga bimbingan belajar.

Baca juga :

6 Syarat Jadi Dosen

6 Keahlian Yang Harus Dimiliki Seorang Guru

3. Manajemen sumber daya manusia

Tidak hanya lulusan psikologi yang cocok bekerja di posisi ini, melainkan juga lulusan sosiologi memilki peluang yang besar berkarir di divisi human resource.

Manajemen sumber daya manusia akan bertanggung jawab dalam mengamati dan memberikan solusi akan masalah yang ada di perusahaan, mengembangkan kualitas tenaga kerja dan mengatur upah karyawan perusahaan.

Selain manajemen sumber daya manusia, kamu juga bisa menempati posisi menjadi PSDM atau managemen trainee.

Profesi Jurnalis (pexels.com/redrecords)

Profesi Jurnalis (pexels.com/redrecords)

4. Jurnalis

Kemampuan seperti melaporkan data, melampirkan data serta menulis merupakan modal penting untuk menjadi seorang jurnalis. Lulusan sosiologi dengan kemampuannya dalam melakukan riset sangatlah berguna dalam dunia jurnalistik.

Pegawai Negeri Sipil - @sscasn.bkn.go.id

Pegawai Negeri Sipil – @sscasn.bkn.go.id

Baca juga :

8 Syarat Dalam Menulis Judul Berita, Calon Jurnalis Wajib Tahu!

Mengenal Profesi Jurnalis, Pengertian, Tugas, Skill Dan Gajinya

5. PNS

Kesempatan menjadi pegawai negeri sipil juga sangatlah terbuka lebar bagi para lulusan sosiologi. Mengingat kemampuan dalam bekerja secara struktural, analisis yang baik serta pengetahuan bagaimana mendekatkan diri dengan masyarakat merupakan modal penting bagi lulusan sosiologi jika berminat menjadi PNS.

Beberapa kementrian yang membutuhkan lulusan sosiologi di antaranya adalah kementrian sosial, kementrian desa, kementrian hukum dan pertahanan dan masih banyak lagi kementrian lainnya.

Baca juga :

5 Tips Lolos Seleksi SKD Dan SKB CPNS Yang Harus Kamu Tahu!

6 Tips Lolos Seleksi Administrasi Pendaftaran CPNS

6. Peniliti sosial

Jika kamu merupakan orang yang suka meneliti dan memiliki pengalaman dalam meniliti, menjadi sorang peniliti sosial merupakan pilihan karir yang tepat sekaligus dengan menjadi peneliti sosial kamu akan terus mengembangkan ilmu sosiologimu.

Tak jarang peneliti sosial menjadi seorang dosen juga di salah satu universitas.

7. Pemasaran

Tak hanya membaca karakteristik masyarakat, namun seorang lulusan sosiologi juga memiliki kemampuan dalam memahami karakteristik konsumen perusahaan.

Maka dari itu profesi sebagai tim pemasaran suatu perusahaan merupakan pilihan karir yang tepat bagi seorang lulusan sosiologi. Dengan ilmu sosiologi kamu akan lebih mudah mendekatkan diri dengan para pelanggan maupun calon pelanggan konsumen.

Baca juga :

7 Tips Pemasaran Digital Untuk Bisnis Kecil

10 Strategi Pemasaran Di Era Digital

Demikian 7 prospek kerja sosiologi, semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *