Tanggal:15 May 2024

Publisitas: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Dalam dunia bisnis, brand awareness sangat penting diketahui khalayak luas. Identitas brand menjadi kesadaran bagi konsumen untuk mengenalinya. Kamu pasti menginginkan semua orang mengenal lebih dulu akan brand yang dipasarkan. Hal tersebut bisa kamu raih dari aktivitas publisitas. Publisitas menjadi sarana utama memperkenalkan identitas brand di ranah pasar. Kamu bisa menerapkan publisitas di berbagai tempat publikasi. Namun, apakah kamu tahu pengertian dari publisitas? Publisitas adalah kegiatan meningkatkan kesadaran dari seseorang, produk, atau layanan agar diperhatikan oleh banyak orang. Ia erat kaitannya dengan brand awareness agar produk atau jasa yang ditawarkan ramai dilirik orang.

Publisitas sangat penting dilakukan agar produk atau jasa terus diingat di benak konsumen. Menariknya, saat kamu melakukan publisitas hanya membutuhkan dana yang lebih kecil dibanding memasang sebuah iklan. Kamu bisa mempublikasikan beragam informasi produk atau jasa di berbagai platform publikasi. Berbeda dengan iklan yang terbilang sangat mahal untuk dilakukan sebagai strategi pemasaran. Melalui publisitas, kamu juga bisa menanamkan ingatan kuat di benak konsumen sepanjang waktu. Pasalnya, informasi yang dipublikasikan mampu bertahan lama dan dapat dipelajari ulang oleh konsumen. Yuk, perdalam pengetahuan kamu mengenai publisitas.

Baca Juga | Cari Tahu Pengertian, Jenis Dan Contoh Press Release!

Manfaat Publisitas

1. Membangun kredibilitas

Ilustrasi Terciptanya Kepercayaan Produk (pexels)

Membangun kredibilitas perusahaan adalah hal yang perlu dilakukan. Kredibilitas menyangkut kepercayaan dan citra yang harus terus dibangun. Kamu bisa memanfaatkan publisitas bisnis sebagai sarana membangun kepercayaan publik. Pasalnya, semakin baik kredibilitas yang dimiliki, tentu akan semakin mudah menarik konsumen potensial. Membangun kepercayaan layaknya membangun sebuah perusahaan baru. Kamu membutuhkan usaha lebih untuk menciptakan kesadaran brand dan keyakinan konsumen akan produk. Namun, melalui publisitas yang bersifat informatif semuanya akan lebih mudah tercapai. Bagi produk yang masih baru dirilis, publisitas harus dilakukan agar segera dikenali berbagai kalangan. Semakin sering terlihat oleh publik, produk akan semakin mudah diingat dan terlihat kredibel di mata konsumen.

Baca Juga | 5 Cara Membangun Kredibilitas Bisnis, Dijamin Efektif!

2. Bisnis menjadi perhatian publik

Ilustrasi Pencarian Produk (pexels)

Publisitas mampu membuat bisnis menjadi perhatian publik. Melalui sarana publikasi, publik akan lebih sering memperhatikan informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Terlebih saat kamu menggunakan platform media sosial dengan jangkauan luas. Berbagai kalangan di belahan dunia akan menjadi satu kesatuan. Kamu hanya perlu mengeluarkan usaha lebih dalam produksi konten yang menarik saja. Tujuannya agar brand mudah dikenal dan menjadi perhatian publik. Brand juga akan diperhatikan saat kamu mampu membuat konten yang unik dan mudah diingat. Oleh karena itu, pemilihan platform untuk melakukan hal yang satu ini sangat perlu dipikirkan dengan baik-baik.

Baca Juga | 7 Cara Membuat Brand Identity

3. Meringankan biaya pemasaran

Ilustrasi Keuangan (pexels)

Publisitas memiliki biaya pemasaran yang lebih sedikit. Kamu bisa menggunakan strategi ini agar semakin terstruktur dalam pengelolaan dana. Publisitas hanya perlu informasi produk atau jasa yang menarik dan sangat informatif. Detail akan produk menjadi sarana ampuh melakukan publikasi. Kamu pun tak perlu khawatir akan durasi publikasi. Hal itu karena sifatnya yang mengikat pada suatu media dan bisa bertahan sangat lama. Berbeda dengan iklan yang memiliki durasi waktu tertentu dan biaya yang cenderung mahal. Kamu bisa memanfaatkan publisitas menjadi cara ampuh memperkenalkan brand ke khalayak luas.

Baca Juga | Apa Itu Biaya Pemasaran? Berikut Pengertian, Jenis, Fungsi, Dan Contohnya

Jenis Publisitas

1. Press release

Press release atau siaran pers umumnya digunakan oleh profesi public relation. Namun, kamu juga bisa menggunakan publisitas jenis ini dalam dunia bisnis. Pembuatan press release dimanfaatkan sebagai cara termudah untuk melakukan publisitas. Perusahaan bisa mengirimkan press release yang berisi peluncuran produk baru atau event penting yang telah dilakukan. Buatlah press release yang singkat dan berisi informasi terpenting. Setelah itu, distribusikan hal tersebut ke berbagai media. Media akan menjadi saluran tercepat yang menghubungkan beragam kalangan. Kamu pun memiliki peluang lebih dalam usaha memperkenalkan bahkan promosi tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir

2. Media sosial

Jenis publisitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melalui media sosial. Di era seperti sekarang, media sosial bukanlah media asing yang tak akrab di telinga khalayak. Kamu pun tentu saja kerap menggunakannya pada aktivitas keseharian. Platform media sosial bisa kamu gunakan sebagai sarana publisitas karena memiliki jangkauan luas. Beberapa platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga TikTok bisa menjadi tempat paling tepat untuk mengenalkan produk. Jangan lupa sajikan konten yang edukatif dan menarik. Tujuannya agar bisnis kamu mendapatkan kepercayaan dan citra positif dari publik.

Baca Juga | Pengertian Sosial Media Marketing Beserta 5 Manfaatnya

3. Product placement

Product placement juga bisa menjadi salah satu cara yang ampuh meningkatkan kesadaran publik terhadap produk. Hal ini bisa dilakukan dengan mengirimkan produk gratis kepada influencer, blogger, atau media supaya produk kamu bisa di-review. Review produk yang dilakukan seorang tokoh idola tentu saja lebih mudah menarik perhatian. Kamu pun bisa memanfaatkan kesempatan emas ini, ya. Buatlah materi review secara informatif dan unik atau berbeda dari yang lain. Materi review tersebut akan mencerminkan jati diri produk yang dipasarkan. Publik akan cenderung mudah percaya dengan suatu produk saat telah diulas oleh seseorang yang dikenalnya.

Baca Juga | Public Relation: Pengertian, Tugas, dan Fungsinya

4. Melakukan partnership

Mencoba melakukan partnership atau kolaborasi dengan brand lain memang memiliki segudang manfaat. Cara yang satu ini akan membuat produk bisa dikenal audience lebih luas. Kamu bisa menggunakan kolaborasi sebagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan. Tentu saja diiringi dengan pembagian keuntungan yang sudah disepakati diawal. Kolaborasi ini pun bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya membuat produk limited edition hingga membuat bundling produk dari dua brand. Kamu dan pihak satunya akan merasa saling diuntungkan dan mencapai tujuan brand secara lebih mudah.

Nah, itulah pemaparan mengenai publisitas. Kamu bisa menerapkannya dalam kegiatan pemasaran, ya. Jangan lupa untuk memahami jenis-jenisnya lebih dulu. Kemudian pilih sesuai tujuan yang hendak kamu capai. Publisitas sangat penting dilakukan agar bisnis bisa semakin diingat di benak konsumen. Publisitas juga akan menimbulkan rekam jejak yang baik dan bisa diakses oleh siapa saja.

Baca Juga | Definisi Partnership Beserta Cara Kerjanya

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *