Tanggal:16 May 2024

8 Rekomendasi Film tentang Bisnis yang Inspiratif

Dalam membangun bisnis, pasti kita membutuhkan ide kreatif dan pengetahuan yang luas karena membangun sebuah bisnis merupakan hal yang sangat tidak mudah. Oleh karena itu, sangat wajar apabila banyak orang yang gagal dan ingin menyerah dalam membangun bisnis mereka.

Hal tersebut dalam membangun bisnis butuh inspirasi kuat yang bisa diperoleh dari berbagai sumber, salah satunnya film. Film yang bukan hanya tentang hiburan, tapi bisa juga sebagai media yang menginspirasi banyak orang. Menonton film tentang bisnis tentu akan memberikan pengalaman baru untukmu.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan kisah-kisah inspiratif dari para pebisnis sukses dan ini juga dapat menjadi pacuan semangat dan pantang menyerah untuk memulai usaha. Berikut 8 Rekomendasi fim tentang bisnis yang inspiratif.

1. The Persuit of Happiness

vidio.com

Film yang dirilis pada tahun 2006 ini, diambil dari kisah nyata seorang pengusaha sukses di Amerika bernama Chris Gardner. Diperankan oleh Will Smith, film ini menceritakan Chris seorang salesman yang nekat membeli franchise alat scanner tulang untuk dijual kembali. Sayangnya produk yang ia yakini bagus itu tidak laku karena harganya terlalu mahal. 

Crish harus rela dengan kerugiannya, kehilangan rumah, uang, bahkan ditinggalkan oleh istrinya. Chris dan anaknya Christopher terpaksa menjadi gelandangan yang tinggal di jalanan hingga toilet umum. Meski terpuruk, semangat Chris yang tidak pantang menyerah untuk memulai karier sebagai pialang saham.

Dari sinilah perjuangan Chris untuk mencapai kesuksesan dimulai. Beberapa hal yang bisa kamu petik dari film ini adalah tentang pentingnya berusaha dengan tekun meski dalam keadaan sulit sekalipun.

2. The Founder

imdb.com

Film selanjutnya adalah The Founder, yang mengisahkan kesuksesan Ray Kroc seorang pendiri restoran cepat saji yang terkenal di dunia. Film ini diperankan oleh Michael Keaton yang menceritakan kesuksesan seorang pendiri restoran cepat saji yang saat ini terkenal di dunia.

Kisah ini berawal dari perjalanan seorang Ray Kroc, sales keliling yang selalu gagal menjual produknya. Ray kemudian mengamati cara kerja sebuah restoran yang dianggap tidak efisien. Kemudian, Ray bertemu dengan pendiri restoran cepat saji terkenal yang membeli produk tempat Ray bekerja.

Dimulai dari sini, Ray berhasil mengembangkan bisnis restoran cepat saji berkat kegigihannya. Meskipun sempat mengalami berbagai persoalan. Hal yang bisa kita pelajari dari kisah ini adalah perjalanan seorang yang visioner dalam membangun bisnis. Meskipun menemui hambatan, pebisnis haruslah terus berinovasi dan memecahkan setiap masalah dengan tenang.

3. Steve Jobs

Grid.ID

Siapa yang tak kenal Pendiri Apple inc ini? Film yang diliris pada tahun 2015 ini, menceritakan kisah Steve Job merangkak dari bawah untuk menapaki jalan kariernya hingga mendirikan Apple Inc. Dibintangi oleh Michael Fassbender, film tentang bisnis ini mencakup kehidupan Steve saat ia harus dikeluarkan dari kampus karena masalah biaya. 

Meski begitu, Steve tetap bisa ikut mata kuliah yang ia sukai atas izin dekannya di kampus. Steve juga mengalami masa rentan di mana ia terjerumus pada narkoba dan berkelana ke sana ke mari. Steve pernah bekerja di beberapa perusahaan pembuat game dan mulai mengembangkan komputernya sendiri sebelum lantas menjadi cikal bakal Apple Inc.

4. The Social Network

rottentomatoes.com

Siapa yang tak kenal Mark Zukcerberg? Ya, seorang pendiri Facebook yang kisah hidupnya diangkat menjadi sebuah film berjudul The Social Network. Film yang diliris pada tahun 2010 ini, mengisahkan perjalanan bisnis Facebook ketika Mark masih menjadi mahasiswa.

Film yang disutradarai oleh David Fincher ini menggambarkan berbagai persoalan, konflik, dan tantangan dalam membangun bisnis teknologi. Berbagai permasalahan dalam bisnis seperti plagiarisme hingga konflik internal lain diceritakan dengan baik dalam film ini.

Film ini menceritakan perjalanan sukses Facebook yang penuh inspirasi. Dalam film ini, kamu dapat terpacu untuk membangun prinsip bisnis yang kuat, kerja keras, dan kegigihan dalam mewujudkan ide yang kamu miliki.

Baca juga: 6 Rekomendasi Film Untuk Meningkatkan Skill Marketing, Wajib Tonton!

5. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar

wikipedia.com

Film selanjutnya adalah film lokal yang diliris pada tahun 2014. Film ini diangkat dari kisah nyata karangan Merry Riana dengan judul novel yang sama. Tokoh utama dalam film ini dibintangi oleh Chelsea Islan, kisah ini bermula dari karusuhan di tahun 1998 yang membuat Merry harus mengungsi ke Singapura. Selama di Singapura, Merry berjuang dalam menempuh Pendidikan dengan uang yang seadanya.

Selama kuliah, Merry harus bekerja keras karena menyadari kondisinya saat itu. Ia kuliah sambil bekerja dan terus gigih dalam menjalani hidupnya. Akhirnya, setelah lulus kuliah Merry berhasil mendapatkan satu juta dollar pertamanya.

Film tentang bisnis ini mengisahkan tentang kegigihan dan semangat dalam menghadapi setiap permasalahan.Berbagai kendala yang muncul dapat dilalui dengan baik jika terus berusaha dan berpikiran positif. Hal inilah yang penting dalam merinstis sebuah bisnis.

6. Chef

wikipedia.com

Film tentang bisnis yang bisa dikatakan terbaik dan ringan adalah Chef. Film drama komedi keluarga ini menceritakan tentang seorang koki yang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan memulai bisnisnya sendiri menggunakan truk dan berkeliling negara. 

Film yang dibintangi Jon Favreau ini diawali dengan sajian-sajian kuliner yang menggugah selera. Ditambah dengan drama bapak-anak yang lucu dan menarik. Kejenuhan menjadi koki di restoran membuat Carl Casper (Jon Favreau) ingin bebas mengekspresikan dirinya lewat menu makanan yang disajikannya.

Hal ini ditambah dengan kenyataan bahwa kehidupan keluarganya sedang renggang. Untuk mengakali keduanya maka Carl membuat terobosan untuk mengajak anaknya berkeliling negara dengan berjualan makanan lewat sebuah truk makanan.

7.  Filosofi Kopi 

wikipedia.com

film Indonesia yang diliris pada tahun 2015. dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris terkenal yaitu Chicco Jerikho, Rio Dewanto, dan Julie Estelle. Film ini diangkat dari cerita yang ditulis oleh Dewi Lestari. Film ini bercerita tentang Ben (Chicco Jerikho) yang merupakan anak seorang petani kopi. Saat usia 12 tahun, Ben merantau ke Jakarta dan bertemu dengan Jody (Rio Dewanto). Ketika dewasa, Ben dan Jody mendirikan sebuah kedai kopi bernama Filosofi Kopi.

Suatu ketika, kedai kopi mereka terlilit hutang dan akhirnya menimbulkan konflik antara Ben dan Jody. Kemudian, sebagai solusi untuk melunasi hutangnya, Ben menerima tantangan seorang pengusaha untuk meracik kopi terbaik.Singkatnya, Ben berhasil memenangkan tantangan tersebut. Kemudian, Ben bertemu dengan El (Julie Estelle) yang mengatakan bahwa masih ada kopi yang lebih enak daripada buatan Ben, yaitu kopi tiwus.

Akhirnya, Ben, Jody, dan El memutuskan untuk mencari kopi tiwus yang menentukan kelangsungan kedai kopi mereka.Filosofi Kopi mengisahkan perjuangan dua orang sahabat yang diselingi konflik dalam merintis usaha kopi bersama. Keduanya mampu menyingkirkan ego dan bekerja sama untuk menyelamatkan bisnis yang mereka bangun.

Baca juga: Tips Mudah Membuka Bisnis Coffee Shop, Pasti Laris!

8. Ben & Jodi

wikipedia.com

Film ini merupakan lanjutan dari film sebelumnya berjudul Filosofi Kopi. Film keduanya ini baru saja dirilis pada Januari 2022 lalu di Bioskop tanah air. Berbeda dengan film pertamanya yang menceritakan perjalanan dua orang sahabat dalam merintis bisnis bersama, film “Ben & Jody” ini lebih banyak dipenuhi aksi-aksi menengangkan.

Film ini menceritakan tentang Ben (Chicco Jerikho) yang keluar dari Filosofi Kopi. Ia memutuskan pulang ke kampung halamannya. Selama di kampung, ternyata ia dan warga setempat harus mengalami konflik dengan perusahaan yang berusaha merebut tanah kelahiran mereka.

Pada saat bersamaan, Jody sedang menyiapkan launching baru dari Filosofi Kopi. Menyadari sahabatnya tak ada kabar, Jody pun mencari Ben di kampung halamannya. Film tentang bisnis ini mengisahkan perjuangan Ben, Jody, dan masyarakat kampung dalam mempertahankan tanahnya dari perusahaan.

Kisah dalam film ini sangat erat kaitannya dengan kejadian yang ada di masyarakat. Sebagai pebisnis, keberadaan perusahaan semestinya mampu berdampingan dengan masyarakat. Nyatanya justru banyak masyarakat yang dirugikan dari ekspansi sebuah perusahaan.

Nah, itulah deretan rekomendasi film tentang bisnis yang bisa menghibur kamu di akhir pekan. Semoga film-film diatas bisa menginspirasi kamu dalam membangun bisnis yah.

Baca juga: Rekomendasi Film-Film Yang Menggambarkan Work Life!

Bagi kamu yang ingin memliliki sebuah bisnis, tapi masih takut untuk membangunnya. Demi menghilangkan keraguan kamu dalam membangun bisnis, vocasia menghadirkan kursus terbaik yang cocok bagi kamu seorang bisnis pemula. Kelas tersebut bisa kamu dapatkan disini.

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *