Tanggal:17 June 2024

5+ Rekomendasi Fashion untuk Sidang Skripsi

Sidang skripsi adalah salah satu momen yang paling ditunggu sekaligus juga ditakuti oleh hampir semua mahasiswa. Bagaimana tidak, usai berjuang antara hidup dan mati dalam pengerjaan skripsi yang super bikin stres, sidang skripsi bisa dibilang menjadi titik penentu bagi masa depan para mahasiswa. Oleh karena itu, dalam momen penting ini tentunya kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih outfit. Hal ini tidak lain karena saat sidang skripsi kamu akan berhadapan dengan dosen penguji yang kritis dan mungkin juga galak.

Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan segalanya -termasuk juga penampilan- dengan baik agar kamu bisa memberikan kesan yang positif kepada dosen penguji. Meski pakaian yang kamu kenakan tidak berhubungan dengan kemampuan kamu dalam menjawab pertanyaan dari dewan penguji, tetapi setelan yang formal dan rapih merupakan wujud penghormatan kamu kepada penguji sekaligus bagian dari sopan santun!

So, buat kamu yang sebentar lagi mau sidang skripsi dan sudah mulai overthinking nih soal sidang beserta outfit yang mau dipakai, jangan khawatir! Berikut ini adalah rekomendasi fashion untuk sidang skripsi kamu yang dijamin bisa bikin penguji terkesan!

Rekomendasi Fashion yang Sering Dipakai Saat Sidang Skripsi

Pakaian yang Recommended untuk Sidang Skripsi (sumber: pexels.com)

Dari manapun asal kampusnya, setelan formal yang memberikan kesan rapih dan sopan menjadi pilihan pakaian paling aman bagi sebagian besar orang yang hendak menjalankan sidang skripsi. Maka dari itu, terdapat beberapa kostum wajib yang sangat sering dikenakan pada saat sidang skripsi. Berikut ini adalah gaya fashion yang sering digunakan saat menjalani sidang skripsi agar kamu mendapatkan gambaran mengenai apa yang nantinya akan kamu kenakan!

Baca juga: Langkah Selesaikan Skripsi dalam 3 Bulan!

  • Kemeja Putih

Kemeja putih polos berlengan panjang merupakan salah satu pakaian wajib yang sering digunakan dalam sidang skripsi tak peduli pria atau wanita. Selain mampu memberikan kesan rapih dan formal, kemeja ini juga sangat mudah dikombinasikan atau mix and match dengan berbagai jenis pakaian lainnya seperti vest, blazer, jas, dan lain sebagainya.

  • Hijab Netral

Untuk kamu wanita yang beragama muslim dan menggunakan hijab, ada baiknya kamu memilih hijab dengan warna netral dan tidak terlalu mencolok. Kamu bisa memilih hijab berwarna hitam atau putih, tetapi jika merasa kedua warna tersebut terlalu membosankan kamu bisa memilih warna lain yang tidak terlalu mencolok seperti coksu, milo, atau warna tone earth lain yang masih terlihat ‘nyambung’ agar tetap memperlihatkan kesan formal dan rapih.

  • Bawahan Berwarna Gelap

Untuk para pria, bawahan berupa celana kain berwarna gelap merupakan opsi paling aman dan juga nyaman. Sementara untuk wanita, terdapat beberapa kampus yang memperbolehkan mahasiswinya mengenakan celana panjang kain saat sidang dan sebagian lainnya ada pula yang mengharuskan kamu untuk memakai rok di bawah lutut atau panjang sesuai dengan gaya busanamu biasanya. Disini, kamu bisa mempersiapkan bawahan gelap yang nyaman dan sesuai dengan ketentuan dari kampus kamu ya!

  • Sepatu Hitam

Selanjutnya adalah sepatu hitam. Banyak sekali orang yang memilih untuk bermain aman dengan melabuhkan pilihan pada sepatu hitam yang mampu menutup jari kaki dan juga tumit karena mampu memberikan kesan formal dan berwibawa kepada pemakainya. Untuk kamu para ciwi-ciwi, sebaiknya skip dulu menggunakan sepatu hak tinggi karena ditakutkan akan mengganggu pada saat sidang berlangsung. Ada baiknya kamu memilih sepatu yang datar atau flat shoes karena dapat memudahkan mobilitas kamu yang mungkin harus banyak bergerak mempersiapkan tempat ujian dan banyak hal.

  • Vest atau Rompi

Jika kamu merasa memakai kemeja putih saja akan membuatmu terlihat seperti seorang karyawan restoran, kamu bisa tampil lebih gaya dan edgy dengan memakai rompi atau vest. Kamu bisa memilih vest polos berwarna hitam atau gelap lainnya sebagai opsi untuk mempercantik tampilanmu saat sidang skripsi.

Baca juga: 5 Tips Persiapkan Sidang Skripsi Anti Gagal!

  • Blazer

Selanjutnya adalah blazer yang seringkali menjadi opsi pakaian yang akan mendampingimu selama sidang skripsi. Selain terlihat lebih formal, kamu juga bisa tampil lebih gaya dengan mengenakan blazer yang kekinian dan sesuai dengan seleramu.

  • Syal atau Scarf

Yang terakhir dalam list ini adalah syal atau scarf. Sebenarnya, aksesoris ini bukanlah elemen wajib dalam daftar panjang pakaian yang harus kamu persiapkan. Namun, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengenakan aksesoris ini sebagai pelengkap penampilan agar kamu terlihat lebih elegan dan manis dengan syal atau scarf yang kamu kenakan.

Baca juga: 6 Fashion Style yang Bisa Upgrade Penampilan Kamu!

Rekomendasi Mix and Match Sidang Skripsi Super Keren

Beberapa pakaian yang disebutkan di atas merupakan elemen pakaian inti yang seringkali dipakai saat menjalani sidang skripsi. Untuk kamu yang ingin tampil beda tetapi tetap formal dan kece, berikut adalah beberapa rekomendasi mix and match fashion sidang skripsi yang bisa kamu coba!

  • Jas hitam dipadukan dengan kemeja putih dan rok panjang yang warnanya senada

Contoh Mix and Match 1 (sumber: idntimes.com)

  • Menggunakan kebaya agar nampak lebih segar

Contoh Mix and Match 2 (sumber: idntimes.com)

  • Mengenakan blouse putih agar terlihat lebih cantik dan feminin

Contoh Mix and Match 3 (sumber: idntimes.com)

Itulah dia beberapa rekomendasi outfit yang bisa kamu gunakan saat sidang skripsi. Semangat dan semoga berhasil ya! Eits, buat kamu yang masih dalam proses skripsi atau justru masih baru mempersiapkan skripsi jangan lupa untuk ikut kursus berikut ini karena dengan harga di bawah 100 ribuan kamu bisa mendapatkan strategi sukses menulis skripsi secara tepat, cepat, dan cermat!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *