Tanggal:26 February 2024

6 Sektor Bisnis yang Tahan Krisis, Besar Peluang Suksesnya!

1. Usaha makanan dan minuman

ilustrasi sektor makanan dan minuman (pixabay.com)

ilustrasi sektor makanan dan minuman (pixabay.com)

Siapa sih yang tak butuh makan dan minum? Atas dasar hal sederhana nan logis itu lah yang menjadi alasan dasar bahwa  bisnis usaha perdagangan makanan dan minuman dinilai sebagai salah satu sektor bisnis yang sangat tahan akan krisis ekonomi. Hal tersebut berlandaskan bahwa masyarakat selalu membutuhkan makanan dan minuman dalam keadaan atau kondisi apapun, bahkan dikondisi yang paling sulit sekalipun. Sampai-sampai ada istilah dari kalangan ekonomi rendah bahwa ‘penghasilan dicukup-cukupkan untuk makan sehari-hari’ dari pernyataan tersebut terlihat jelas betapa berpeluangnya bisnis makanan dan minuman, ya. Sehingga, dari beragam segmen targetnya, sektor makanan dan minuman ini tidak pernah kehilangan pelanggannya.

Selain itu, bisnis yang bergerak di sektor ini juga dinilai hanya memerlukan dana yang cenderung kecil, kebutuhan tenaga kerjanya pun tidak terlalu banyak, tapi margin labanya cukup besar dan perputaran arus kasnya pun cepat. Faktor-faktor inilah yang membuat sektor bisnis usaha makanan dan minuman sulit menjadi korban krisis.

Eitss di balik beragam kemudahan dan peluang bisnis makanan dan minuman di atas, tentu ada rintangannya pula, nih. Yang mana secara rasional dengan adanya peluang besar atas binis makanan dan minuman tentu saja menggiurkan banyak orang untuk terjun dalam bisnis ini. Dimana artinya saat kamu terjun dalam sektor bisnis ini, maka pesaingmu yang telah berdiri sejak dulu ada banyak, nih. Oleh karena itu, inovatif maupun inovasi merupakan hal penting dalam menghadirkan produk makanan dan minuman, ya.

Baca Juga:

2. Produk olahan ikan

ilustrasi sektor olahan ikan (pixabay.com)

ilustrasi sektor olahan ikan (pixabay.com)

Bisnisi olahan ekspor ikan ini bisa kamu coba manfaatkan juga di saat krisis. Bahkan, bisnis olahan ikan atau frozen food ini ternyata mampu mendatangkan keuntungan yang lebih besar daripada penjualan ikan segar, lho. Mengapa demikina sih? Ya, karena produk olahan ikan harus melalui berbagai proses pembersihan sampai pengemasan sebelum pada akhirnya harus tiba di tangan para pelanggan. Beberapa produk olahan ikan yang memiliki potensi besar untuk bisa dikirim ke luar negeri adalah ikan kaleng, bandeng presto, ikan kering, ikan asin, ikan asap, abon ikan, tepung ikan, hingga aneka frozen food (sosis, bakso, fillet, nugget).

Dengan melakukan proses pengolahan tersebut, maka produk ikanmu akan menjadi lebih awet, tahan lama, dan pastinya memiliki nilai jual yang tinggi. Yang mana produk tersebut memiliki arti penting bagi orang-orang yang teramat sibuk untuk mengurus urusan dapur, nih. Misalnya saja seperti para wanita karir atau mahasiswa yang tengah merantau ialah target pasar yang tepat dari sektor produk olahan ikan.

Baca Juga:

3. Usaha kebutuhan bahan pokok

ilustrasi sektor kebutuhan pokok (pixabay.com)

ilustrasi sektor kebutuhan pokok (pixabay.com)

Kali ini hampir sama seperti sektor bisnis usaha makanan dan minuman, dimana bahan pangan pokok adalah salah satu kebutuhan utama masyarakat yang tidak bisa diabaikan pemenuhannya meski dalam kondisi apapun, termasuk dalam kondisi krisis ekonomi. Hal tersebut tentu saja membuat bisnis usaha kebutuhan bahan pokok menjadi salah satu sektor bisnis yang tahan krisis ekonomi.

Sekali karena besarnya peluang bisnis kebutuhan pokok seperti bisnis makanan dan minuman di atas, maka pesaing yang sudah ada sebelum kamu hadir bahkan pesaing ke depannya tak boleh kamu remehkan, nih. Kamu harus cermat memiliki strategi marketing terbaik agar mendapatkan banyak pelanggan, ya. Tak perlu terlalu risau karena banyaknya pesaing juga masih seimbang dengan banyaknya masyarakat yang membutuhkan pembelian kebutuhan pokok kok, sekali lagi semua lapisan masyarakat pasti harus memenuhi kebutuhan pokoknya.

Baca Juga:

4. Usaha jasa atau produk kesehatan

ilustrasi sektor jasa dan produk kesehatan (pixabay.com)

ilustrasi sektor jasa dan produk kesehatan (pixabay.com)

Pada dasarnya, masyarakat Indonesia akan tetap memerlukan jasa layanan dan produk kesehatan sebagai salah satu keperluan penting agar mampu bertahan hidup walau dalam krisis sekalipun. Ibarat kata orang miskin sekali pun saat sakit akan rela mengeluarkan uangnya dengan alasan kalau uang bisa dicari lagi sedangkan membiarkan diri sakit terlalu lama justru menjadi beban keluarga, tak enaknya menahan rasa sakit, bahkan kesempatan bekerja jadi hilang karena badan yang tengah sakit. Jadi, kesimpulannya dalam perkembangan waktu tak mungkin tidak ada orang yang saki sama sekali. Sehingga, jasa atau produk kesehatan ialah sektor yang tahan krisis dalam situasi apa pun, terlebih saat ini tengah dalam masa pandemi Covid-19, nih.

Baca Juga:

5. Usaha jasa pendidikan dan pelatihan

ilustrasi sektor pendidikan dan pelatihan (pixabay.com)

ilustrasi sektor pendidikan dan pelatihan (pixabay.com)

Pada saat krisis, walau itu krisis sosial, politik, kesehatan, bahkan ekonomi sekalipun, sektor jasa pendidikan selalu dibutuhkan di seluruh negara. Mengapa demikian? Tentu saja karena keperluan akan belajar adalah keperluan yang selamanya tidak akan pernah pudar di tengah masyarakat, walau dalam berbagai kondisi krisis sekalipun, ya.

Masa krisis bahkan dinilai sebagai momentum yang sangat tepat, karena sebagian orang akan berusaha mengevaluasi diri dan menilai dirinya memperlukan pengetahuan yang banyak agar bisa terus mengembangkan dirinya. Oleh karena itu, bisnis di industri pendidikan dan pelatihan menjadi bisnis yang tahan krisis, nih.

Baca Juga:

6. Bisnis digital

Ilustrasi sektor bisnis digital (pixabay.com)

Ilustrasi sektor bisnis digital (pixabay.com)

Salah satu dari deretan sektor bisnis yang diklaim paling mampu bertahan dalam keadaan krisis sekalipun adalah bisnis digital, lho. Dimana kita tidak bisa memungkiri bahwa seiring dengan perkembangan teknologi digital saat ini mampu memeberikan pencerahan untuk masyarakat dan mampu memfasilitasi, memudahkan bahkan mengembangkan berbagai sektor bisnis lainnya.

Dalam prosesnya, bisnis digital malah diklaim menjadi suatu solusi yang ampuh untuk sebagian masyarakat yang ingin menyelesaikan berbagai masalah, bahkan mampu membantu masyarakat untuk keluar dari masa krisisnya.

Contohnya saja seperti video conference yang mampu membantu karyawan agar bisa tetap bertatap muka dari jarak jauh dan mampu menyelesaikan berbagai masalah di masa krisis kesehatan karena pandemi Covid-19. Juga online shop menjadi solusi penting bagi pedangan konvensional yang dilarang berjualan atas dasar pembatasan kegiatan sosial untuk menurunkan angka Covid-19.

Baca Juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *