Tanggal:28 April 2024

Prospek Kerja Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Jurusan Manajemen!

Jurusan manajemen ternyata memiliki banyak prospek kerja lho! Tidak hanya di profesi yang mengurus manajemen saja, tetapi profesi-profesi lain yang mungkin tidak memiliki kaitannya dengan manajemen juga bisa menjadi salah satu prospek kerja jurusan manajemen! Unik sekali bukan? 

Baca Juga : 11 Pengusaha Muda Tersukses di Indonesia

Tentunya, kamu sangat disarankan untuk mengikuti magang terlebih dahulu. Bahkan beberapa program studi di perguruan tinggi sudah menerapkan sistem wajib magang pada masa kuliah. Nah untuk prospek kerjanya, sudah tahu belum nih ada apa aja ya kira-kira? Kalau masih tidak kebayang, yuk kita cek list berikut! 

Baca Juga : Prospek Kerja Administrasi Bisnis

1. Staf Keuangan 

Siapa bilang orang yang berada di jurusan manajemen tidak bisa menjadi seorang profesi staf keuangan? Ternyata bisa lho! Profesi ini sendiri fokus pada mengatur dan memanajemen transaksi perusahaan. Jadi berbeda ya dengan akuntan!

Baca Juga : 9 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi Yang Banyak Dibutuhkan!

2. Konsultan Bisnis

Selanjutnya ada profesi konsultan bisnis, apa sih yang dimaksud dengan itu? Konsultan bisnis sendiri itu memiliki tugas seperti mengerjakan business plan, mengembangkan strategi pemasaran, sampai membantu semua kebutuhan untuk pemasaran.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Yang Memiliki Peluang Menjadi PNS

3. HRD 

Biasanya profesi yang satu ini datang dari berbagai jurusan, salah satunya adalah jurusan psikologi. Tetapi, jurusan manajemen juga bisa kok bekerja sebagai profesi HR! Tidak hanya sebagai ketua dari HR, tetapi juga menjadi staf-nya.

Baca Juga : Yuk, Simak Prospek Kerja Jurusan Geografi

4. Operasional

Berikutnya, ada staf operasional. Kalau kamu minat di bidang ini, siap-siap saja pekerjaan kamu akan penuh dengan produksi barang, sistem barang, hingg jasa. Lalu, mereka harus mencoba untuk selalu memberikan kinerja yang terbaik, agar faktor produksi selalu stabil dan menghasilkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Job Desk Business Development

5. Akuntan 

Kalau kamu suka sama angka-angka dan hitung-hitungan, mending langsung cari lowongan pekerjaan sebagai seorang akuntan deh! Akuntan sendiri pasti dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Dari perusahaan yang besar, sampai dengan yang kecil! Tujuannya sendiri itu untuk mengerjakan hal-hal yang terkait dengan keuangan perusahaan lho!

Baca Juga : Tugas Marketing Executive

6. Marketer

Kamu masih ingat tidak kalau kamu pernah belajar marketing? Nah ternyata lulusan jurusan manajemen ini juga bisa lho menjadi marketer! Apalagi di dunia digital marketing yang lagi naik daun banget dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Kalo kamu anak manajemen dan suka pemasaran, cocok banget nih jadi marketer!

Baca Juga : 10 Skill Risk Manager

7. Manager Bisnis 

Kalau profesi yang satu ini sudah tahu pastinya bukan? Banyak sekali lulusan manajemen menjadi bisnis manager untuk usaha, perusahaan hingga bisnis yang sedang dibahas pada poin ini. Tugas utamanya sendiri adalah untuk melakukan dan memastikan produktivitas bisnis perusahaan berlangsung lancar.

Baca Juga : Tips Menjadi Pengusaha Muda

8. Data Analyst 

Siapa nih yang minat sama profesi data analyst? Kalau kamu menjadi seorang data analyst, kamu akan sering mengerjakan tugas yaitu riset dan menyimpulkannya dengan informasi yang lebih mudah dipahami kepada para stakeholders! Kira-kira mudah atau sulit ya?

Baca Juga : Macam-Macam Direktur Perusahaan

9. Guru/Dosen

Memang bisa jadi pengajar lulusan manajemen? Tentu bisa dong! Pastinya kamu harus bisa dan memiliki skill-skill dan aspek lainnya, tetapi tidak ada yang tidak mungkin bukan? Apalagi untuk jurusan manajemen, bisa kok jadi pengajar untuk prospek kerja kamu!

Baca Juga : Syarat Menjadi Dosen

Buat kamu yang jurusannya manajemen, sudah tahu kan nih prospek kerjanya apa aja? Kira-kira kamu mau pilih profesi yang mana nih?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *