Tanggal:04 May 2024
Hot.liputan6.com

Strategi Mempromosikan Bisnis Kue Kering

Hobi Anda pada memanggang kue berubah menjadi ide bisnis yang berpotensi menguntungkan. Anda menyadari bahwa itu adalah ide yang bagus, Anda mungkin tidak tahu bagaimana cara mulai mempromosikan kue Anda. Ini adalah tantangan umum bagi banyak pembuat kue rumahan. Mempromosikan makanan panggang Anda mengharuskan Anda secara aktif memasarkan produk Anda. Memahami beberapa teknik promosi umum dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dan menemukan klien jangka panjang.

Baca Juga : Strategi Promosi Untuk Mengembangkan Bisnis

  1. Rayu Pelanggan Anda

Saat Anda memasarkan ke pelanggan toko roti, Anda harus selalu menggoda mereka dengan sesuatu yang baru. Misalnya, jika bebas gluten sedang menggila (dan tampaknya memang demikian, akhir-akhir ini!) kembangkan seluruh lini makanan bebas gluten untuk memuaskan sektor pasar baru itu. Ketika Anda memiliki sesuatu yang baru, pelanggan Anda kemungkinan besar akan tergoda untuk mengujinya sendiri.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Makanan

  1. Tawarkan Sampel Gratis

Orang menyukai barang gratis, tidak diragukan lagi. Beri mereka apa yang mereka inginkan dengan menempatkan beberapa sampel gratis di konter pesanan. Ketika mereka memiliki sesuatu untuk dicoba sebelum mereka membeli, mereka membangkitkan selera mereka dan jauh lebih cenderung untuk membeli item tambahan untuk memuaskan keinginan mereka yang baru dilemparkan. Siapa tahu, mereka bahkan mungkin mencoba sesuatu yang tidak bisa mereka tolak dan membeli semuanya!

Baca Juga : Marketing 4p

  1. Manfaatkan sosial media

Pertahankan pelanggan Anda tetap terhubung dengan membuat perusahaan Anda mudah diakses melalui saluran media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest.

Namun, sebelum Anda sudah mulai memposting apa pun yang Anda inginkan, luangkan waktu untuk memahami pemasaran media sosial. Di media sosial, orang tidak ingin terus-menerus dijual inilah waktunya untuk menelusuri foto dan video, bertemu dengan kenalan lama, atau menemukan acara terbaru  jadi jangan pukul mereka dengan materi promosi yang terang-terangan.

Baca Juga : Strategi Sosial Media

Media sosial berfungsi paling baik bila merupakan campuran percakapan, konten, dan promosi. Campuran yang tepat dari setiap aspek akan bervariasi tergantung pada pasar, bisnis, dan audiens Anda, tetapi aman untuk mengasumsikan bahwa tidak ada yang ingin mengikuti akun yang memposting konten iklan dan promosi murni.

Baca Juga : Manfaat Sosial Media Marketing

  1. Lakukan Obrolan atau Lakukan Survei

Jika Anda tidak yakin apa yang diinginkan pelanggan dari toko kue Anda, lakukan percakapan atau adakan survei. Ketika Anda memiliki wawasan tentang pelanggan terbaik Anda, Anda dapat menciptakan layanan dan produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan orang-orang yang menjadi pelanggan setia bisnis Anda. Anda dapat memberi insentif kepada pelanggan Anda dengan beberapa biji kue, secangkir kopi, atau diskon untuk pesanan berikutnya untuk masukan mereka. Nilai yang Anda terima dari memperhatikan apa yang diinginkan pelanggan akan membantu Anda menciptakan penawaran yang lebih menggiurkan yang membuat orang datang kembali.

Baca Juga : Tips Pemasaran Digital

  1. Mulai Situs Web dengan Fungsionalitas Pemesanan Online

Selama dekade terakhir, situs web telah menjadi kebutuhan bagi setiap bisnis kecil yang ingin sukses. Sebagai toko kue, Anda memiliki kemampuan tambahan untuk menawarkan fungsi pemesanan yang mudah digunakan dan efisien di situs web Anda sehingga pelanggan bisa mendapatkan makanan panggang mereka saat bepergian. Luangkan waktu untuk mencari desainer web yang memenuhi kebutuhan Anda sebagai pemilik bisnis. Itu tidak akan selalu mudah, terutama karena Anda memiliki seratus hal lain yang perlu dikhawatirkan sekaligus, tetapi begitu situs web Anda disiapkan, Anda akan memiliki tempat yang sama sekali baru untuk mendorong pendapatan.

Baca Juga : Meningkatkan Penjualan Online

  1. Hubungi Bisnis Lokal

Salah satu teknik promosi untuk menjual kue Anda adalah dengan menghubungi toko roti lokal dan menegosiasikan persyaratan untuk menjual produk Anda secara grosir. Menjual produk Anda secara grosir menghasilkan keuntungan yang lebih sedikit. Anda harus menjual kue Anda dengan harga lebih murah karena pemilik toko kue juga harus mendapat untung. Namun, Anda mendapat manfaat dari eksposur yang lebih besar dan penjualan yang konsisten. Pilihan lainnya adalah menghubungi perencana pernikahan setempat. Perencana pernikahan adalah sumber yang bagus untuk referensi. Bawa sampel kue Anda ke perencana pernikahan dan diskusikan bagaimana produk Anda dapat menguntungkan bisnis mereka.

Baca Juga : Content Marketing

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *