Tanggal:14 June 2024

8 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Makassar

Makasar merupakan salah satu kota metropolitan yang terletak di Provinsi Sulawesi selatan. Makasar memiliki keindahan alam yang begitu menawan, sehingga makasar sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata alam yang menyenangkan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Makassar hanya untuk liburan dan menikmati keindahannya. Bahkan bukan hanya wisatawan domestik saja yang mengunjungi Makassar, wisatawan mancanegara pun juga datang berkunjung. Bagi kamu yang ingin berwisata di makasar tapi bingung tempat mana yang harus kamu kunjungi, berikut deretan rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi di makasar.

1. Pulau Lae-lae

Pulau Lae-lae. Photo: jejakpiknik.com

Apakah kamu ingin berenang dan melakukan snorkeling di sekitar pantai? Pulau Lae-lae menjadi destinasi wisata yang cocok dan sesuai dengan yang kamu inginkan. Wisata Bahari di Makassar ini menyediakan berbagai aktivitas menyenangkan bagi kamu yang suka pantai.

Pulau cantik ini letaknya tidak terlalu jauh dari pesisir Makassar. Hanya berjarak kurang lebih 1,5 km dengan waktu tempuh sekitar 10 sampai 15 menit menggunakan speed boat. Dengan jarak tempuh yang dekat tersebut, kamu sudah bisa melihat langsung indahnya ciptaan Tuhan yang tiada tanding.

Di Pulau Lae-lae ini kamu bisa melihat ikan-ikan kecil dan indahnya terumbu karang dengan snorkeling. Ombak di pulau ini cukup tenang, sehingga kamu bisa melakukan berbagai aktivitas bermain di pulau dengan nyaman. Ketika kamu lelah, kamu bisa beristirahat di pondok-pondok yang ada di pinggir pulau. Apakah kamu sudah membayangkan betapa asyik liburan ke pulau ini?

2. Pantai Losari

Pantai Losari. Photo: Celebes ID

Terletak di Ujung Pandang, Pantai Losari merupakan objek wisata yang patut dikunjungi ketika kamu berkunjung ke Kota Makassar. Lokasinya tidak jauh dari Bandara Hasanuddin, dimana kamu bisa menempuhnya sekitar setengah jam saja. Disekitar tempat wisata ini banyak penjual oleh-oleh makasar.

Kamu bisa datang ke pantai ini kapanpun tanpa perlu khawatir dengan adanya jam operasional dari pihak pengelolanya. Namun waktu jam 3 sore hingga jam 9 malam adalah waktu yang paling banyak dikunjungi. Menariknya lagi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berlibur ke Pantai Losari alias gratis.

3. Taman Prasejarah Leang-Leang.

Taman Prasejarah Leang-leang. Photo: Wikipedia

Tempat wisata wisata di Makassar berikutnya adalah Taman Prasejarah Leang-Leang, Maros. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa melihat hasil karya manusia pasa zaman purba, seperti hasil gambar tangan dan rusa yang ada pada dinding goa. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata edukasi yang cocok untuk keluarga.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan artistik, gua, dan bebatuan raksasa yang bisa menjadi latar belakang foto menarik. Pulau Laelae menjadi tempat wisata di Makassar yang gratis yang bisa kamu kunjungi. kamu hanya perlu membayar biaya penyebrangannya saja dari dermaga. Jika kamu ingin menginap, disana juga tersedia penginapan khusus yang disediakan oleh warga sekitar mulai dari Rp50 ribu hingga Rp150 ribu.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Papua, Wajib Dikunjungi!

4. Pantai Akkaren

Pantai Akkarena. Photo: KOMPAS.com

Khusus bagi kamu yang ingin berlibur dengan menikmati keindahan pantai bisa berkunjung ke Pantai Akkarena. Tak hanya memiliki keindahan alam yang mempesona saja, disini juga tersedia berbagai watersports hingga cafe-cafe yang unik.

Untuk masuk ke objek wisata ini kamu perlu membayar tiket, namun harganya tidak terlalu mahal. Misalnya, untuk weekday hanya Rp10 ribu saja per orang, sementara untuk weekend Rp15 ribu dan untuk anak-anak di bawah 5 tahun gratis. Lokasi pantai Akkarena ini sendiri berada di pesisir wilayah Tanjung Bunga, Makassar.

5. Pulau Samalona

Pulau Samalona. Photo: Nativeindonesia.com

Tempat wisata bahari di Makassar bukan hanya Pulau Lae-lae saja. Namun ada pulau kecil lain yang keindahannya mampu menghipnotis para wisatawan yang datang berkunjung. Pulau ini bernama Pulau Samalona yang terletak di sebelah barat Kecamatan Wajo, Makassar. Untuk mencapai pulau ini dari pusat Kota Makassar juga tidak jauh, hanya perlu menempuh jarak sekitar 7 km saja.

Di pulau ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti snorkeling dan diving. Untuk penyewaan alat untuk snorkeling dan diving pun juga cukup terjangkau. Hanya sekitar 50 ribu sampai 100 ribu saja kamu sudah bisa menyewa peralatan tersebut. Pesona indah yang terpancar dari Pulau Samalona ini membuat kamu semakin betah liburan dan tidak ingin pulang.

6. Air Terjun Leang Pa’niki

Selain destinasi pantai yang idah, makasar memiliki wisata alam air terjun yang tak kalah menarik, yaitu Air terjun Leang Pa’niki. Air terjun ini merupakan tempat wisata di Makassar yang menyuguhkan panorama yang sangat indah. Selain itu, tempat ini juga menawarkan suasana yang tenang untuk bersantai. Air yang mengalir sangat segar dan dingin, cocok sekali untuk kamu mandi. Lokasinya berada di Rannaloe, Bungaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Lombok Yang Mempesona Dan Menarik

7. Benteng Fort Rotterdam

Apakah kamu menyukai wisata budaya? kamu bisa mengunjungi Benteng Fort Rotterdam yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Losari. Benteng Fort Rotterdam menjadi salah satu tempat bersejarah bagi masyarakat Makassar. Hal ini dikarenakan benteng tersebut merupakan peninggalan dari Kerajaan Gowa-Tallo.

Ketika Anda berkunjung ke benteng ini, kamu akan merasakan nuansa kolonial yang kental. Kamu akan merasakan suasana seperti sedang berada di Eropa karena nuansa arsitekturnya. Perlu kamu ketahui juga bahwa di bagian pojok benteng terdapat ruangan penjara yang pada zaman dahulu pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro.

8. Taman Nasional Bantimurung

Di Taman Nasional Bantimurung, terdapat beberapa objek wisata yang sangat menarik seperti karst, pemandian alam, pengawasan satwa, serta gua. Tempat wisata di Makassar ini memiliki luas kurang lebih mencapai 43 ribu hektare dengan ekosistem dan kekayaan alam yang luar biasa.

Taman Nasional Bantimurung dikenal sebagai surganya kupu-kupu atau The Kingdom of Butterfly. Total terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu yang terdapat di kawasan wisata Makassar terbaru dan paling hits ini. Taman nasional Bantimurung terletak di Kabupaten Maros dan Pangkep.

Baca juga: Tempat Wisata Untuk Kamu Petik Buah, Dimana Aja Ya?

Nah, itulah deretan tempat yang wajib kamu kunjungi di makassar. Selamat berwisata!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *