Tanggal:13 May 2024

Terapkan 5 Trik Ini Agar Lulus Ujian CPNS!

Setelah melalui proses pendaftaran pada 30 Juni – 26 Juli 2021 yang bisa kamu akses di portal SSCASN, selanjutnya akan ada tahap apalagi ya? Tentunya pengumuman seleksi administrasi. Untuk kamu yang sudah lolos sampai tahap administrasi selamat ya, tapi buat yang belum diterima tenang masih ada tahun berikutnya kok, hehe.

Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 semakin di depan mata. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa seleksi calon ASN memerlukan waktu yang panjang. Untuk itu, kamu perlu rajin menggali informasi terkait alur seleksi yang terus berjalan. Selain itu, penting bagi kamu untuk mempersiapkan segalanya sebelum tes sesungguhnya berlangsung.

Trik Lulus CPNS

Proses yang panjang membuat kamu perlu mengetahui bagaimana sistem kelulusan yang dilakukan oleh tempat instansi yang kamu daftar. Umumnya, setelah dinyatakan lolos pada tahap administrasi kamu akan menghadapi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Ujian SKD didasarkan pada nilai ambang batas atau sering kita kenal dengan istilah passing grade. Pada ujian SKD kamu akan menyelesaikan beberapa soal yang terbagi atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan masing-masing nilai ambang batas yang berbeda.

Yuk, simak di bawah ini 5 trik lulus CPNS 2021 yang dapat kamu lakukan!

1.      Atur Waktu Belajar

Buat jadwal belajar khusus ujian CPNS. Sumber: http://unsplash.com

Kedengarannya klasik, namun waktu belajar ini perlu kamu atur ulang untuk mempersiapkan ujian CPNS 2021. Mengingat ujian tersebut terdapat nilai ambang batas, kamu perlu menyediakan waktu belajar. Apalagi disaat menunggu jadwal ujian, kamu juga disibukkan dengan hal yang lain dan berdampak kepada persiapan belajarmu yang kurang. Oleh sebab itu, langkah pertama yang bisa kamu mulai terlebih dahulu adalah dengan membuat jadwal belajar. Atur waktu belajar sesuai dengan kondisimu saat ini.

Mengatur waktu belajar juga akan melatih kamu saat tes CPNS tiba. Gunakan waktu belajar tersebut agar nantinya kamu bisa memperhatikan waktu yang tersedia saat tes CPNS berlangsung. Saat belajar, kamu juga perlu mengukur seberapa cepat kamu dalam membaca soal dan menjawabnya agar kamu terlatih untuk mengisi jawaban dengan cepat. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Gangguan Tidur

Baca Juga : 7 Manfaat Self Healing Untuk Dirimu

2.      Berlatih Soal CPNS Tahun Sebelumnya

Latihan soal CPNS yang beragam dan belum pernah kamu kerjakan sebelumnya. Sumber: http://unsplash.com

Bertebarnya soal CPNS dalam situs online membuat kamu lebih mudah untuk mendapatkan materi dan soal untuk belajar. Selain paham materi, kamu perlu mencoba untuk berlatih dengan soal-soal yang digunakan pada tahun sebelumnya.

Agar lebih efektif kamu juga bisa membeli buku latihan CPNS. Sudah banyak buku latihan CPNS yang bisa kamu beli di took buku maupun e-commerce. Pelajari seluruh soal CPNS dan gali berbagai macam pola dalam soal. Hal tersebut akan memudahkanmu ketika menemukan soal yang serupa saat tes berlangsung.

3.      Buat Kelompok Belajar

Buat forum diskusi belajar dengan kawan seperjuangan. Sumber: http://unsplash.com

Kelompok belajar dapat kamu manfaatkan untuk sharing dan juga berbagi ilmu. Dalam hal ini, kelompok yang kamu buat bisa teman-teman yang ada di lingkungan sekitarmu. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti bimbel maupun kelas online khusus untuk kelompok belajar CPNS. Dengan begitu, kamu dan para pejuang calon ASN lainnya yang seperjuangan dapat sama-sama belajar agar lolos CPNS 2021.

Baca Juga : Manfaat Memiliki Skill Leadership

Baca Juga : Tips Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekejaan

4.      Ikuti Perkembangan Informasi CPNS

Selalu up to date akan informasi terbaru mengenai CPNS 2021. Sumber: http://unsplash.com

Selalu gali informasi terbaru walaupun dalam surat edaran yang tersebar sudah tercantum secara detail tanggal-tanggal penting. Bila perlu kamu juga dapat mengikuti grup di sosial media sesuai dengan instansi yang didaftarkan. Hal ini penting dilakukan sebab bila ada beberapa perubahan yang terjadi kamu tidak akan tertinggal info sedikit pun.

Kamu juga bisa memanfaatkan akun resmi dan kontak helpdesk yang dimiliki oleh pihak penyelenggara ataupun instansi terkait. Informasi apapun mengenai seleksi CPNS 2021 bisa kamu langsung kamu tanyakan. Jangan sampai tertinggal ya!

5.      Berusaha dan Berdoa

Optimalkan segala usaha dan jangan lupa untuk berdoa. Sumber: http://pexels.com

Lengkapi usaha optimal yang telah kamu lakukan jauh-jauh hari dengan berdoa. Jalani segala proses seleksi dengan berusaha sepenuhnya agar hasilnya juga memuaskan. Ingat bahwa segala proses tidak akan mengkhianati hasil. 

Nah, itulah 5 trik yang bisa kamu lakukan agar lulus ujian CPNS 2021. Ingatlah bahwa segala yang kamu lakukan akan terwujud apabila kamu terus berlatih dan berusaha semaksimal mungkin. Lakukan dengan bersungguh-sungguh dan jangan lupa diselingi dengan doa! Tips dan trik lainnya bisa langsung kamu akses dengan klik tautan disini.

Baca Juga : Alasan Kamu Harus Open Minded

Baca Juga : Cara Sukses Merekrut Karyawan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *