Tanggal:19 May 2024

Jangan Terbalik, Ini Urutan Hair Care Routine yang Benar!

Pernahkah kamu mengalami kerusakan pada rambut padahal sudah menerapkan hair care routine? Duh, jangan-jangan urutan hair care routine yang kamu terapkan salah. Sebagian besar orang langsung membersihkan rambut dengan cara keramas. Padahal cara ini salah, lho

Sama halnya dengan perawatan wajah, perawatan rambut juga memiliki urutan dan aturan tersendiri, loh. Aturan ini berguna untuk menghasilkan rambut yang lembut, mudah diatur, bervolume, dan tidak mudah rontok. Jadi, kamu jangan keliru lagi untuk merawat rambut. Perlu kamu ketahui bahwa shampo tidak cukup untuk merawat rambut. Meskipun banyak kandungan nutrisi pada shampo yang diformulasikan untuk merawat rambut, tetapi fungsi utama shampo adalah membersihkan rambut dan kulit kepala dari berbagai kotoran akibat aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 11 Solusi Untuk Rambut Rontokmu

Lalu, bagaimana cara menerapkan hair care routine yang benar? Berikut adalah urutan hair care routine yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Happy reading!

1.  Hair oil

Urutan hair care routine yang pertama, yaitu mengoleskan hair oil (minyak rambut) sebelum keramas menggunakan shampo. Hair oil dapat menjaga kelembaban rambut, meningkatkan sirkulasi darah, merangsang pertumbuhan rambut, dan memperkuat akar rambut. Kandungan minyak dipercaya dapat memperbaiki kutikula pada rambut. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa, minyak almond, minyak zaitun atau peppermint oil.

Kamu bisa menggunakan hair oil minimal dua minggu sekali sebelum keramas. Perlu dicatat, penggunaan hair oil yang berlebihan dapat menimbulkan rambut kelebihan minyak. Jadi, kamu yang memiliki jenis rambut yang mudah berminyak, sebaiknya kurangi penggunaan hair oil untuk menghindari lepek pada rambut. 

Baca Juga | 9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Dan Cara Memakainya 

2. Keramas dengan shampo

Ilustrasi Keramas Menggunakan Shampo (Freepik)

Setelah memakai hair oil, bersihkan rambut dengan keramas menggunakan shampo. Bersihkan rambut dengan sempurna karena keramas mampu membersihkan kulit kepala dan seluruh bagian rambut dari kotoran-kotoran yang menempel setelah aktivitas seharian.

Sebaiknya, lakukan keramas sebanyak 3-4 kali seminggu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Terlalu sering keramas juga tidak baik karena dapat merusak rambut akibat terus menerus terkena bahan kimia. Pastikan juga pilih shampo dengan kandungan keratin di dalamnya agar rambut tidak mengembang dan lurus. Oh iya, perlu diingat, hindari pemakaian shampo mengandung ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl karena kedua bahan tersebut cukup keras dan bisa membuat kulit kepala kering. 

3. Hair mask

Mengaplikasikan Hair Mask (Freepik)

Setelah rambut dibilas bersih, diamkan hingga agak kering. Lalu, oleskan hair mask dari tengah sampai ujung rambut. Mengapa hair mask diaplikasikan setelah keramas? Folikel rambut masih terbuka. Kamu dapat memanfaatkan kondisi ini untuk menutrisi rambut dengan hair mask sehingga masker bisa meresap sampai ke dalam rambut. Hair mask sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan rusak.

Baca Juga: Cara Mewarnai Rambut Sendiri Di Rumah, Mudah Dan Anti Gagal!

4. Kondisioner

Tahap selanjutnya yaitu mengaplikasikan kondisioner. Setelah rambut dibilas bersih, oleskan kondisioner secara merata sesuai volume rambut kamu. Sisir dengan jari tangan agar kondisioner merata di seluruh permukaan rambut. Supaya hasilnya maksimal, diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilang hingga bersih. Penggunaan kondisioner sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki rambut kering karena kondisioner berfungsi melembabkan rambut. 

5. Hair serum 

Mengaplikasikan Hair Serum (Freepik)

Hair serum sangat baik untuk merawat rambut dan mencegah dari kerusakan akibat terlalu sering styling rambut maupun terkena panas matahari. Namun, penggunaan hair serum sering diabaikan oleh masyarakat. Padahal, pengaplikasian air serum sangatlah praktis yaitu dengan meneteskan hair serum pada rambut dan kulit kepala. Serum ini juga mampu  mengganti protein dalam rambut yang hilang. Jadi, jangan sampai kamu lewatkan step ini, ya!

Baca Juga | 8 Khasiat Ampuh Argan Oil Untuk Rambut Dan Cara Pakainya!

6. Hair tonic

Hair tonic di formasikan untuk merawat kulit kepala. Pemakaian hair tonic ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki permasalahan rambut, seperti rambut rontok dan beberapa masalah rambut lainnya pengaplikasian hair tonic sangatlah mudah yaitu dengan mengaplikasikannya ke kulit kepala agar kandungan nutrisi berfungsi dengan tepat untuk pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut. Pastikan penggunaan hair tonic secukupnya saja karena dapat menyebabkan rambut menjadi lepek.

7. Vitamin 

Hair vitamin berfungsi untuk melindungi rambut dari berbagai masalah, seperti rambut kering, rambut rontok, rambut rusak karena bahan kimia, atau rambut bercabang. Hair vitamin bisa kamu beli di supermarket terdekat karena banyak macam hair vitamin yang diperjualbelikan di pasaran dengan beberapa spesifik kegunaan berdasarkan jenis rambut. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin untuk rambut, seperti telur, bayam, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

Baca Juga | 11 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat!

8. Hair mist

Kamu yang sering beraktivitas di luar rumah, tampilan rambut untuk lebih kamu perhatikan, bukan? Hair mist cocok banget buat kamu untuk menjaga rambut agar tetap wangi. Selain membuat rambut terus harum dan segar, hair mist juga memiliki segudang nutrisi yang diformulasikan untuk melembabkan rambut. So, jangan skip step yang satu ini ya!

Itulah urutan hair care routine yang wajib kamu ketahui agar tidak terbalik mengaplikasikannya. Tidak cukup memiliki rambut indah, tetapi kamu juga harus memiliki rambut yang sehat. Kamu bisa mencoba hair care routine ini di rumah. Sangat mudah bukan? Mudah dong. Yuk, mulai merawat rambut agar indah dan sehat!

Baca Juga: 40+ Gaya Rambut Wanita Korea Terpopuler

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *