Tanggal:07 May 2024

8 Khasiat Ampuh Argan Oil Untuk Rambut dan Cara Pakainya!

Rambut rontok atau hair loss merupakan masalah yang umum dialami baik oleh wanita maupun pria. Biasanya, rambut rontok disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor keturunan, perubahan hormon, hingga kondisi medis, bagian dari penuaan atau akibat dari pengobatan yang sedang dijalani oleh pengidapnya. Apabila terjadi secara berlebihan, kerontokan rambut di kepala bisa memicu kebotakan. Gawat banget, kan?

Ada masalah, tentu ada solusinya. Kamu bisa menghindari rambut rontok dengan merawat rambut kamu. Perawatan rambut yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan minyak alami seperti argan oil. Meskipun sering dijumpai di komposisi perawatan wajah dan kulit, minyak asal Maroko ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk rambut yang masih jarang diketahui orang banyak.

Argan oil merupakan minyak alami yang berasal dari tumbuhan endemik di Maroko, yakni Argania spinosa L. Biji dari tumbuhan tersebut diproses secara manual dan menghasilkan argan oil atau minyak argan. Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, argan oil menarik perhatian dunia kecantikan. Argan oil juga mengandung asam lemak omega-6 dan omega-9 serta vitamin E yang berperan penting untuk kecantikan kulit dan rambut.

Baca Juga: Jangan Terbalik, Ini Urutan Hair Care Routine Yang Benar!

Vocasia telah merangkum delapan khasiat atau manfaat argan oil untuk rambut beserta cara pakainya. Penasaran? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas ya!

Khasiat atau Manfaat Argan Oil

Banyaknya kandungan di dalam argan oil membuat minyak ini disebut sebagai “emas cair dari Maroko”. Manfaat argan oil beragam, bisa dijadikan sebagai perawatan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Berikut manfaat minyak argan untuk rambut.

1. Membantu melembutkan dan menjaga kelembapan rambut

Membantu melembutkan dan menjaga kelembapan rambut (freepik)

Rambut kamu rusak, kering, dan rapuh? Kamu bisa menggunakan argan oil karena minyak ini memiliki kemampuan untuk memelihara kelembapan rambut dan menjaga agar kadar air tetap bertahan di setiap helai. Minyak argan sejak dulu digunakan untuk merawat dan menghidrasi batang rambut, melapisi bagian luarnya dengan perlindungan maksimal sehingga rambut tetap lembut.

Hal ini berkat kandungan vitamin E yang mampu menembus lapisan terdalam dan bekerja langsung untuk merevitalisasi percabangan, memperbaiki kerusakan, serta memperkuat helai rambut. Kamu bisa menggunakan minyak argan secara rutin untuk membantu menutrisi rambut sehingga terasa lembut dan sehat terhidrasi.

Baca Juga: 11 Solusi Untuk Rambut Rontokmu

2. Menjaga kesehatan kulit kepala

Selain melembapkan rambut, argan oil juga mampu mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit kepala. Kandungan vitamin E, polifenol, karoten, asam lemak, serta xantofil dalam argan oil berperan sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi kulit, menekan proses peradangan, dan mempercepat pernyembuhan luka di kulit kepala.

3.Mengurangi dampak penggunaan alat-alat hair styling

Minyak argan untuk mengurangi dampak penggunaan alat-alat hair styling (freepik)

Siapa yang sering styling rambut ketika akan bepergian? Apakah kamu salah satunya? Styling rambut dengan menggunakan hair dryer atau catokan bisa membuat rambut kamu rusak.

Namun, argan oil bisa mengatasi hal itu. Asam linoleat dan asam oleat pada minyak argan mampu mengurangi jumlah protein yang hancur.  Kedua asam lemak tersebut akan melapisi batang rambut. Selain itu, perawatan dengan minyak argan dapat mencegah ujung rambut bercabang dan mengatasi rambut yang mudah patah sehingga rambut akan menjadi lebih tebal dan lebih sehat.

Baca Juga: 40+ Gaya Rambut Wanita Korea Terpopuler

4. Mencegah kerusakan akibat diwarnai

Buat kamu yang hobi cat rambut, kamu perlu hati-hati zat kimia dalam cat rambut bisa menghancurkan protein rambut sehingga rambut menjadi mudah rusak. Kamu bisa menggunakan argan oil langsung setelah proses pewarnaan rambut untuk mengurangi jumlah protein yang hilang dari rambut, serta membantu menyehatkan kembali kutikula rambut yang rusak.

Baca juga: Cara Mewarnai Rambut Sendiri Di Rumah, Mudah Dan Anti Gagal!

5. Mengembalikan kilau rambut alami

Perempuan Maroko percaya argan oil ampuh untuk mengatasi rambut kusam dan kehilangan cahayanya. Dengan mengoleskan minyak argan, rambut akan menjadi hitam legam dan licin mengilap. Selain itu minyak ini juga dipercaya mampu menembus ke dalam helai rambut dan melapisi kutikula untuk menjaga kelembapan, nutrisi, dan kilau alami rambut kembali seperti semula.

6. Mengatasi efek buruk sinar matahari

Menemukan produk untuk melindungi kulit kepala dan rambut dari efek buruk sinar matahari cukup sulit untuk ditemukan. Cara yang dilakukan oleh perempuan Maroko bisa kamu tiru yaitu menggunakan argan oil untuk rambut yang menunjukkan tanda-tanda rusak akibat paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan yang tinggi di argan oil akan membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel-sel rambut, sehingga rambut kembali sehat.

7. Menjadikan rambut lebih halus dan mudah diatur

Rambut lebih halus dan mudah diatur (freepik)

Apa kamu merasa rambutmu sering kusut, mengembang, dan susah diatur? Itu artinya, rambutmu butuh kelembapan ekstra. Solusinya adalah dengan memberi nutrisi untuk melembutkan rambut. Argan oil bisa membantu melembutkan rambut kamu. Kamu hanya perlu rutin mengoleskan minyak argan untuk rambut atau mencampurkannya dengan conditioner sehabis keramas, rambutmu akan lebih halus dan mudah diatur.

8. Mempercepat proses pertumbuhan rambut

Rambut yang rontok menimbulkan masalah baru yakni penipisan di beberapa bagian kepala atau yang lebih parah bisa menyebabkan kebotakan. Agar rambut cepat tumbuh kembali, tak ada salahnya kamu mencoba mengaplikasikan argan oil ke rambut. Hal ini disebabkan tingginya kandungan asam oleat dan asam linoleat pada minyak argan yang menyehatkan kulit kepala sehingga menstimulasi folikel untuk menumbuhkan rambut lebih panjang dan cepat.

Baca juga: 11 Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat!

Cara Pengaplikasian Argan Oil

Cara mengaplikasikan minyak argan untuk rambut (freepik)

Argan oil juga tergolong aman digunakan dan nyaris tanpa efek samping, sehingga relatif aman untuk dikonsumsi serta digunakan di tubuh bagian luar. Namun, kamu tetap perlu mengetahui cara pengaplikasian argan oil agar manfaatnya lebih ampuh. Berikut cara pengaplikasiannya.

  1. Keluarkan 2-3 tetes argan oil ke telapak tangan, ratakan sampai terasa hangat
  2. Aplikasikan minyak ini dari batang hingga ujung rambut secara merata. Tunggu sampai menyerap
  3. Ulangi langkah 1 dan 2 jika kamu merasa kurang, terutama apabila kamu memiliki rambut panjang dan tebal
  4. Kamu bisa langsung menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut yang basah atau menata rambut dengan alat hair styling

Itu dia manfaat dan cara pengaplikasian argan oil untuk rambut. Selain alami, produk argan oil mudah ditemukan baik berupa argan oil murni, campuran dengan minyak tumbuhan lain, maupun ekstrak turunannya. Yuk, terapkan tipsnya sekarang untuk raih rambut sehat impianmu!

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Dan Cara Memakainya

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *