Tanggal:21 July 2024

Jenis-Jenis Kelinci Yang Dapat Kamu Pelihara!

Di dunia ini, pasti banyak sekali orang yang memelihara binatang di rumahnya. Mulai dari binatang yang berbentuk kecil, hingga yang besar. Biasanya, orang memelihara binatang karena ingin dan membantu menemaninya saat sedang bosan dan hal-hal lainnya. Binatang peliharaan banyak sekali yang dapat kamu jadikan peliharaan. Beberapa dari banyaknya contoh binatang peliharaan seperti anjing, kucing, ikan, hamster, burung, dan masih banyak lagi. 

Tetapi apakah kamu tahu, bahwa ada juga orang yang memelihara binatang yang seram dan ganas lho. Hal tersebut diperbolehkan asal kamu harus tahu bagaimana caranya dan merawatnya dengan baik dan benar. Jika tidak, nanti kamu sendiri yang celaka dan ribet! Jjadi, pastikan kamu sudah tahu banget sebelum memelihara sebuah binatang yang akan kamu bawa ke rumah. Pelajar lebih dalam agar kamu tahu apa yang harus kamu lakukan. 

A kid with a rabbit.
A kid with a rabbit. Photo: Pixabay

Kali ini, kita akan membahas binatang peliharaan yang suka memakan wortel! Kalau kamu sudah tau clue tersebut, pasti sudah tahu dong binatang apa yang akan kita bahas sekarang? Bagi kamu yang menebak kelinci, jawaban kamu benar banget! Kira-kira, ada jenis apa aja ya kelinci punya, dan juga dapat kamu pelihara? Yuk kita cek bareng!

1. Kelinci Belanda 

Kelinci Belanda atau yang biasa disebut Dutch Rabbit ini memiliki bulu putih dan hitam, teksturnya juga menyerupai bulu kucing. Konon, harga dari jenis kelinci ini sangat mahal lho! Kisaran harganya dimulai dari 100 ribu hingga 2 juta. Kalau kamu suka bentuk kelinci yang kecil dan mungil, cocok banget nih jenis Kelinci Belanda ini untuk kamu pelihara. 

Baca Juga | Cara Budidaya Ikan Hias

2. Kelinci Anggora 

Kalau jenis kelinci yang satu ini berasal dari Ankara. Rata-rata lama hidup kelinci jenis ini adalah 7 hingga 12 tahun. Harga dari kelinci ini juga terbilang sangat mahal, berkisar dari 600 ribu hingga 2 juta rupiah. Warna dari jenis kelinci adalah putih albino dan memiliki berat kisaran 2 kilo hingga 5 kilo. Konon, kelinci jenis ini adalah jenis kelinci yang sangat playful dan gembira untuk dijadikan peliharaan kamu!

3. Kelinci Himalayan

Kelinci yang juga biasa disebut kelinci cina atau rusia ini adalah kelinci jenis Himalayan. Yang bikin unik dari kelinci ini adalah bentuk warnanya. Hampir diseluruh tubuhnya, warna kulitnya putih kecuali di bagian hidung, telinga, ekor dan mata yang berwarna hitam. Konon, kelinci jenis ini sangat sulit untuk di budidaya, yang membuat harganya menjadi sangat mahal. Kisaran harganya mencapai 4 juta rupiah lho!

Baca Juga | Cara Ternak Lele di Rumah

4. Kelinci Lokal Jawa 

Kelinci Lokal Jawa memiliki warna coklat dan kehitaman pada bulu kulitnya. Kamu dapat menemukan kelinci ini di pulau Jawa, khususnya daerah Jawa Barat. Berat kelinci lokal Jawa berkisar 6 kilogram, walaupun kelinci Lokal Jawa memiliki ukuran yang terbilang kecil dari jenis kelinci lainnya. Untuk masa hidupnya, kelinci ini dapat hidup mulai dari 5 tahun hingga 10 tahun lamanya, dan juga dapat memproduksi dan melahirkan seorang anak sekitar 5-8 ekor anak. Salah satu fakta dari kelinci Lokal Jawa bahwa kelinci ini dapat bertahan di cuaca yang iklim tropis, jadi sangat cocok untuk tinggal di daerah Indonesia, seperti di pulau Jawa.

5. Kelinci Lionhead 

Berasal dari Amerika dan Belgia, kelinci Lionhead memiliki sifat yang cenderung jinak dan sangat manja. Dengan rambutnya yang sangat panjang, kelinci ini senang sekali untuk dibelai dan sangat akrab dengan manusia lho! Kalau kamu ingin kelinci yang gampang untuk dilatih, Lionhead ini cocok banget! Berat tubuhnya yang memiliki berat sekitar satu kilo setengah ini memiliki kaki yang lumayan panjang dan hidungnya yang pesek. Untuk harganya, terbilang sangat murah, karena berkisaran dari harga 100 ribu hingga 500 dan dapat ditemukan di penjual jalanan. Kamu mau coba beli?

Baca Juga | Cara Budidaya Pepaya Madu

6. Kelinci Holland Lop 

Fakta yang sangat penting tentang jenis Kelinci Holland Lop ini adalah kamu tidak akan menemukannya di pasaran dan dengan cara semudah itu untuk membelinya. Lalu, bagaimana jika kamu ingin membeli dan memeliharanya? Hal ini terjadi karena Holland Lop sangat rentan mati, jadi harus hati-hati banget untuk membeli dan memelihara kelinci ini. Untuk harganya sendiri berkisar dari 300 hingga 500 ribu rupiah. Jika kamu ingin membeli kelinci ini, langsung ke tempat breeder yang terjamin dan bermutu ya, agar kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu juga sudah siap.

7. Kelinci Flemish Giant

Kota Flanders, Belgia menjadi asal dimana jenis kelinci Flemish Giant berasal. Tetapi apakah kamu tahu? Pada abad ke-16, kelinci sempat dijadikan binatang peternakan dan dikonsumsi oleh warga setempat. Hal ini karena kelinci Flemish Giant memiliki daging yang tebal dan juga bulu yang lebat. Untuk harganya sendiri masih sangat terjangkau, anakan Flemish Giant berkisar sekitar 100 hingga 200 ribu rupiah yang berumur 2 bulan. Kamu mau pelihara jenis yang ini?

Kalau kamu bisa memelihara kelinci di rumah, jenis apa nih yang akan kamu pilih?

Baca Juga :

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *