Tanggal:22 May 2024

11 Rekomendasi Film Horor Indonesia

Bagi kamu penggemar film horor, jangan sampai kamu melewatkan film horor Indonesia terbaru yang tayang di tahun 2022 ini. Film horor Indonesia ini bukan hanya menyajikan kisah horor, melainkan juga cerita yang menegangkan, ditambah dengan efek visual yang mencekam. Uniknya, beberapa film horor tersebut diadaptasi dari legenda mistis dan kisah nyata masyarakat Indonesia.

Film horor terseram Indonesia ini beberapa di antaranya mendapatkan ulasan positif dari kritikus film serta berhasil meraih penghargaan di ajang internasional. Hal tersebut tak terlepas dari jalan cerita yang dikemas apik, penjiwaan karakter yang kuat, nuansa horor, serta unsur jumpscare yang dijamin membuat kamu merinding ngeri saat menontonnya. Nah, berikut di bawah ini kami rekomendasikan 11 film horor Indonesia yang wajib kamu tonton.

Baca juga: Rekomendasi Film-Film Yang Menggambarkan Work Life!

Rekomendasi Film Horor Indonesia 2022

Rekomendasi Film Horor Indonesia 2022. Sumber: unsplash.com

Bagi kamu yang mencari film horor Indonesia terbaru 2022, Vocasia punya rekomendasi film horor Indonesia terbaik dan terseram di tahun ini hanya untuk kamu, berikut daftarnya di bawah ini.

1. Menjelang Magrib

Film Menjelang Magrib

Menjelang Magrib merupakan film horor Indonesia terbaru 2022 yang diangkat berdasarkan kisah nyata tentang cerita mistis dengan sentuhan budaya. Film ini dijadwalkan tayang di bioskop pada 31 Maret 2022. Mengisahkan seorang perempuan bernama Nina (Novia Bachmid) yang menderita gangguan jiwa hingga harus dipasung.

Setiap menjelang Magrib, ia selalu berteriak dengan suara mengerikan. Anehnya, teriakan tersebut akan berhenti jika suara azan berkumandang. Kasus Nina menarik perhatian para mahasiswa jurusan psikolog yaitu Thalia, Erlan, dan Ahmad yang berniat untuk meneliti. Sayangnya, penelitian tersebut berubah menjadi teror yang menakutkan dan mengancam jiwa.

2. Pengabdi Setan 2: Communion

Film Pengabdi Setan 2: Communion

Pengabdi Setan 2: Communion merupakan sekuel dari film Pengabdi Setan yang tayang pada 2017 lalu. Pada film ini, nantinya sosok Ibu (Ayu Laksmi) yang terlibat dalam sekte penyembahan akan ditelusuri lebih dalam. Hal inilah yang membuat Rini (Tara Basro) dan keluarganya masih harus menghadapi teror-teror yang berdatangan.

Tak heran jika Pengabdi Setan 2: Communion akan menampilkan kisah yang lebih seram daripada film pertamanya. Sang sutradara, Joko Anwar memastikan bahwa Pengabdi Setan 2: Communion akan tayang pada pada 2022, tepatnya di antara Juni-Juli.

3. Iblis dalam Kandungan

Film Iblis dalam Kandungan

Film ini mengisahkan teror mengerikan iblis terhadap seorang wanita yang sedang hamil. Dibintangi oleh Nafa Urbach dan Ali Syakieb sebagai pasangan suami istri yang baru bisa punya anak setelah 15 tahun menikah. Mereka pun memutuskan pindah ke perusahaan perkebunan di kaki gunung Salak.

Di sana, sang istri benar-benar diganggu oleh iblis jahat yang ingin mengambil bayi yang ia kandung. Hanya kedua anak angkatnya, Alani (Denira Wiraguna) dan Vito (M. Adhiyat) yang berusaha menyelamatkan ibu mereka.

Baca juga: Rekomendasi Drama dan Film Zombie Korea Paling Seru!

4. KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari

“KKN di Desa Penari” adalah film horor yang diangkat dari sebuah kisah viral di Twitter pada 2019. Setelah ditunda karena pandemi, akhirnya film ini disebut akan rilis pada Lebaran 2022 mendatang. Sesuai dengan cerita aslinya, film ini akan menceritakan para mahasiswa yang tengah melaksanakan KKN di sebuah desa. Ternyata, desa yang mereka kunjungi merupakan desa misterius.

Ada enam mahasiswa yang menjalani KKN, yakni Ayu (Aghniny Haque), Nur (Tissa Biani Azzahra), Widya (Adinda Thomas), Wahyu (Fajar Nugraha), Bima (Achmad Megantara), dan Anton (Calvin Jeremy). Sayangnya, beberapa di antara mereka melakukan perbuatan terlarang yang membuat marah penghuni desa tersebut. Nyawa mereka pun menjadi taruhannya.

5. Pamali

Film Pamali

Pamali berbeda dengan film horor Indonesia pada umumnya, karena diadaptasi dari permainan video buatan anak bangsa yakni Pamali Game karya developer asal Bandung, StoryTale Studios. Sesuai dengan judulnya, film ini mengangkat tentang kepercayaan masyarakat mengenai pantangan yang disebut ‘pamali’.

Konon, siapa saja yang melanggar pantangan tersebut akan mendatangkan bencana yang membahayakan. Sebab, kata “pamali” identik dengan pantangan yang kerap dilontarkan oleh orang tua dan apabila dilanggar akan mendapatkan hukuman setimpal. Film ini dibintangi oleh Marthino Lio, Putri Ayudya, Taskya Namya, Rukman Rosadi, Unique Priscilla, Fajar Nugraha, dan Iyang Darmawan.

6. Teluh

Film Teluh

Bagi kamu yang menyukai film horor Indonesia berdasarkan kisah nyata, Teluh harus banget kamu saksikan. Mengambil latar tahun 90-an, film ini bercerita tentang Yulia, karyawan sekaligus selingkuhan pak Indra, sang pemilik perusahaan batik.

Suatu hari, Yulia ditemukan tidak bernyawa dan dianggap bunuh diri karena jasadnya tergantung. Tak berselang lama, rumah pak Indra mendapat kiriman bola api yang dipercaya sebagai simbol ilmu hitam atau santet (teluh). Sejak saat itu, anggota keluarga pak Indra mengalami kejadian-kejadian menyeramkan pertanda malapetaka.

Baca juga: 5 Film Kartun Favorit yang Mendidik Cocok untuk Ditonton Anak!

7. Trah 7

Film Trah 7

Trah 7 menceritakan kisah Karyono (Erwin Cortez) yang ingin menjadi kaya raya dengan cara memuja iblis. Setelah keinginannya terpenuhi, ia justru malah melanggar perjanjian dengan meniduri gadis desa bernama Lisa (Avriellia Shaqqila). Akibatnya, Karyono harus menanggung kutukan dari si iblis hingga tujuh turunan.

Waktu berlalu, Nico (Kevin Torsten) sebagai keturunan ketujuh semakin merasakan keanehan sejak muncul bayang-bayang si iblis dan leluhurnya. Meski merasa takut, Nico memutuskan untuk bersikap tidak acuh. Ia kemudian bergabung dengan grup pencinta alam. Dari situlah perjalanan gelap Nico dimulai. Ia diarahkan sang iblis untuk datang ke rumah Karyono yang telah lama kosong dan kini menjadi persembunyian Bromocorah Karta (Gary Iskak).

8. Kamu Tidak Sendiri

Film Kamu Tidak Sendiri

Film horor Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan di tahun ini salah satunya yaitu “Kamu Tidak Sendiri”. Kamu tidak sendiri ini sebelumnya telah tayang di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2021 secara luring di bioskop Empire XXI dan daring lewat KlikFilm.

Kamu Tidak Sendiri menceritakan tentang Mira (Adinia Wirasti), wanita karier yang sering bekerja hingga larut malam karena sangat ambisius. Suatu hari, saat berada di dalam lift, Mira mengalami gempa besar yang membuat lift rusak seketika. Beruntung di dalam lift tersebut ada Mika (Ganindra Bimo), sehingga Mira tidak merasa terjebak sendirian.

Namun, nahas Mika tak berumur panjang. Kematian Mika, membuat Mira ketakutan setengah mati di dalam lift. Hingga akhirnya, seorang satpam bernama Adrian (Rio Dewanto), berusaha membantunya melewati masa-masa kritis tersebut.

9. Tutuge

Film Tutuge

Tutuge merupakan film yang disutradarai oleh Virian Wana Langgong dan dibintangi oleh Imelda Therinne, Rania Putrisari, Rizky Hanggono, serta Ismi Melinda. Film bergenre horor ini menceritakan sosok Ameera Janus (Rania Putrisari) yang mengetahui fakta bahwa Laras (Imelda Therinne) sebenarnya tidak menderita Alzheimer seperti diagnosis dokter.

Diceritakan bahwa Laras merupakan pemilik sebuah vila megah yang berusaha menjualnya kepada pihak lain. Suatu hari, Laras tiba-tiba terlihat lihai melakukan salah satu tarian Bali padahal dirinya tidak tahu caranya menari. Judul film Tutuge sendiri berasal dari bahasa Bali yang memiliki arti perasaan diikuti makhluk halus.

Baca juga: Rekomendasi Web Series Indonesia Tahun 2022, Wajib Ditonton!

10. Oma: The Demonic

Film Oma: The Demonic

Oma: The Demonic adalah garapan terbaru dari sutradara Joel Fadly. Film bergenre horor ini diperankan oleh Jajang C. Noer, Karina Nadila, dan Syahra Larez. Oma: The Demonic mengisahkan seseorang bernama Fiona yang tumbuh besar bersama sang nenek dengan panggilan Oma (Jajang C. Noer).

Namun suatu saat ia harus berpisah dengan Oma lantaran sang nenek terlibat konflik besar dengan ibunya. Suatu hari, Fiona mendapat pesan dalam mimpinya untuk mengunjungi rumah Oma setelah bertahun-tahun terlewati. Ketika di sana, ia justru menemui berbagai hal aneh yang mengancam nyawanya.

11. Kuntilanak 3

Film Kuntilanak 3

Kuntilanak 3 merupakan film terbaru karya dari sutradara Rizal Mantovani. Film bergenre horor ini dibintangi oleh Nicole Rossi, Adlu Fahrezi, Andryan Bima, Nafa Urbach, Sara Wijayanto, dan Clara Brosnah. Kuntilanak 3 menceritakan kelanjutan kisah Geng Kuntilanak usai berhasil melumpuhkan kuntilanak di film sebelumnya.

Namun rupanya mereka menemui kesulitan dalam melanjutkan kehidupan sehari-hari. Dinda (Nicole Rossi) selalu dianggap aneh oleh anak-anak lain di sekitarnya karena memiliki kelebihan istimewa. Ia kemudian menemukan sekolah yang menampung anak-anak dengan bakat sama seperti dirinya yaitu Sekolah Mata Hati.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film horor Indonesia yang bisa kamu tonton untuk menemani weekend kamu. Bagaimana, sudah menentukan film horor apa yang akan ditonton? Jika sudah, kamu bisa menonton film-film tersebut di beberapa situs atau aplikasi streaming bioskop online. Namun apabila kamu hendak menonton di bioskop kesayanganmu, pastikan tetap patuhi protokol kesehatan ya, guna mencegah penyebaran Covid-19. Selamat menonton!

Baca juga: 10 Cara untuk membuat Film Pendek

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *