Tanggal:14 May 2024

8 Manfaat Masker Alpukat Bikin Wajah Cerah, Begini Cara Membuatnya

Masker alpukat dapat menjadi salah satu perawatan wajah alami yang bisa kamu coba di rumah. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Bukan hanya itu, ada beragam manfaat masker alpukat lainnya yang juga dapat kamu peroleh.

Baca Juga : Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam

Perawatan kulit wajah dengan masker alpukat terbukti cocok untuk segala tipe kulit dan membuat wajah jadi glowing, lho. Masker alpukat juga lebih murah bila dibandingkan dengan serangkaian merek perawatan kulit di pasaran. Memakai bahan alami untuk wajah pun dapat mengurangi iritasi dan efek samping lainnya.

Baca Juga : Skincare Untuk Kulit Kering

Mengutip dari laman alodokter, di dalam 100 gram alpukat terdapat beragam kandungan nutrisi seperti sebagai berikut:

  • 81 mikrogram folat
  • 10 miligram vitamin C
  • 2 miligram vitamin E
  • 0,25 miligram vitamin B6

Selain itu, alpukat juga kaya akan antioksidan, seperti karotenoid, flavonoid, asam lemak tak jenuh, dan tokoferol yang baik untuk kesehatan kulit. Lantas, apa saja sih manfaat dari masker alpukat? Simak di bawah ini ya!

Baca juga: Yuk, Kenali Jenis-jenis Masker Wajah beserta Manfaatnya!

8 Manfaat Masker Alpukat

8 Manfaat Masker Alpukat. Sumber: pexels.com

Alpukat tidak hanya mengandung lemak sehat, melainkan juga kaya akan sumber vitamin C dan E, yang berperan aktif dalam menyehatkan kulit wajah. Jika digunakan secara rutin, berikut manfaat masker alpukat untuk wajah yang bisa didapat.

1. Melembabkan dan Menutrisi Kulit

Manfaat masker alpukat untuk wajah yang pertama adalah melembapkan dan menutrisi kulit. Khasiat ini berasal dari berbagai kandungan antioksidan, seperti beta karoten, lecithin, asam linoleat, dan asam linoleat di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya mampu melembapkan kulit yang kering, bersisik, bahkan pecah-pecah.

Kandungan vitamin A dan E pada alpukat juga mampu mencegah kulit kering dengan meningkatkan kelembapannya.  Studi yang dimuat dalam Archives of Dermatological Research menyatakan bahwa kedua vitamin tersebut memiliki antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kulit rusak. Selain itu, buah alpukat juga merupakan sumber biotin yang baik. Jenis vitamin B kompleks ini diketahui dapat mencegah kulit kering.

Baca Juga : Yuk Ketahui Jenis Kulit Kita

2. Mencegah Penuaan Dini

Menurut spesialis kulit dari Schweiger Dermatology Group di Amerika Serikat, dr. Karen Hammerman, salah satu khasiat alpukat untuk kulit yaitu mencegah penuaan. Sebab, alpukat adalah buah super yang mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C dan E. Kedua vitamin ini dikenal bisa mencegah kulit dari radikal bebas.

Baca Juga : Skincare Untuk Kulit Berminyak

Perlu diketahui, radikal bebas bisa membuat penuaan dini pada kulit. Maka dari itu, manfaat masker alpukat sangatlah dibutuhkan bagi kulit untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, sebuah penelitian juga memperkuat hasil riset terdahulu yang membuktikan manfaat masker alpukat untuk mencegah penuaan dini. Sebab, asam folat pada alpukat bisa mendukung kepadatan serat kolagen. Jika kolagen menipis, kulit pun akan keriput dan mengendur.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

3. Eksfoliasi Kulit

Alpukat memiliki tekstur yang agak kasar. Dikombinasikan dengan bahan lain, seperti oatmeal, manfaat masker alpukat membantu pengelupasan kulit. Ini berarti mengangkat sel kulit mati dari permukaan. Hal ini penting karena mencegah kulit kering. Dan tidak hanya itu, tetapi juga mempersiapkan kulit untuk penetrasi bahan lain yang kemudian dapat bersentuhan dengan kulit.

Baca Juga : Cara Eksfoliasi Wajah

4. Mengurangi Jerawat

Orang yang menderita jerawat atau kondisi kulit inflamasi lainnya di wajah mereka dapat memperoleh manfaat dari sifat alpukat yang menenangkan dan anti-inflamasi. Sesuai U.S. Department of Agriculture, alpukat kaya akan vitamin. Dalam Journal of Internal Medicine, alpukat dikemas dengan vitamin A, B, K, dan E, manfaat masker alpukat ini dapat dengan cepat mengurangi gejala psoriasis, eksim, rosacea, dan jerawat hanya dengan beberapa penggunaan.

Baca juga: Cara Perawatan Wajah Secara Alami di Rumah

5. Mencegah Kerusakan Kulit

Manfaat masker alpukat juga berasal dari kandungan senyawa yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan peradangan. Lebih lanjut, studi berbeda yang dimuat dalam Indian Dermatology Online Journal dan jurnal Nutrients membuktikan, bahwa kandungan vitamin C dan E dalam alpukat dapat melindungi kulit dari stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih dan faktor lingkungan.

Stres oksidatif adalah suatu kondisi ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh lebih banyak daripada pertahanan antioksidan. Hal ini menyebabkan terjadinya berbagai kerusakan sel dalam tubuh, termasuk kulit.

Baca Juga : 7 Merek Skincare Murah Tapi Ga Murahan

6. Mengurangi Tingkat Minyak

Manfaat masker alpukat untuk wajah dapat membersihkan kulit sekaligus mengangkat kotoran dan minyak berlebih yang terperangkap jauh di dalam pori-pori. Masker wajah alpukat dapat menembus jauh ke dalam kulit, menarik sel-sel kulit mati berkat kekuatan retinol, asam amino, dan glutamin yang dikandungnya. Dengan ini, kulit akan terasa lebih bersih dan sehat.

7. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Sebuah studi menemukan bahwa asam lemak dan asam oleat yang terdapat pada alpukat, dapat membantu produksi sintesis kolagen (proses pembuatan jaringan ikat). Asam lemak di dalamnya juga dianggap mampu mengurangi peradangan dalam proses penyembuhan luka. Walau begitu, penelitian pada manusia masih dibutuhkan untuk membuktikan buah alpukat sebagai bahan alami dalam membantu proses penyembuhan luka pada kulit.

8. Membuat Kulit Lebih Kenyal

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition melakukan penelitian terhadap lebih dari 700 wanita, untuk melihat hubungan antara kondisi kulit dengan asupan lemak dan sumber antioksidan. Para peneliti menemukan bahwa asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti yang ditemukan dalam buah alpukat, mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

Baca juga: Yuk, Ketahui Manfaat Madu untuk Wajah!

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Alpukat

Cara Membuat dan Menggunakan Masker Alpukat. Sumber: pexels.com

Penggunaan masker alpukat merupakan salah satu cara sederhana untuk merawat kesehatan kulit wajah. Untuk membuat masker alpukat, kamu cukup menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

  • 1 sendok teh air
  • ½ buah alpukat matang yang telah dihaluskan
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok makan minyak kelapa

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu cukup campurkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Selanjutnya, oleskan langsung masker alpukat ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat dan keringkan. Terakhir jangan lupa untuk menggunakan toner dan pelembap wajahmu.

Baca juga: 10 Rekomendasi Body Lotion Untuk Kulit Kering

Itulah 8 manfaat masker alpukat beserta cara membuat dan menggunakannya. Perlu diingat, kamu tidak disarankan untuk membiarkan masker alpukat terlalu lama menempel di wajah, karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Tidak disarankan pula untuk menggunakan masker alpukat setiap hari dan cukup satu atau dua kali dalam seminggu.

Alpukat memang memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Namun, kamu tetap perlu waspada saat menggunakan masker alpukat apabila memiliki kondisi tertentu, seperti alergi lateks. Apabila kulit kemerahan dan gatal setelah menggunakan masker alpukat, segera hentikan pemakaiannya dan berkonsultasilah dengan dokter. Semoga bermanfaat, ya!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *