Tanggal:26 July 2024

Strategi Efektif Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Mengukur kepuasan pelanggan dengan akurat - @pexels.com

Ingin pembeli menjadi pelanggan tetap? Ingin pembeli terus beli produk Anda tanpa pindah ke produk lain? Bagaimana, ya, caranya? Sebagai seorang pelaku bisnis, tentunya kita ingin pembeli kembali membeli produk yang kita jual dan tidak mau pindah ke produk lain. Namun, bagi beberapa pelaku bisnis hal ini menjadi pertanyaan besar.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Anda bisa mendapatkan pelanggan yang loyalitas dengan menerapkan cara membangun hubungan baik kepada pelanggan.

Produk yang dijual bisa menjadi sia-sia jika usaha Anda dalam menjual produk, jika tidak ada yang menyukai dan mengetahui keberadaan produk di pasaran. Namun, akan berbeda jika pembeli sudah menjadi pelanggan loyal. Mereka tentu akan dengan senang hati melakukan apapun yang bisa membantu kemajuan produk dan perusahaan. Salah satunya dengan memberikan ulasan ataupun testimoni produk serta merekomendasikan produk ke banyak orang. Itulah alasan membangun hubungan baik dengan pelanggan dibutuhkan dan menjadi keharusan bagi pelaku bisnis.

Baca Juga : Mempertahankan Pelanggan

Untuk membuat pelanggan selalu membeli produk kita tentunya dengan cara membangun hubungan yang erat dengan pelanggan. Namun, wujud seperti apakah dari hubungan itu sendiri yang mampu merealisasikannya? Berikut lima cara yang dapat Anda lakukan:

1. Memberikan Hadiah

Strategi pertama yang dapat Anda lakukan untuk membangun hubungan pelanggan adalah dengan memberikan hadiah.  Memberikan hadiah atau reward dapat menjadi strategi bisnis Anda agar dapat memikat hati pembeli dan menjadi pelanggan tetap. Berbagai bentuk hadiah dapat Anda berikan seperti potongan harga untuk pembelian ke-2 dan seterusnya, kemudian pemberian produk sample ataupun produk lain yang Anda jual. Anda juga dapat memberikannya dalam bentuk poin seperti yang dilakukan oleh banyak swalayan yang memberikan poin tiap pembelian ke kartu anggota pembeli.

Baca Juga : Customer Loyalty

2. Memberikan Rekomendasi Produk

Cara kedua yang bisa Anda coba untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah dengan memberikan rekomendasi produk. Oleh karena telah mengetahui produk apa yang dibutuhkan atau diinginkan pembeli, Anda dapat memberikan rekomendasi produk serupa dari katalog yang ada. Hal ini biasa kita lihat ketika perusahaan telah memiliki data konsumennya. Contohnya, ketika kamu membeli sambal di marketplace, pihak marketplace akan memberikan notifikasi ataupun menaruh beragam produk sambal pada halaman awal ketika membuka platform tersebut. Tidak hanya memberikan rekomendasi varian sambal, marketplace juga memberikan varian sambal dengan beragam harga. Anda dapat mengadaptasi strategi ini sesuai dengan kemampuan dan situasi bisnis.

Baca Juga : Memahami Customer Journey Map

3. Menyediakan Pusat Layanan

Dengan menyediakan pusat layanan, pembeli dapat merasakan pengalaman bertransaksi yang aman dan menyenangkan. Apabila terjadi suatu hal kurang menyenangkan ataupun barang yang diterima tidak sesuai, pembeli dapat mengajukan komplain kepada pusat layanan. Tidak hanya sekadar menyediakan, Anda juga harus memastikan pusat layanan mampu merespon dengan baik dan memberikan jalan keluar permasalahan. Pusat layanan menjadi sangat penting bagi pebisnis yang usahanya berjalan secara daring mengingat seluruh tahapan transaksi berada dalam dunia digital.

4. Meminta Feedback dari Pelanggan

Meminta feedback merupakan cara yang efektif untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Feedback atau umpan balik yang dimaksud di sini adalah berupa kritik dan saran dari pelanggan terkait produk Anda. Menurut Broadly, Anda dapat meminta feedback dari pelanggan melalui 2 cara, yaitu dengan ulasan online dan survei.

Dalam membuat survei online, anda dapat memanfaatkan berbagai macam tools, seperti SurveyMonkey, Google Forms, dan sebagainya. Anda juga dapat memberi beberapa pertanyaan yang intinya meminta feedback dari produk atau layananmu kepada pelanggan.

Selain survey online, Anda tetap bisa meminta melalui ulasan online yang terdapat pada fitur e-commerce. Pelanggan sendiri biasanya senang berkomentar terkait produk yang sudah diterima. Anda pun bisa menemukan solusi produk dari feedback tersebut supaya lebih disukai konsumen untuk kedepannya.

Baca Juga : Apa Itu Customer Experience?

5. Aktif di Media Sosial

Strategi efektif lainnya untuk membangun hubungan baik dengan customer adalah aktif di media sosial. Menurut laporan yang dipublikasi oleh Sprout Social 78% orang ingin toko/perusahaan terhubung melalui media sosial, dan 76% responden lebih cenderung membeli merek yang terhubung dengan media sosial daripada pesaing.

Berdasarkan data tersebut, Anda dapat melihat berapa pentingnya media sosial dalam meningkatkan brand awareness kepada pelanggan. Anda dapat memanfaatkan berbagai platform media sosial yang tersedia seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain.Gunakan media sosial tersebut sebagai sarana melakukan komunikasi 2 arah kepada para pelanggan. Buatlah konten-konten yang dapat memberi kepuasan pelanggan.

Baca Juga : Membuat Konten Yang Menarik Di Sosmed

Itulah 5 cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Jangan lupa pula untuk terus meningkatkan layanan agar secara kontinu memberikan pengalaman menyenangkan kepada pembeli dan mempererat hubungan agar pembeli tidak mau pindah ke produk lain.  Selalu prioritaskan pelanggan dalam bisnis Anda agar dapat berjalan dengan lancar dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga : Cara Menarik Pelanggan Untuk Membeli Produk Kita

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *