Tanggal:30 May 2024

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Rambut rontok atau dalam dunia medis disebut juga alopecia bukan hanya bisa terjadi pada rambut di kepala tapi juga terjadi pada rambut yang berada di bagian tubuh lainnya. Kondisi tersebut juga bisa bersifat sementara atau permanen. Rambut rontok bisa terjadi akibat dari faktor keturunan, perubahan hormon, hingga kondisi medis, bagian dari penuaan atau akibat dari pengobatan yang sedang dijalani oleh pengidapnya.

Kerontokan rambut dapat memicu kebotakan (freepik)

Bila terjadi secara berlebihan, kerontokan rambut di kepala bisa memicu kebotakan. Oleh sebab itu, banyak orang yang berusaha untuk mengatasi rambut rontok, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Penasaran apa saja bahan-bahan alami yang dapat mengatasi rambut rontok? Simak artikel berikut!

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Rambut rontok dapat diatasi dengan berbagai cara. Berikut cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa kamu lakukan.

1. Lidah buaya

Lidah buaya (freepik)

Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk menyuburkan rambut. Namun, tidak hanya itu saja, vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung di dalamnya juga mampu mengatasi rambut rontok, lho. Kandungan dalam aloe vera tersebut mencegah kerontokan dengan cara melindungi kulit kepala terhadap berbagai penyakit.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun (freepik)

Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Kamu bisa langsung mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan sampo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Dan Cara Memakainya

3. Santan

Santan (freepik)

Kamu juga bisa menggunakan santan untuk membuat rambut halus dan mudah diatur, sehingga tidak rontok ketika disisir. Caranya cukup dengan mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala dan diamkan selama tiga puluh menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan shampoo dan air bersih.

4. Yoghurt

Yoghurt (freepik)

Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang terdapat pada yoghurt dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Kamu cukup mengoleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut sambil memijat kepala seperti sedang creambath, biarkan selama 5 menit, kemudian bersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih.

5. Alpukat

Alpukat (freepik)

Cara mengatasi rambut rontok yang selanjutnya adalah dengan buah alpukat. Buah yang satu ini memang sudah biasa dijadikan sebagai masker rambut. Alpukat yang banyak mengandung protein alami ini memang bagus untuk rambut dan kulit kepala. Membuat masker rambut alpukat juga tidak susah kok, Sobat Vocasia. Caranya tinggal hancurkan saja alpukat hingga menjadi cairan kental lalu gunakan pada rambut dan diamkan selama 20 sampai 30 menit. Setelah itu, bilas dengan shampoo hingga bersih.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

6. Teh hijau

Teh hijau (freepik)

National Library of Medicine menyebut bahwa mengoleskan teh hijau ke rambut dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyeduh dua kantong teh hijau dalam satu cangkir air. Biarkan dingin terlebih dahulu, setelah itu langsung dioleskan ke rambut. Bilas rambut secara menyeluruh setelah 1 jam. Untuk hasil terbaik, lakukan rutinitas ini selama 7 hingga 10 hari.

7. Pisang

Pisang (freepik)

Bahan alami kali ini juga cukup penting sebagai cara menangani rambut rontok. Rambut rontok dan kusam pasti menjadi masalah yang selalu bikin kamu kesal. Namun, dengan sebuah pisang, masalah rambut yang menghantui bakal langsung teratasi. Ya, pisang ternyata juga memiliki vitamin dan kandungan lain yang baik untuk mengatasi rambut rontok.

Mengutip studi dalam Research Gate, kamu dapat membuat masker pisang yang ditambah dengan minyak zaitun, madu, dan susu atau santan. Bahan-bahan alami ini akan membuat rambut lebih kuat dan bersinar. Tentunya, kamu harus rutin menerapkan tips ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Jus buah bit

Jus buah bit (freepik)

Tips mengatasi rambut rontok secara alami adalah dengan menggunakan jus dari buah bit. Buah bit kaya akan vitamin C dan B6, folat, mangan, betaine, dan kalium. Semua nutrisi tersebut penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, buah ini juga bertindak sebagai agen detoksifikasi dengan membantu menjaga kebersihan kulit kepala.

Pertama, rebus 7 sampai 8 lembar daun bit dan haluskan bersama 5 sampai 6 lembar daun henna. Lalu, oleskan pasta ini di kulit kepala kamu dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih dengan air hangat. Mudah, kan?

9. Akar licorice

Bubuk akar licorice (freepik)

Akar licorice juga merupakan bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan rambut rontok dan rusak. Bahan ini akan membantu menenangkan kulit kepala dan menghilangkan serpihan atau ketombe kering.

Caranya mudah, kamu hanya perlu membuat pasta dengan menggunakan akan licorice sebagai bahan utamanya dan tambahkan 1 sendok makan akar licorice bubuk dan 1/4 sendok teh kunyit ke dalam 1 cangkir susu. Lalu, Oleskan ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut dan diamkan semalaman. Keesokan paginya, cuci rambut dengan air mengalir.

10. Minyak kelapa

Minyak kelapa (freepik)

Cara mengatasi rambut rontok secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein dari rambut. Minyak kelapa bisa digunakan sebelum atau sesudah keramas, tergantung jenis rambut masing-masing orang.

Jika rambut cenderung berminyak, kamu bisa melakukan perawatan minyak kelapa sehari atau beberapa jam sebelum keramas. Pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala dan seluruh rambut Anda. Namun, apabila rambut justru cenderung kering, kamu bisa menggunakan minyak kelapa tanpa perlu kamu bilas.

Terkait manfaat minyak kelapa untuk mengatasi rambut rontok, sebenarnya masih perlu ada lebih banyak penelitian mengenai minyak kelapa sebagai pendorong pertumbuhan rambut. Namun, minyak kelapa ini telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan kilau rambut dan telah digunakan selama berabad-abad.

Itu dia 10 cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah. Untuk menerapkan tips ini tentunya kamu perlu trial and error sebelum akhirnya mendapatkan formula yang cocok digunakan pada rambutmu. Selain mengatasinya dari luar, kamu juga perlu mengatasi rambut rontok dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega dan protein tinggi. Selamat mencoba, Sobat Vocasia!

Baca juga: 8 Khasiat Ampuh Argan Oil Untuk Rambut Dan Cara Pakainya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *