Tanggal:17 June 2024

7 Alasan Kamu Harus Berjualan di Instagram

Jualan di Instagram bisa kamu lakukan untuk meningkatkan bisnismu.

Ketika membangun sebuah bisnis, kamu akan mendapati kebingungan dalam menentukan tempat yang akan dijadikan lapak untuk berjualan. Hal itu dikarenakan dalam mencari tempat yang strategis untuk membuka bisnis tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Ada kalanya, kamu akan menemukan tempat yang jauh dari khalayak, terpencil, dan tidak menjanjikan kemajuan untuk bisnismu tersebut tetapi mematok harga sewa yang rendah. Atau justru ada kalanya juga, kamu akan menemukan tempat yang sudah sangat strategis, di tengah perkotaan dengan banyaknya lalu-lalang orang, tetapi mematok harga sewa yang sangat tinggi, bahkan melebihi modal usahamu sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan? Apakah kamu harus pasrah dan berakhir memilih tempat tak strategis dengan sewa yang kecil tersebut?

Nah, solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini yaitu kamu bisa mencoba untuk menerapkan cara yang satu ini demi mengembangkan bisnismu tersebut yaitu dengan berjualan di Instagram. Kamu bisa mulai berbisnis dengan memasarkannya di Instagram. Dengan diterapkannya cara ini, kamu tak perlu repot dan pusing dalam memilih tempat untuk jualanmu itu karena justru kamu pun bisa memanfaatkan rumahmu sendiri. Berikut akan dijabarkan tujuh alasan kenapa kamu harus mulai berjualan di Instagram.

Baca Juga :

Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

1. Tidak Membutuhkan Biaya Sewa

Dengan jualan di Instagram, kamu tak perlu memikirkan biaya sewa ruko. Sumber: Cottonbro/Pexels

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan kamu yang mengalihkan bisnismu menjadi bisnis online dan memanfaatkan Instagram sebagai tempat jualannya, kamu tak perlu memusingkan mengenai biaya sewa bulanan atau tahunan yang harus dikeluarkan. Hal itu dikarenakan kamu tak membutuhkan tempat untuk memproses jualan tersebut. Justru kamu bisa mulai untuk memanfaatkan rumahmu sebagai tempat produksinya. 

Kamu pun tak perlu mencemaskan mengenai letak yang strategis atau tidaknya tempat tersebut, karena dengan berjualan di Instagram yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari sebanyak-banyaknya followers untuk akun Instagram bisnismu dan meningkatkan produk brandingmu tersebut.

Baca Juga :

Pengertian Instagram Ads

8 Ide Bisnis Dengan Modal Kecil

2. Menarik Pembeli dengan Tampilan Foto dan Caption Kece

Kamu bisa tampilkan foto dan caption menarik saat berjualan di Instagram.
Kamu bisa tampilkan foto dan caption menarik saat berjualan di Instagram. Sumber: Ready Made/Pexels

Lalu, bagaimana caranya untuk menarik pembeli agar membeli produk yang kamu jual? Pasalnya kalau berjualan di online, para pembeli tersebut tidak bisa melihat dan menyentuh langsung produk tersebut, lalu bagaimana agar mereka percaya pada kualitas produk tersebut dan akhirnya membeli? Salah duanya yang bisa kamu lakukan adalah memasang foto produk dan menulisan caption yang kece. 

Kamu bisa mulai memproduksi foto-foto produkmu semenarik mungkin untuk dipasang di Instagram. Dengan tampilan kece tersebut, tentunya akan menarik banyak pembeli untuk membelinya. Cara kedua yang juga harus kamu lakukan yaitu dengan menulis caption yang menarik pembeli untuk langsung check out produkmu itu. Kamu bisa menuliskan kalimat-kalimat persuasif, misalnya saja seperti penawaran terbatas, diskon, dan sebagainya.

Baca Juga :

13 Ide Bisnis Digital

Kata – Kata Promosi Menarik Untuk Bisnis Onlinemu Di Instagram

3. Tak Hanya untuk Followersmu Saja

Berjualan di Instagram ditujukan tak hanya untuk followersmu saja.
Berjualan di Instagram ditujukan tak hanya untuk followersmu saja. Sumber: Pixabay

Salah satu tujuan membuka bisnis adalah agar bisnismu tersebut bisa dikunjungi banyak orang. Lalu, bagaimana dengan sistem berjualan di Instagram? Apakah bisa dikunjungi oleh semua orang juga? Jawabannya adalah ya. Dengan tidak memprivasi akun bisnismu tersebut, semua orang bisa melihat produk yang kamu jual. Jadi, tak hanya followersmu saja yang bisa melihatnya, tetapi seluruh orang yang menggunakan aplikasi Instagram. Wah, tentunya itu sangat menguntungkan dibandingkan berjualan secara offline ya!

Baca Juga :

6 Cara Melihat Peluang Bisnis

3 Peluang Usaha di Bidang Jasa

4. Bisa Menggunakan Hashtag

Ketika berjualan di Instagram, maksimalkan penggunaan hashtag.
Ketika berjualan di Instagram, maksimalkan penggunaan hashtag. Sumber: Kerde Severin/Pexels

Nah, ketika kamu mengunggah foto produk yang lengkap dengan captionnya yang juga menarik, jangan ketinggalan pula untuk menambahkan hashtag. Adanya penambahan hashtag ini dimaksudkan agar produkmu tersebut muncul di pencarian ketika seseorang mencari kata kunci tertentu. Hal itu tentunya akan semakin meningkatkan produkmu dilihat oleh orang lain, di luar followersmu sendiri. Kamu bisa menambahkan hashtag yang sesuai dengan produk yang sedang dijual. Misalnya saja jika akamu menjual hoodie, kamu bisa menambahkan hashtag seperti #hoodie #hoodiekorea atau  #oversizehoodie. 

Baca Juga :

Feed Instagram Menarik

Tips Membuat Bisnis Startup

5. Bisa Berbalas Langsung dengan Pembeli

Keuntungan berjualan di Instagram juga bisa berbalas pesan dengan calon pembeli.
Keuntungan berjualan di Instagram juga bisa berbalas pesan dengan calon pembeli. Sumber: Cristina Dina/Pexels

Jika melihat sistemnya, kamu mungkin akan berpikir bahwa dengan berbinis daring melalui Instagram ini, kamu tidak bisa berkomunikasi langsung dengan calon pembeli. Namun, tenang saja karena dengan berbinis di Instagram, kamu pun masih tetap bisa untuk melakukan komunikasi dengan calon pembeli tersebut. Biasanya calon pembeli akan menanyakan perihal produk yang dijual melalui kolom komentar atau DM (Direct Massage), nah di situ kamu bisa membalas pesan-pesan tersebut dengan ramah ya, dan jangan kecewakan calon pembeli tersebut karena dengan berkomentar saja artinya dia sudah tertarik untuk membeli produk yang kamu jual itu.

Baca Juga :

Cara Promosi Makanan Lewat Instagram

4 Peluang Usaha Menjanjikan Tahun 2021

6. Manfaatkan Fitur Instagram Ads

Saat berjualan di Instagram, kamu memanfaatkan fitur Instagram Ads.
Saat berjualan di Instagram, kamu memanfaatkan fitur Instagram Ads. Sumber: Prateek Katyal/Pexels

Instagram telah menyediakan fitur Instagram Ads. Fitur ini disediakan agar bisa dimanfaatkan oleh pembisnis sepertimu yang ingin memasarkan produknya di feed ataupun story milik orang lain. Jadi, tak hanya followersmu saja yang bisa melihatnya, orang lain pun bisa melihat karena adanya fitur iklan di Instagram ini. Biasanya iklan ini bisa berbentuk foto saja atau berbentuk video.

Baca Juga :

Instagram Ads

5 Strategi Branding Produk Yang Menarik

7. Bisa Menggunakan Sistem Endorsement

Saat berjualan di Instagram, kamu juga bisa memanfaatkan sistem endors.
Saat berjualan di Instagram, kamu juga bisa memanfaatkan sistem endors. Sumber: Pixabay

Baca Juga :

Optimasi Instagram Untuk Promosi Bisnis

9 Bisnis Islami Tanpa Moal, Cocok Untuk Kaum Milenial

Jika kamu merasa kurang dengan cara pemasaran yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba cara ini yaitu dengan menggunakan sistem endorsement. Mungkin kamu lebih mengenalnya dengan sistem paid promote. Apa itu sistem endorsement atau paid promote ini? Nah, endorse adalah sistem di mana kamu menyewa seseorang untuk mempromosikan bisnismu tersebut. 

Biasanya sistem ini dilakukan dengan produsen produk membuat kesepakatan dengan endorser. Setelah melakukan kesepakatan, produk akan dikirimkan ke tempat endorser untuk diiklankan di platformnya. Sistem ini biasanya dilakukan dengan endorser yang memiliki followers banyak ataupun seorang publik figur. Sistem ini tentunya mengharuskanmu untuk membayar jasa endorsement tersebut, dan biasanya ada ketentuan waktu mengenai berapa lama produkmu akan diiklankan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Baca Juga :

10 Peluang Bisnis Kerajinan Tangan

Peluang Bisnis Dengan Hampers Lebaran

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *