Tanggal:17 May 2024

8 Kebiasaan Mudah Bisa Kamu Lakukan untuk Meningkatkan IQ

IQ yang memiliki singkatan intelligence quotient merupakan istilah yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan, kecerdasan intelektual, hingga cara berpikir dan bernalar dari seseorang.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Kebutuhan skor IQ ini sering digunakan dalam berbagai situasi misalnya persyaratan masuk sekolah, perguruan tinggi, hingga proses melamar pekerjaan tertentu. Biasanya, perusahaan atau lembaga pada umumnya akan melakukan tes IQ untuk mengetahui skor IQ kita.

Skor IQ tertentu ini bisa menentukan bahwa kamu layak atau kurang layak berada di suatu posisi. Oleh karena itu, IQ memegang peranan penting yang perlu terus kamu tingkatkan. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Persyaratan dan Tata Cara Masuk Akpol

Cara Meningkatkan IQ

Cara Tingkatkan IQ. Sumber: pexels.com

Setiap orang memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda dan ternyata dipengaruhi oleh banyak faktor di antaranya pola asuh, asupan nutrisi, genetik, riwayat pendidikan, hingga kondisi kesehatan. Skor IQ yang kamu peroleh saat ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, tetapi bisa juga berubah karena berjalannya waktu dan beranjak dewasa.

Kurang puas dengan skor IQ yang telah kamu peroleh sekarang? Jangan khawatir, artikel ini akan membahas beberapa cara yang bisa dilakukan agar skor IQ kamu bertambah!

1. Bermain Alat Musik

Melatih Kemampuan Bermain Alat Musik. Sumber: pexels.com

Pernah melihat orang yang telah mahir bermain gitar sehingga bisa memainkan sebuah lagu tanpa harus melihat chord nya terlebih dahulu? 

Hal tersebut wajar sebab dari berbagai hasil penelitian telah menunjukkan bahwa memainkan alat musik dapat melatih kemampuan sensoris, berpikir, melindungi otak dari penuaan, membantu memproses bahasa dengan lebih baik, dan meningkatkan daya ingat. 

Kamu bisa mencoba untuk belajar bermain musik. Kegiatan tersebut selain menyenangkan juga memiliki peran penting dalam memori dan IQ.

2. Belajar Bahasa Asing

Belajar Bahasa Baru. Sumber: pexels.com

Belajar bahasa asing tidak hanya memudahkan kamu saat berkomunikasi dengan orang asing atau saat kamu sedang berada di luar negeri, atau saat kamu sedang mendengar lagu dan menonton film asing. 

Belajar bahasa asing telah dibuktikan oleh beberapa studi dengan menyatakan bahwa orang yang bilingual memiliki IQ dan kemampuan belajar yang lebih baik dibandingkan monolingual. 

Selain itu, dengan memperkenalkan bahasa asing sejak dini kepada anak dapat mendukung perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasannya.

3. Gemar Baca Buku

Membaca Buku Favorit. Sumber: pexels.com

Tanpa sadar ketika membaca buku kamu melalui berbagai proses di antaranya mengikuti alur cerita, membayangkan, memahami, dan mengambil kesimpulan dari apa yang sudah kamu baca.

Selain menambah wawasan, aktivitas membaca buku menjadi salah satu cara yang paling efektif dalam melatih kemampuan berpikir, menambah wawasan, serta menjaga kesehatan dan fungsi otak.

Selain membaca buku, kegiatan membacakan buku cerita kepada anak juga baik bagi perkembangan otak anak. Hal tersebut penting untuk dilakukan guna melatih kemampuan berbahasa dan berpikir anak.

Baca juga: Jurusan yang Cocok untuk Introvert

4. Mengutamakan Pendidikan Formal dan Mengikuti Pelatihan

Meningkatkan Kualitas Diri dengan Pendidikan. Sumber: pexels.com

Menempuh pendidikan adalah cara penting yang bisa dilakukan agar IQ kamu bertambah. Dengan proses berpikir yang selalu dilakukan dalam meningkatkan kecerdasan, ini secara tidak langsung melatih IQ kita agar terus bertambah.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan dengan mengikuti pendidikan formal dalam kurun waktu 1 tahun dapat meningkatkan IQ hingga 5 poin! Menarik bukan?

Selain itu, pendidikan non formal juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah skor IQ. Kamu bisa mengikuti kelas kursus online seperti kelas bahasa asing, memasak, menjahit, dan lain-lainnya. Kini telah banyak platform online yang menyediakan kelas kursus dan bisa kamu ikuti hanya dengan berdiam di rumah. 

Vocasia adalah platform online penyedia berbagai kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis. Di sana kamu akan banyak menemukan kursus yang bisa mengasah potensi dan kemampuan yang kamu miliki, lho! Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan DI SINI

5. Bersosialisasi

Memiliki Kehidupan Sosial. Sumber: pexels.com

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan orang lain untuk berkomunikasi, berdiskusi, dan bertukar pikiran. Bagi kamu yang senang bersosialisasi, tentu ini jadi hal yang mudah kamu lakukan untuk membuat nilai IQ kamu bertambah!

Berdasarkan sebuah penelitian, seringnya bersosialisasi dapat merangsang pikiran dan kemampuan berpikir. Jika kamu adalah orang yang sulit untuk bersosialisasi, coba untuk membuka diri dan segera temukan pertemanan yang cocok denganmu.

Buat interaksi yang kamu lakukan lebih bermanfaat, misalnya bisa kamu lakukan dengan mengikuti seminar atau workshop dan bersosialisasi dengan orang baru yang kamu temui di sekitarmu. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa menambah wawasan dan mengetahui banyak karakter dari masing-masing orang.

6. Konsumsi Makanan Bergizi

Hindari Junk Food Berlebihan. Sumber: pexels.com

Rajin mengonsumsi makanan bernutrisi juga dapat kamu lakukan untuk meningkatkan IQ. Kamu dapat memilih beragam jenis makanan yang tersedia di gerai toko yang mengandung asam lemak omega-3, flavonoid, protein, serta berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, zinc, dan selenium.

Kandungan-kandungan terkenal dapat menjaga dan mendukung fungsi otak. Beragam nutrisi bisa kamu dapatkan melalui makanan atau minuman tertentu, seperti makanan laut, ikan, kacang-kacangan, telur, aneka buah dan sayuran, serta teh dan cokelat.

Baca juga: Manfaat Ikut Organisasi Kampus

7. Rutin Olahraga

Olahraga secara Rutin. Sumber: pexels.com

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga juga kebiasaan yang perlu diterapkan untuk menyehatkan tubuh. Agar tubuh lebih sehat dan bugar, berolahraga bisa meningkatkan kejernihan mental, efisiensi, dan fungsi kognitif.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa seseorang yang rajin berolahraga memiliki hubungan dengan skor IQ yang diperoleh lebih tinggi. Jika belum terbiasa, kamu bisa memulai olahraga secara rutin dengan melakukan olahraga ringan terlebih dahulu. Olahraga ringan yang bisa dilakukan antara lain jalan santai, olahraga lari, yoga, bersepeda dan lain-lain.

7. Waktu Istirahat Cukup

Istirahat Cukup. Sumber: pexels.com

Orang dewasa membutuhkan setidaknya 7-9 jam setiap harinya untuk beristirahat setelah melakukan berbagai aktivitas. Istirahat yang cukup penting dilakukan untuk mendukung fungsi otak agar bisa bekerja secara optimal.

Saat tidur, otak akan merelaksasi dan memperkuat memori untuk mempersiapkan diri ketika bangun nanti. Oleh karena itu, istirahat yang cukup secara tidak langsung dapat meningkatkan IQ karena seberat apapun pikiranmu otak akan mencoba untuk relaks. 

Selain itu, dengan tidur yang cukup dapat merangsang volume otak agar bertambah, sehingga kamu bisa mendapatkan kecerdasan dengan lebih maksimal.

Baca juga: Cara Menjadi Ranking 1

Cara-cara di atas bisa kamu jadikan sebagai kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Semakin terbiasa melakukan beberapa cara di atas, diharapkan IQ kamu terus meningkat. Semangat!

Untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya kamu bisa klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga untuk mengikuti kelas online di Vocasia! Temukan kursus terbaru yang cocok hanya untuk kamu dengan klik tautan berikut

Baca juga: Cara Mengatasi Malas Belajar

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *