Tanggal:11 May 2024

Cara Jualan di Lazada dengan Mudah dan Bikin Untung!

Cara menjual produk di Lazada sangat mudah dan cepat.

Semakin hari, masyarakat lebih menginginkan adanya kepraktisan dan kemudahan. Salah satunya dalam proses jual beli. Mereka sedikit demi sedikit mulai meninggalkan pasar tradisional dan berpindah ke pasar online. Oleh karena itu, masyarakat banyak yang mulai menggunakan e-commerce untuk memenuhi segala kebutuhannya. Pakaian, alat masak, kebersihan, makanan, dan lain sebagainya sudah terjual di banyak e-commerce. Dengan memanfaatkan layanan e-commerce yang ada itu, masyarakat hanya membutuhkan ponsel dan jaringan internet. Setelahnya, mereka sudah berhasil membeli apa yang diinginkan. Nah, adanya e-commerce ini juga kenyataannya tak hanya memberikan keuntungan, kemudahan, dan kepraktisan bagi konsumen atau buyer ini.

Lebih dari itu, e-commerce hadir dengan memberikan benefit yang sama kepada para praktisi usaha. Banyak pengusaha-pengusaha akhirnya juga ikut mengalihkan bisnisnya tersebut menjadi online dengan memanfaatkan e-commerce tersebut. Selain mudah, adanya layanan ini juga nyatanya dapat meningkatkan penjualan mereka. Hal itu karena buyer yang datang bisa dari seluruh wilayah. Nah, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang juga memberikan kemudahan dan keuntungan tersebut adalah Lazada. Kenapa Lazada?

Basis Pengguna dan Potensi Pasar yang Besar

Keuntungan pertama yang tentunya kamu dapatkan dengan berjualan di Lazada adalah mendapatkan penghasilan dan eksposure bisnis yang maksimal. Hal ini tentu dikarenakan Lazada memiliki basis pengguna dan cakupan konsumen yang besar serta sangat luas. Maka tidak mengherankan jika Lazada menjadi salah satu pasar online terbesar di Asia. Dengan menjual produkmu di Lazada, potensi pembelian dan angka penjualan yang baik akan semakin meningkat.

Kemudahan Komunikasi dengan Pelanggan

Kelebihan berjualan di Lazada lainnya adalah kemudahan dalam berkomunikasi dengan konsumen. Lazada menawarkan fitur pesan real-time bagi penjual, merek, dan konsumen agar semua pihak dapat berkomunikasi dengan baik dan mendiskusikan pemecahan masalah dengan bersama-sama. Fitur ini juga memungkinkan seller untuk menangani keluhan pelanggan dengan lebih cepat.

User Interface yang Bagus dan Cantik

Sebagai salah satu pasar online terbesar di Asia, Lazada tidak main-main dalam mengemas tampilan aplikasi maupun websitenya. Dengan mengutamakan kenyamanan pengguna, Lazada menawarkan user interface yang memukau dan tetap mengutamakan kemudahan dan kegunaan fitur-fitur yang diberikan.

Terdapat Program Seller Rewards Juga Lho!

Keuntungan lain yang didapat dari berjualan online bersama Lazada adalah kesempatan mendapatkan berbagai reward. Program ini memungkinkan toko online untuk meningkatkan awareness konsumen mereka dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Penjual Lazada yang mendapatkan penilaian tinggi oleh pelanggan juga dapat menerima perluasan akses ke layanan pengiriman, subsidi harga, partisipasi dalam kampanye promosi, dan perluasan akses ke program apa pun yang diinginkan penjual seperti program penjual premium atau penjual prioritas di Indonesia.

Tentu saja, untuk memperoleh keuntungan ini, kamu perlu melakukan yang terbaik untuk mengelola toko online milikmu. Tidak hanya jumlah pesanan yang menjadi fokus utama dalam penjualan, tetapi juga memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Banyak Promo yang Menarik

Dengan berjualan di Lazada, kamu juga bisa menikmati berbagai promo menarik serta program yang membantu meningkatkan penjualan, misalnya gratis ongkos kirim, cashback, diskon, dll. Bahkan kampanye ini tidak hanya menguntungkan pelanggan, tetapi juga menguntungkan pedagang karena mampu meningkatkan angka penjualan mereka.

Nah, tanpa banyak basa-basi lagi, berikut akan dijelaskan secara rinci 5 cara menjual produk di Lazada. Check it out!

1. Daftar di Situs Lazada

Lakukan pendaftaran di Lazada terlebih dahulu.
Lakukan pendaftaran di Lazada terlebih dahulu. Sumber: Pexels

Cara #1 ketika kamu ingin menjual produk di Lazada adalah mendaftarkan diri terlebih dahulu. Nah, kamu bisa melakukan pendaftaran ini dengan membuka situs resmi Lazada di https://www.lazada.co.id/. Setelah berhasil mengakses situs resmi tersebut, maka selanjutnya lakukan cara-cara berikut:

  • Gulir ke bagian bawah. Pada bagian Jelajahi Lazada, kamu akan menemukan pilihan Jual di Lazada, klik pilihan tersebut.
  • Nantinya, kamu akan diarahkan ke halaman baru. Di halaman tersebut, klik Daftar Sekarang.
  • Selanjutnya, isi kolom pendaftaran sebagai seller Lazada. Isilah pendaftaran tersebut dengan benar sesuai petunjuk yang disediakan, mulai dari lokasi toko, tipe toko, nama toko, nomor telepon, email, password, dan validasi.
  • Lakukan verifikasi akun sesuai dengan arahan.
  • Unggah kartu identitas diri (KTP) dan halaman awal buku tabungan milikmu yang masih aktif digunakan.

2. Baca dan Tanda Tangan Kontrak

Baca kontrak dengan teliti.
Baca kontrak dengan teliti. Sumber: Pexels

Cara #2 yang bisa kamu lakukan ketika ingin memulai jualan di Lazada adalah dengan membaca secara seksama kontrak yang diajukan. Nantinya, setelah melakukan pendaftaran, akan ada proses tanda tangan kontrak ini. Nah, catatan untukmu agar membaca kontrak tersebut dengan teliti dan detail ya agar tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa saja membuatmu mengalami kerugian. Setelah membaca dengan seksama dan kamu sudah yakin, kamu bisa menandatangani kontrak tersebut sebelum mengunggahnya kembali sesuai arahan yang diminta.

3. Unggah di Lazada, Produk yang Dijual

Unggah produk yang akan kamu jual.
Unggah produk yang akan kamu jual. Sumber: Pexels

Cara #3 menjual produk di Lazada adalah mengunggah produk yang akan kamu jual tersebut. Nah, setelah proses pendaftaran dan verifikasi telah dilakukan, maka akunmu sudah bisa digunakan untuk kegiatan berjualan, nih! Tentunya, untuk melakukan prose jualan tersebut, kamu juga harus mengunggah produk-produk yang akan dijual, dong? Nah, bagaimana sih mengunggah foto produk di Lazada? Berikut caranya untuk dirimu.

  • Siapkan foto produkmu yang bagus dan menarik, ya.
  • Unggah foto tersebut sesuai dengana arahan yang disediakan. Sebelum mengunggah, kamu harus memastikan agar foto produkmu tersebut memenuhi kriteria, sehingga ketika diunggah terlihat baik.
  • Kamu juga harus menambahkan informasi-informasi atau keterangan mengenai produk yang dijual tersebut. Pastikan agar keterangan yang kamu tulis tersebut jelas dan lugas ya, agar calon buyer dapat memahami dan tidak bingung!

4. Mulai Berjualan di Lazada

Kamu bisa mulai untuk berjualan di Lazada.
Kamu bisa mulai untuk berjualan di Lazada. Sumber: Pexels

Cara #4 ini bisa kamu lakukan jika cara-cara di atas telah selesai dilakukan. Nah, setelah melakukan pengunggahan foto produk, maka kamu sudah siap untuk melakukan proses jualan! Di dalam proses jualan ini, memang ada kalanya kenyataan di lapangan sangat berbeda dengan bayangan. Proses jualan membutuhkan waktu yang tak sebentar untuk mendatangkan para buyer yang loyal. Oleh karena itu, sebagai pengusaha, tentunya kamu jangan mudah putus asa dan selalu tingkatkan performa serta kualitas tokomu tersebut. Nah, pastikan agar kamu bisa fast respons ketika ada pesan dari calon buyer ya! Usahakan juga tetap ramah dalam menjawab setiap pertanyaan tersebut.

5. Lakukan Promosi

Jangan lupa untuk lakukan promosi.
Jangan lupa untuk lakukan promosi. Sumber: Pexels

Cara #5 atau yang terakhir yang bisa kamu lakukan ketika menjual produk di Lazada adalah dengan melakukan promosi. Promosi sangat diperlukan untuk menaikkan dan mengembangkan sebuah usaha. Nah, kamu juga tentunya harus melakukan kegiatan promosi ini. Kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki ataupun membuat Ads atau iklan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Tips Berjualan di Lazada

  • Pastikan toko online kamu sesuai dengan ketentuan. Kamu perlu mengikuti semua ketentuan yang diberikan oleh Lazada agar nantinya toko milikmu tidak terkena banned karena dianggap melanggar ketentuan aplikasi. Jadi selalu pastikan toko kamu patuh dengan aturan ya!
  • Unggah adan gunakan foto produk yang jelas. Foto produk yang jelas dan menarik tentunya akan menarik minat konsumen. Jika kamu mengambil gambar dari tempat lain, pastikan kamu tidak menggunakan gambar yang terlalu berbeda dengan produk aslinya untuk menghindari komplain di kemudian hari.
  • Lengkapi dengan deskripsi produk yang jelas, menarik, dan persuasif. Di kolom deskripsi, kamu bisa menambahkan berbagai keterangan mengenai informasi produk mulai dari model, ukuran, kegunaan, dan lain-lain yang bisa menarik minat pembeli.

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *