Tanggal:08 May 2024

Bagaimana Cara Menjual Makanan di Gofood? Ini 3 Caranya!

Makanan merupakan salah satu convenience goods. Sumber: Pexels

Kamu ingin agar bisnismu semakin berkembang dan memiliki banyak pembeli, tetapi bingung bagaimana caranya. Belum dengan tempat usahamu yang tidak berada di wilayah yang strategis. Lalu, apa yang harus kamu lakukan untuk mewujudkan hal tersebut? Nah, mungkin dengan bekerjasama dengan perusahaan ini solusinya. Sekarang ini, dengan adanya kemudahan dan kecanggihan teknologi, kamu sebetulnya bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnismu tersebut. Salah satunya adalah kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan Gojek, salah satu perusahaan teknologi di Indonesia yang memberikan pelayanan jasa berupa ojek online. Selain ojek online tersebut, Gojek juga mengeluarkan layanan jasa lain yaitu Gofood, layanan pesan antar makanan. Nah, layanan Gofood inilah yang harus kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan usahamu.

Nah, dengan memanfaatkan layanan jasa antar makanan tersebut, kamu bisa melebarkan usahamu ini dengan menjaring banyak pelanggan dari berbagai wilayah. Tidak terbatas lagi di wilayah yang itu-itu saja. Adanya hal tersebut, tentunya akan sangat bermanfaat dalam peningkatan usahamu! Lalu, bagaimana caranya menjual makanan di Gofood? Berikut cara selengkapnya.

1. Pendaftaran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menjual makanan di Gojek adalah mendownload aplikasi Gobiz terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut di App Store untuk pengguna IOS, dan Play Store untuk pengguna Android. Setelah berhasil mengunduh aplikasi ini di ponselmu, segera lakukan proses pendaftaran dengan mengisi dan melengkapi data identitas dan data usaha milikmu. Pendaftaran ini gratis atau tidak dipungut biaya. Adapun data-data ini digunakan untuk mendaftarkan kamu sebagai pengguna baru dan memverifikasi bahwa usaha yang kamu cantumkan tersebut benar. Nah, data-data apa saja yang dibutuhkan.

Daftar di Gobiz dengan nomor ponsel.
Daftar di Gobiz dengan nomor ponsel. Sumber: Gojek
Isi data-data yang dibutuhkan.
Isi data-data yang dibutuhkan. Sumber: Gojek

1) Identitas Pemilik Berupa Kartu Tanda Penduduk atau KTP


Beberapa data yang harus diisi di bagian identitas pemilik.

Beberapa data yang harus diisi di bagian identitas pemilik.
 Beberapa data yang harus diisi di bagian identitas pemilik.
Beberapa data yang harus diisi di bagian identitas pemilik. Sumber: Gojek

Di indetitas pemilik, kamu akan diminta untuk mengisi nomor Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Pastikan KTP yang kamu daftarkan tersebut belum pernah terdaftar sebelumnya, ya. Nah, kamu juga akan diminta untuk berfoto dengan KTP-mu tersebut. Usahakan ketika memfotonya, KTP milikmu tidak dalam keadaan rusak, tidak baik, dan mudah untuk terbaca. Isi juga nama lengkap sesuai dengan yang terdaftar di KTP tersebut. Tempat dan tangga lahir juga diisi sesuai di KTP, ya!

2) Informasi Rekening Bank

Setelah selesai mengisi bagian identitas pemilik, selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi informasi rekening bank. Tujuan pengisian informasi rekening bank ini yaitu untuk pencairan dana usaha. Jika terdapat perbedaan antara nama yang tertera di KTP dan di tabungan, maka segera siapkan Buku Tabungan/Rekening Koran yang mencantumkan nama bank, nama pemilik dari tabungan, dan nomor rekeningnya.

Setelah mengisi rekening bank, klin verifikasi.
Setelah mengisi rekening bank, klin verifikasi. Sumber: Gojek

3) Rincian Data Usaha

Data ketiga yang harus kamu isi yaitu terkait rincian data usaha. Rincian ini seperti nama usaha dan NPWP (tidak wajib). Ketika menuliskan nama usaha, perhatikan dengan cermat panduan menulis usaha yang sudah disediakan. Panduan tersebut seperti:

  1. Nama usaha wajib diikuti dengan detail lokasi yang bisa berupa nama jalan, gedung, foodcourt, mall dan sejenisnya, daerah atau kota (Contoh: Mie Ayam AA, Kebayoran Lama).
  2. Penulisan tidak boleh mengandung emogi, simbol atau ikon.
  3. Penulisan tidak boleh dengan huruf kapital semua, kecuali brand tersebut memang ditulis demikian.
Setelah berhasil, klik simpan.
Setelah berhasil, klik simpan.
Setelah berhasil, klik simpan. Sumber: Gojek

4) Informasi Outlet Usaha

Data selanjutnya yang wajib diisi adalah mengenai informasi outlet usaha. Informasi ini berupa alamat usaha. Patokan di sekitar outlet, dan foto outlet usaha kamu dari luar. Sebelum mengisi informasi outlet ini, kamu harus membaca buku panduan penulisan alamat lengkap terlebih dahulu untuk mengetahui ketentuan-ketentuan yang ada dan meminimalisasi terjadinya kesalahan. Baca juga panduan upload foto outlet dari luar. Pastikan lokasi yang diunggah sesuai dengan yang didaftarkan tadi. Usahakan foto tidak blur, memiliki pencahayaan yang bagus, dan nama outlet terlihat. Nah, jika kamu memiliki usaha rumahan, kamu juga bisa memfoto bagian depan rumah tempat usahamu diadakan, nih.

Baca panduan dengan teliti.
Baca panduan dengan teliti.
Baca panduan dengan teliti.
Baca panduan dengan teliti.
Baca panduan dengan teliti. Sumber: Gojek

5) Pilihan Layanan

Nah, data terakhir yang harus diisi di bagian pendaftaran adalah mengenai pilihan layanan yang akan digunakan. Sebelum memilih layanannya, kamu harus mempelajari dengan cermat dan jeli nih segala keuntungan yang akan didapatkan dan ketentuan yang diterapkan dari tiap layanan yang ada. Setelah mempelajarinya, lalu pilih layanan atau fitur seperti GoFood, GoPay, POS yang ingin diaktifkan. Caranya dengan mencentang checkbox yang ada di bagian kanan layar.

Pilih layanan yang akan digunakan.
Pilih layanan yang akan digunakan. Sumber: Gojek

2. Verifikasi

Setelah melengkapi data di pendaftaran, maka selanjutnya adalah melakukan verifikasi. Proses verifikasi ini biasanya memakan waktu sekitar 2 hari kerja. Adapun ada beberapa kondisi yang mungkin akan dialami oleh calon mitra Gofood.

  1. Apabila data disetujui. Jika datamu disetujui, kamu akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi Gobiz dan email terdaftar. Kemudian, kamu bisa melanjutkan prosesnya ke aktivasi layanan/produk.
  2. Apabila data butuh diperbaiku. Jika datamu butuh direvisi, kamu akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi Gobiz dan email terdaftar mengenai data-data yang perlu diperbaiki. Nah, kamu harus segera memperbaiki data tersebut melalui aplikasi Gobiz ini. Waktu perbaikan yang diberikan sebanyak maksimal 3x dalam 14 hari.
  3. Apabila data ditolak. Jika datamu ditolak, maka data yang kamu cantumkan tidak sesuai dengan ketentuan dan syarat pendaftaran Gobiz. Kamu bisa mengecek alasan lengkap penolakkan data usaha tersebut di sini.
Proses aktivasi di Gojek.
Proses aktivasi di Gojek. Sumber: Gojek

3. Aktivasi

Jika semua data yang dibutuhkan telah diisi lengkap, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menunggu proses aktivasi.

  • Untuk layanan GoPay, proses aktivasi yang dibutuhkan selama maksimal 7 hari kerja. Adapun untuk fitur POS akan aktif secara langsung setelah data kamu terverifikasi.
Proses aktivasi di beberapa layanan.
Proses aktivasi di beberapa layanan. Sumber: Gojek
  • Untuk layanan GoFood, kamu harus melengkapi beberapa data secara lengkap dan benar sebelum akun GoFood usahamu aktif. Setelahnya, aktivasi akan memakan waktu sekitar 2 hari kerja. Berikut beberapa data yang dibutuhkan untuk mempersiapkan restoranmu di GoFood.
Data yang harus dilengkapi.
Data yang harus dilengkapi. Sumber: Gojek

1) Profil Restoran

Klik Tambah di bagian foto profil restoran. Kamu harus memperhatikan ketentuan foto sebelum mengambil gambar. Hal itu untuk meminimalisasi kesalahan. Setelahnya, klik Tambah di bagian kategori makanan dan pilih maksimal 3 kategori yang sesuai dengan usahamu.

Ketentuan foto yang harus diikuti.
Ketentuan foto yang harus diikuti.
Ketentuan foto yang harus diikuti. Sumber: Gojek

2) Jam Operasional

Untuk mengatur jam operasional usahamu, kamu bisa klik Ubah pada setiap harinya guna mengatur jadwal buka tutup restomu. Kamu diharuskan untuk memilih jam operasional selama 3 hari dalam seminggu dengan minimum 3 jam setiap harinya.

Tentukan jam operasional tokomu.
Tentukan jam operasional tokomu. Sumber: Gojek

3) Daftar Menu

Untuk menambahkan menu, langkah pertama adalah mengklik Tambah Kategori dan mengetik kategori menu yang akan ditambah. Langkah kedua yaitu mengisi seluruh informasi menu yang dibutuhkan. Diklik pula Tambah Foto untuk menambahkan gambar menu. Jnagan lupa untuk membaca ketentuan foto. Setelahnya, Lanjut untuk mengambil gambar. Kamu harus memaksukkan setidaknya 3 menu dengan gambar.

Cara mendaftarkan menu.
Cara mendaftarkan menu.

Cara mendaftarkan menu. Sumber: Gojek

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *