Tanggal:29 April 2024

Memahami Ceramide Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Produk ceramide moisturizer tengah digandrungi penggila perawatan kulit atau skincare enthusiast. Maka dari itu, brand skincare berlomba-lomba untuk menambahkan kandungan ceramide ke dalam produk yang mereka pasarkan. Kandungan ini dinilai dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit, khususnya dalam menjaga kelembapan kulit dan mencegah serta mengatasi kulit kering.

Sebelum membeli produk skincare yang memiliki kandungan ceramide, simak artikel ini dulu yuk!

Pengertian Ceramide

Pengertian ceramide (freepik)

Ceramide adalah salah satu jenis asam lemak bernama lipid. Ceramide ditemukan di sel-sel kulit yang diproduksi oleh tubuh secara alami dan membentuk sekitar 50% lapisan kulit luar atau epidermis. Namun, kualitas dan jumlah ceramide pada kulit bisa berkurang seiring bertambahnya usia meskipun diproduksi oleh tubuh.

Jika itu terjadi, hal tersebut dapat memicu dehidrasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi terjadi karena penurunan kadar ceramide 1-6 di kulit kita. Kulit yang mengalami dehidrasi atau kekeringan bisa menjadi awal dari berbagai masalah kulit lainnya termasuk guna mencegah penuaan dini. Tambahan produk yang tepat tak hanya bisa menjaga kelembaban kulit tetapi juga menjaga kulit dari kerusakan.

Pada awalnya, ceramide lebih dikenal sebagai komponen untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf. Ceramide mulai banyak dimanfaatkan menjadi bahan dalam produk perawatan kulit atau kosmetik berkat banyaknya potensi yang dimiliki ceramide.

Ceramide bertindak seperti semen pada struktur kulit yaitu berfungsi untuk melindungi dan menghalangi kulit dari paparan luar yang bisa merusak lapisan kulit. Selain itu, ceramide dapat mencegah keluarnya air yang memberi kelembapan pada kulit.

Bagi pemilik kulit kering,  kamu tidak cukup hanya menggunakan moisturizer mengandung satu jenis ceramide saja tetapi kamu juga membutuhkan produk perawatan kulit yang mengandung berbagai jenis ceramide termasuk bahan Sphingosine atau Phytosphingosine.

Riset juga membuktikan, produk perawatan kulit dengan kandungan anti-inflamasi dan peningkat penetrasi dapat meningkatkan penyerapan ceramide di kulit, meredakan kondisi kulit, dan memulihkan kulit yang sehat.

Baca juga: Retinol : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Efek Samping

Manfaat Ceramide

Segudang kandungan ceramide untuk kulit membuat kandungan ini diunggulkan dan dicari keberadaannya dalam suatu produk skincare khususnya moisturizer. Berikut manfaat ceramide bagi kulit.

1. Membantu menjaga kelembapan kulit

Membantu menjaga kelembapan kulit (freepik)

Salah satu fungsi utama ceramide yakni menjaga kulit kamu tetap terhidrasi sehingga tampilannya tampak lembap dan tidak kering. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ceramide bekerja dengan menahan dan mengunci air pada lapisan kulit.

Tanpa ceramide, kulit bisa kehilangan air sehingga akan mengalami dehidrasi, kekeringan, serta iritasi. Ceramide juga memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit yang berfungsi untuk mengembalikan zat pelembap kulit.

Baca juga: Simak Manfaat Collagen Untuk Kesehatan Dan Kecantikan!

2. Mencegah skin barrier dari kerusakan

Mencegah skin barrier dari kerusakan (freepik)

Skin barrier adalah lapisan kulit terluar yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan sekaligus menjaga keseimbangan air pada kulit. Maka dari itu, skin barrier perlu dijaga kesehatannya dengan baik. Salah satu caranya adalah rutin memakai krim atau lotion yang mengandung ceramide. Kulit yang memiliki cukup kandungan ceramide umumnya akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti kulit kering, jerawat, perubahan warna, dan iritasi.

3. Mencegah jerawat

Mencegah jerawat (freepik)

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, kandungan ceramide pada kulit membantu kulit agar terhindar dari jerawat. Jerawat bisa timbul karena adanya minyak berlebih dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Ceramide berperan sebagai lapisan pelindung guna mencegah berbagai bakteri dan kotoran masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam. Dengan manfaat ceramide yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit, bakteri dan zat asing lainnya pun akan terhalangi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Obat Jerawat Terbaik, Mudah Kamu Temukan Di Pasaran!

4. Mencegah penuaan dini

Mencegah terjadinya penuaan dini (freepik)

Produksi ceramide alami dalam kulit akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia dan penuaan kulit (aging skin), terutama saat menginjak usia 30-an. Akibatnya, pelindung kulit melemah dan menyebabkan kulit juga cenderung lebih mudah kering.

Maka itu, kulit membutuhkan ceramide tambahan dari produk perawatan kulit. Ceramide membantu memperkuat fungsi pelindung kulit, membuat kulit tampak lebih lembut. Keriput pada kulit juga jadi berkurang bila ceramide digunakan rutin.

5. Mengatasi eksim

Mengatasi eksim atau atopic dermatitis (Alodokter)

Ceramide dapat meringankan kondisi kulit eksim atau gangguan kulit yang ditandai dengan munculnya rona kemerahan, kulit kering pecah-pecah, dan rasa gatal. Kondisi ini dikenal juga dengan nama dermatitis atopik (atopic dermatitis).

Pada orang yang mengalami eksim, lipid pada kulit mengalami kekurangan sehingga menyebabkan tampilan kulit menjadi kering berkerak. Nah, untuk menggantikan lipid tersebut, kamu bisa mengoleskan produk seperti lotion yang mengandung ceramide.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai efek samping pemakaian ceramide. Pemakaian ceramide untuk kulit umumnya aman mengingat kulit kita juga mengandung ceramide. Berbagai produk ceramide baik ceramide moisturizer, serum, toner atau varian skincare dengan kandungan ceramide lainnya amat disarankan untuk dipakai.

Apabila terjadi efek samping pun biasanya bukan disebabkan oleh kandungan ceramide tetapi kandungan lain yang ada di dalam produk. Namun, apabila kamu masih merasa belum yakin untuk menggunakan produk yang mengandung ceramide, konsultasikan langsung kepada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat. Sebab, kita harus cermat memiliki produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Baca juga: Pria Wajib Tahu! Inilah 10 Rekomendasi Skincare Pria Terbaik

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *