Tanggal:04 May 2024

11 Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Pada artikel Vocasia sebelumnya, kita sudah membahas mengenai jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Namun, selain pekerjaan yang menghasilkan jasa, ada juga pekerjaan yang menghasilkan barang untuk mendapatkan uang. Profesi ini akan menghasilkan barang yang nantinya akan dikonsumsi oleh konsumen.

Buat kamu yang ingin tahu, pekerjaan apa saja yang menghasilkan barang, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberikan beberapa contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk, simak pembahasan berikut ini!

1. Penjahit

tetap percaya diri ketika mengenakan pakaian yang salah - @pexels.com

Profesi Penjahit (Sumber: Pexels.com)

Orang dengan sifat yang terampil memiliki potensi untuk menjadi seorang penjahit karena profesi ini membutuhkan keterampilan yang cukup tinggi. Penjahit juga merupakan salah satu pekerjaan yang menghasilkan barang berupa pakaian, seperti baju dan celana.

Baca juga: 6 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

2. Arsitek

Profesi ini memiliki keahlian di bidang seni desain khusunya desain interior dan eksterior rumah. Arstiek merupakan salah satu pekerjaan yang menghasilkan barang berupa bangunan, seperti rumah, toko, atau bangunan lainnya. Selain itu, untuk menjadi seorang arsitek, harus memiliki kreativitas yang tinggi dengan memperhitungkan berbagai hal.

3. Koki

Memasak makanan favorit

Profesi Koki (Sumber: Rawpixel.com)

Koki merupakan orang yang memiliki tanggung jawab mengolah bahan makanan untuk disajikan kepada pembeli dan mengatur kegiatan di dapur. Koki merupakan salah satu pekerjaan yang menghasilkan barang berupa makanan, seperti makanan berat, camilan, minuman, dan makanan lainnya.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Lulusan Manajemen Bisnis

4. Nelayan

profesi nelayan

Profesi Nelayan (Sumber: Pixabay.com)

Sebagai warga negara dengan wilayah perairan terluas di dunia, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan profesi ini. Nelayan adalah orang yang berlaut untuk mencari hasil tangkapan laut untuk dijual atau dijadikan komoditi. Pekerjaan ini tergolong ke dalam pekerjaan yang menghasilkan barang berupa hasil laut, seperti ikan, kerang, dan lain-lain.

5. Tukang Kayu

Tukang kayu adalah orang yang terampil dalam mengolah kayu menjadi produk. Tukang kayu juga merupakan salah satu pekerjaan yang menghasilkan barang berupa furnitur berbahan kayu, seperti meja, lemari, kursi, dan lain-lain.

6. Peternak

Peternak adalah kegiatan memelihara dan mengembangbiakkan hewan ternak serta memperoleh hasil dan manfaat dari kegiatan tersebut. Misalnya, peternak unggas juga bisa mendapatkan keuntungan dari telur ayam peliharaan.

Contoh peternak lain, yaitu peternak sapi. Peternakan sapi dapat menghasilkan produk nondaging sapi, yaitu susu, yang dapat dijual atau dibuat menjadi produk lain, seperti keju dan yogurt.

Baca juga: Ini Dia 5 Pekerjaan Yang Akan Dibutuhkan Ditahun 2022

7. Petani

Petani adalah orang yang melakukan kegiatan pertanian dengan mengolah tanah untuk bercocok tanam, menumbuhkan, dan memelihara tanaman. Petani mencakup pekerjaan yang menghasilkan barang, seperti beras, jagung, sayuran, dan buah-buahan.

8. Percetakan

Pencetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi massal teks dan gambar di atas kertas, terutama dengan tinta, menggunakan mesin cetak.

9. Perajin Kriya

Perajin adalah orang yang pekerjaannya membuat dan menciptakan kerajinan tangan. Kerajinannya termasuk hiasan dinding, kain tenun, batik, dan masih banyak lagi. Hasil kerajinan dapat digunakan sebagai cinderamata atau kenang-kenangan. 

Baca juga: 9 Prospek Kerja Administrasi Bisnis

10. Perajin Besi

Perajin besi juga merupakan contoh profesi yang menghasilkan barang. Tugasnya adalah mengolah bahan dasar besi menjadi bahan yang siap pakai. Contoh barang hasil produksi perajin besi termasuk rantai, pisau, dan pedang.

11. Pelukis

Pelukis adalah orang yang menciptakan karya seni rupa dua dimensi dalam bentuk lukisan. Melukis juga merupakan pekerjaan yang menciptakan dan menghasilkan barang. Produk yang dihasilkan adalah lukisan.

Demikian 11 contoh pekerjaan yang menghasilkan barang, semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan buat kamu yang bingung cari tempat untuk mengembangkan potensi diri. Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia. Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman. Yuk, segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Edited by: Marsella Shafira Lukmi

Instagram: @marsellasl

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *