Tanggal:30 May 2024

6 Gaya Foto ini membuat Instagram Kamu lebih keren

Instagram memang salah satu tempat sharing foto terbesar di dunia, banyak sekali gaya foto pose, model foto dan gaya-gaya lain yang terkadang menjadi trend sesaat maupun yang cukup lama, hingga seakan-akan menjadi pelopor untuk gaya foto tertentu.

Sebagai tempat sharing foto dengan pengguna yang luas, tentu saja banyak sekali model foto serta gaya lain yang kadang nyeleneh bisa kalian temui di Feeds Instagram, dari mulai yang normal, biasa aja, hingga yang lucu, semua ada.

Nah, kali ini kamu akan tahu gaya foto yang membuat instagram kamu kelihatan lebih keren. Mari disimak!

Baca Juga | 8 Cara Efektif Meningkatkan Skill Fotografi

Gaya Foto Yang Lagi Trend Di Instagram

1. Edit Foto Bersama Artis

Edit foto dengan idola (sumber: Instagram Jerome Polin)

Foto yang satu ini memang cukup unik tetapi harus memiliki keahlian dalam edit foto di Photoshop, jika kamu sudah mahir menggunakan photoshop mungkin hasil yang didapat akan sangat memuaskan dengan karya foto yang keren ini bisa jadi membuat kamu mendapatkan banyak like dari orang – orang.

Baca Juga | Ini Dia Cara Menjual Foto Hasil Jepretanmu

2. Foto Ala Retro

Retro (sumber: Pexels)

Ala retro juga sekarang banyak digemari, karena gaya foto yang satu ini memiliki nilai estetik tersendiri. Bahkan, gaya foto satu ini sangat digemari dibanyak kalangan mau dari yang muda hingga yang tua.

Baca Juga | Cara Membuat Efek Puzzle Pada Foto Dengan Photoshop, Yuk Simak!

3. Foto Action

Pengambilan foto aktivitas (sumber: Pexels)

Foto action bisa menjadi referensi jika kamu bingung gaya foto apa yang bagus untuk sosial media seperti instagram, bisa menggunakan gaya foto action seperti sedang bersepeda, atau lainnya. Karena jika memiliki angle yang sangat baik mungkin hasil foto yang didapat juga akan sangat memuaskan dan menarik banyak like dari orang – orang.

Baca Juga | 8 Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

4. Selfie di Depan Cermin

Mirror selfi (sumber: Pexels)

Biasanya orang melakukan gaya ini ketika sedang ke pusat perbelanjaan. Ketika sedang mencoba pakaian melakukan selfie terlebih dahulu. Dengan selfie di depan cermin semua bagian tubuh anda bisa terlihat.

Baca Juga | 6 Ide Pose Disaat Lagi Sendirian

5. The Laid – Back Profile

Head to toe (sumber: Pexels)

Dengan melakukan gaya ini semua yang anda pakai dari ujung kepala samapi ujung kaki akan terlihat. Anda seolah tidak memeperhatikan kamera saat melakukan gaya ini,tujuan anda melakukan gaya ini adalah memamerkan OOTD yang anda pakai.

Baca Juga | 5 Komunitas Fotografi Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

6. Workout

Workout photo (sumber: Pexels)

Nge-gym, sekarang kegiatan ini serasa menjadi gaya hidup anak zaman sekarang. Entah hanya unuk sekedar eksis atu benar ingin mendapatkan badan yang sehat.

7. Foto Membelakangi Kamera

Membelakangi kamera (sumber: Pexels)

Jenis foto ini akan memberikan kesan misterius karena tidak terlihat muka dan semua badan membelakangi kamera. Terlebih lagi dengan background pemandangan yang indah akan membuat foto semakin estetik. 

8. Candid

Foto candid (sumber: Pexels)

Jenis foto ini sudah populer digunakan banyak orang. Biasanya orang yang memilih gaya foto ini ini tidak menghadap langsung ke kamera. Beberapa memang menghadap kamera tapi diabadikan secara tidak sengaja. Tujuan dari gaya foto ini yaitu menciptakan spontanitas dengan cara kamu berpura-pura tidak sadar kamera dan bergerak seperti biasa. Jenis pose yang paling banyak digunakan yaitu melihat ke arah tertentu seolah-olah kamu memperhatikan sesuatu. 

9. Menyembunyikan Muka

Menutupi muka (sumber: Pexels)

Jenis gaya foto ini cocok untuk kamu yang tidak percaya diri di depan kamera tapi tetap bisa mengunggah foto yang estetik dan instagramable. Beberapa gaya yang bisa kamu gunakan yaitu dengan cara menutupi wajah dengan buku, menutupi wajah dengan topi, atau menutupi dengan tangan seolah-olah kamu menghindari sesuatu.

10. Golden Hour Photo/ Sunkissed

Sunkissed (sumber: Unsplash)

Jenis foto ini mengandalkan cahaya matahari dan memiliki waktu khusus saat pengambilan. Misalnya saat pagi hari matahari terbit dan saat menjelang matahari terbenam. Dalam gaya ini akan membuat hasil foto menjadi lebih estetik, warm, dan warna akan lebih terlihat.

11. Siluet

Foto siluet (sumber: Pexels)

Selain membelakangi kamera, ada pose foto lain yang cocok untuk orang yang tidak percaya diri di depan kamera, yaitu foto siluet. Lagi-lagi, foto ini membutuhkan dukungan cahaya, baik itu cahaya matahari maupun cahaya buatan. Penerapannya yaitu dengan mengambil objek dengan cara membelakangi cahaya, sehingga menghasilkan sebuah bentuk atau siluet.

12. Chill di Kafe

Chill di kafe (sumber: Instagram fardiyandi)

Pose foto satu ini gunakan di kalangan anak muda yang suka nongkrong atau sekadar chill di kafe. Bahkan biasanya cocok untuk orang yang suka bekerja atau belajar di kafe. Contoh yaitu memperlihatkan kegiatan dengan cara membuka laptop atau buku. Bisa juga memperlihatkan kesan santai dengan cara memegang gelas atau makanan. Kamu juga bisa foto candid saat mengobrol dengan teman. Foto ini akan lebih bagus jika didukung dengan kafe yang memiliki model estetik dan instagramable. Apalagi saat ini, hampir semua kafe memiliki desain yang cantik.

13. Bersandar di Dinding

Menyandar (sumber: Pexels)

Salah satu posisi berdiri yang bisa kamu gunakan selanjutnya yaitu bersandar di dinding. Pada saat mengaplikasikan gaya ini, kamu hanya perlu menggunakan outfit casual maupun formal hanya dengan cara menyandarkan tubuh ke dinding sembari mengankat satu kaki atau melipat kedua tangan.

Selain harus mengikuti trend, kamu juga harus tahu dasar-dasar fotografi. Jika tidak mengetahui dasar-dasar fotografi, foto yang kamu dapat tidak memenuhi komposisi foto yang bagus.

Teknik dalam Komposisi Foto di Instagram?

Dilansir dari ponselsoak.com.

Beberapa teknik komposisi foto untuk meningkatkan skill fotografi anda :

1. Komposisi Rule of Third.

Teknik rule of third merupakan teknik paling dasar yang harus diketahui fotographer pemula.Jika anda jeli pada smartphone sekarang saat membuka kamera juga di sematkan 2 garis horizontal dan 2 garis vertical.

Maka layar smartphone anda akan terbagi menjadi 9 kotak,gari horizontal dan vertical tersebut yang membantu anda menerapkan rule of third.Jika anda ingin tahu lebih dalam tentang bahasan ini,anda bisa cari di google “rule of third”

Baca Juga | 5 Jenis Foto Yang Berpotensi Laku Untuk Dijual

2. Simetris.

Komposisi simetris adalah saat anda mengambil objek harus seimbang antara kanan dan kiri.”Komposisi itu penting,namun dalam proses kreatif,aturan bisa di langgar” menurut Steve McCurry.

3. Komposisi repetisi

Pernahkah anda melihat foto pemandangan sawah di pegunungan, biasanya akan membentuk pola yang hamper sama antara bentuk sawah yang paling bawah dan di atasnya.itu merupakan salah satu contoh repetisi.

Jika jarak pengambilan foto yang pas serta angle foto yang tepat akan membuat gambar yang di hasilkan jadi lebih indah.

Baca Juga | Gaya-Gaya Foto Tren Di Instagram Yang Wajib Kamu Tahu! Ada Gaya Apa Aja Ya?

Edited by Romadhona S.

Kursus belajar jadi video editor vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *